ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN TEORI BRUNNER MELALUI PENDEKATAN RME

Penulis

  • Rochmatun Nadia Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Shoffan Shoffa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Febriana Kristanti Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24073

Abstrak

penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 45 Surabaya pada pembelajaran matematika materi bangun ruang menggunakan teori Brunner dengan pendekatan Realistic Mathematic Education. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian 31 siswa-siswi kelas VII G di Sekolah Menengah Pertama Negeri 45 Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal uraian dan wawancara. Teknik yang digunakan pada tes yaitu menggunakan aspek penilaian tes kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kriteria ketuntasan minimal ≤75 yang kemudian dilanjutkan dengan wawancara untuk melengkapi data yang telah diperoleh. Hasil tersebut digunakan untuk memilih masing-masing satu siswa dari kategori kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian yang diperoleh dari jawaban siswa dalam menyelesaikan soal, menunjukkan bahwa sebanyak 5 siswa dengan persentase 16,13% memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi, 16 siswa dengan persentase 51,62% memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang, dan 10 siswa dengan persentase 32,25% memiliki kemampuan komunikasi matematis rendah. Maka dapat disimpulkan kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah menuju sedang.

Referensi

Anderha, Refiesta Ratu, And Sugama Maskar. 2020. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1(2): 1–7.

Dzarian, Wa Ode, Mohamad Salam, And Mustamin Anggo. 2021. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gender.” Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal Of Mathematics Thinking Learning) 6(1): 173–84.

Hawa, Siti. 2014. “Teori Belajar Bruner.” Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: 1–19. Http://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Default/Files/Pengembanganpembelajaranmat matika_Unit_1_0.Pdf.

Hendriana, Heris, And Gida Kadarisma. 2019. “Self-Efficacy Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp.” Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 3(1): 153.

Hidayanthi, Rahma. 2022. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2): 10667–72.

Kholil, Mohammad, And Eric Dwi Putra. 2019. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space And Shape.” Indonesian Journal Of Mathematics And Natural Science Education 1(1): 53–64.

La’ia, Hestu Tansil, And Darmawan Harefa. 2021. “Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7(2): 463.

Linda, Linda, And Ekasatya Aldila Afriansyah. 2022. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Self-Efficacy Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Di Desa Sirnajaya.” Journal Of Mathematics Science And Computer Education 2(1): 20.

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Nari, Nola. 2015. “Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri.” Ta’dib 18(2): 150.

Suharjana, Agus. 2008. “Mengenal Bangun Ruang Dan Sifat-Sifatnya Di Sekolah Dasar.” Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika 2(1): 5.

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Suhenda, Lu’lu’ Luthfiyyah Ayyasy, And Dadang Rahman Munandar. 2023. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Educatio Fkip Unma 9(2): 1100–1107.

Tina. 2020. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme).” Journal information 2(30): 1–17.

Diterbitkan

2024-09-19