PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMANFAATAN LIMBAH BOTOL PLASTIK SEBAGAI MEDIA PRAKTIK VERTICULTUR DI KELAS IX A SMP MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA

Penulis

  • Andros Singgih Irawan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lina Listiana Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Mulya Fitrah Juniawan Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24071

Abstrak

Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangatlah penting karena akan memungkinkanmenentukan hasil belajar dan tingkat kreativitas siswa dalam menerapkan apa yang telah diajarkan. Untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa sekolah dasar, perlu diterapkan model pembelajaran yang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kreativitas siswa, kemampuan siswa dalam mengolah limbah, keterlaksanaan dan respon siswa setelah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi reproduksi pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreativitas siswa, kemampuan siswa dalam mengolah limbah, keterlaksanaan dan respon siswa setelah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi reproduksi pertumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan dalam penelitian ini yaitu menyusun rancangan tindakan dan dikenal dengan perancangan, pelaksanaan tindakan, pengamataman dan refleksi. Hasi penelitian menunjukkan bahwa hasil peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran siswa kelas IX A mata pelajaran IPA materi sistem reproduksi tumbuhan pada siklus I mendapatkan persentase 20% kemudian meningkat menjadi 100%, pada siklus II dengan kriteria sangat baik, dengan peningkatan sebesar 80%. Peningkatan pada siklus II data tersebut menunjukkan bahwasanya hasil kreativitas siswa meningkat setelah diterapkannya Project Based Learning. Setiap aspek yang diamati dalam keterlaksanaan pembelajaran project based learning (PjBL) sudah maksimal dengan kategori sangat baik, nilai persentase yang diperoleh adalah 94,64%. Setiap aspek yang diamati dalam penilaian produk dalam kategori sangat tinggi, nilai persentase yang diperoleh adalah 76%. Siswa merespon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran PjBL sebesar 90,3% dimana hampir seluruh siswa setuju jika pelaksanaan PjBL dalam mata pelajaran IPA dapat mengeksplorasi diri sendiri, bisa mengemukakan pendapat, menjadi lebih aktif dalam belajar dan siswa menjadi mudah mengingat materi yang diajarkan karena dengan pembelajaran PjBL pelajaran IPA khususnya sistem reproduksi tumbuhan menjadi lebih menarik

Referensi

Artani, A., Sumarti, S. S., Priatmoko, S., & Harjono. (2021). Pengaruh Pendekatan Chemo-Entrepreneurshippadamodel Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Peserta Didik. Chemistry in Education, 10(1), 38–44.

Azhar, Y., Nugroho, E. S., Bunga, E., Fahmi, F., Ilmi, R. T., Firdaus, M. R. F., ... & Sofyan, D. (2023). Pemanfaatan Sampah Botol Plastik Sebagai Media Penanaman Dengan Teknik Vertikultur Di Padukuhan Glagah Kidul, Tamanan, Bantul. Ganesha: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 7-14.

Azhari, N. S., Simangunsong, H. H., Hrp, I. A. A., Afdilani, N. A., & Tanjung, I. F. (2022). Penerapan Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 SMA N 2 Percut Sei Tuan Pada Materi Gen. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(2).

Hajarul, H. A., Al-Munawar, A., & Rupaida, R. (2020). Upaya Mengembangkan Kreativitas Remaja. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era Society 5.0,”2(2), 422–429.

Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023). Project-Based Learning In The Study Of Eco-Enzyme Microorganisms To Train Students’ Critical Thinking In Waste Treatment Engineering Course. Proceeding Of The Progressive And Fun Education International Conference, 8(1), 179–185.

Kahar, L., & Ili, L. (2022). Implementasi project based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 127-134

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Kartika, R. W. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Smp Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Bioteknologi. Jurnal Syntax Fusion, 3(04), 370-381.

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Widiastutik, D., Fajriyah, K., & Purnamasari, V. (2023). Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01. 7, 4090–4096.

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C Di Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197.

Diterbitkan

2024-09-19