Pengembangan Modul Ajar Berbasis STEM Terintegrasi IBSC Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik

Penulis

  • Putri Yulia Sari Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Peni Suharti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ruspeni Daesusi Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24068

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskrisipkan validitas modul ajar berbasis STEM dengan menggunakan model IBSC untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik; (2) mendeskrisipkan efektivitas dan efisiensi modul ajar berbasis STEM dengan menggunakan model IBSC untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik; (3) mendeskrisipkan respon peserta didik terhadap modul ajar berbasis STEM dengan menggunakan model IBSC untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik; (4) mendeskrisipkan keterlaksanaan penerapan modul ajar berbasis STEM dengan menggunakan model IBSC untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah pengembangan Research and Developmen (R&D) dengan menggunakan model pengembangan perangkat 4-D (Four-D Models). Sampel penelitian yaitu kelas XI SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik validasi, teknik tes, teknik observasi keterlaksanaan dan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul ajar berbasis STEM dengan menggunakan model IBSC layak digunakan karena nilai modus 100% dengan kategori sangat valid, (2) modul ajar berbasis STEM dengan menggunakan model pembelajaran IBSC efektif dan efisien digunakan karena nilai Uji-T diperoleh 0,00 < 0,05, uji N-Gain diperoleh 1,83 dengan kategori tinggi, dan hasil kriteria kemampuan berpikir kritis peserta didik termasuk cukup kritis (rata-rata) karena pre test diperoleh 34% sedangkan post test 51%, (3) respon peserta didik terhadap modul ajar berbasis STEM sangat baik karena jumlah presentase 86,7% , (4) modul ajar berbasis STEM dengan menggunakan model pembelajaran IBSC praktis digunakan karena rerata modus hasil observasi keterlaksanaan diperoleh 4 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa modul ajar berbasis STEM dengan menggunakan model pembelajaran IBSC dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik.

Referensi

Aini, M., Ridianingsih, D. S., & Yunitasari, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Stemterhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247–253. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.118

Asyari, A., Wikanta, W., & Juniawan, M. F. (2022). Concept Attaintment Model (CAM) in Empowering Critical Thinking Skills and Concepts Matery for High School Students. SEJ (Science Education Journal), 6(2), 111-128. https://doi.org/10.21070/sej/v6i25

Ayudia, G., & Mariani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Core untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP S Methodist Rantauprapat. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1–19.

Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.i2.2378

Ennis, R.H. (1996). Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assessability. Informal Logic, 18(2), 165-182. https://doi.org/10.22329/il.vl8

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 1–4.

Fakhrudin, N., & Suharti, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Investigation Based Scientific Colaboratif (IBSC) Untuk Melatihkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Pedago Biologi, 9, 40–47.

Faridahtul Jannah, & Thooriq Irtifa’ Fathuddi. (2023). Penerapan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka II UPT SD Negeri 323 Gresik. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 131–143. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.2099

Jolly, A. (20 C.E.). Six Characteristics of a Great STEM Lesson. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology., 3–4.

Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM Education, 3(1). https://doi.org/10.1186/s40594-016-0046-z. Https://doi.org/10.222.19/jpbi.v9i3.25118

Listiana, L., Loka, N. M., & Gayatri, Y. (2023). Does student's critical thinking and collaboration skills can empower through investigation and thinking learning strategy? JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 9(3), 315-325

Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Community Dedication, 3(1), 88–97.

Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019, 179–185.

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Paul, R., & Elder, L., (2005). Guide for Educators to Critical Thinking Competency Standards: Standards, Principles, Perfomance Indicators, and Outcomes with a Critical Thinking Master Rubric, Foundation for Critical Thinking., 1-66 , www.criticalthinking,org

Mind, B., Terhadap, M., & Kemampuan, P. (2023). Jurnal Tadris IPA Indonesia. 3(1), 31–41.

Qiptiah, M. (2023). PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DAN MBKM ( Merdeka INDONESIA SAAT INI. 1–9.

Rahayu, R., & Ismawati, R. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 682–689.

Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92–106.

Safna, O. P., & Wulandari, S. S. (2022). Pengaruh Motivasi, Disiplin Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Siswa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 140–154. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1458

Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Suharti, P., Ibrahim, M., & Rahayu, Y. S. (2020). Validity of Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) Learning Model To Facilitate Students’ Communication and Collaboration Skills. 390(Icracos 2019), 172–176. https://doi.org/10.2991/icracos-19.2020.37

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra, Z., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Jurnal of Education Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18–22. https://jurnal.maarifnumalang.id/ (diunduh 10 Februari 2022)

Wahyuni, D., Sari, M., & Hurriyah. (2020). Efektifitas e-Modul Berbasis Problem SolvingTerhadap Keterampilan Berfikir Kritis Perserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(2), 2477–6181. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/226

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Yasifa, A., Hasibuan, N. H., Siregar, P. A., Zakiyah, S., & Anas, N. (2023). Implementasi Pembelajaran STEM pada Materi Ekosistem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 05(04), 11385–11396.

Diterbitkan

2024-09-19