ANALISIS BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK INTAN SURABAYA

Penulis

  • Nadila Afifa Aliftia Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24067

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK INTAN Surabaya. untuk mengetahui peran orangtua dan sekolah pada perkembangan berpikir simbolik anak, dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir simbolik pada anak. Metode penelitian yang diterapkan kualitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan yaitu studi kasus yang difokuskan pada berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK INTAN. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling, observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber untuk memperkuat data yang diperoleh.  Subjek dalam penelitian ini adalah 3 walimurid ananda I,A dan F serta wali kelas TK B untuk mendapatkan data mengenai perkembangan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan TK Intan untuk meningkatkan berpikir simbolik yaitu pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak. Peran orangtua sebagai fasilitator sangat berpengaruh kepada anak salah satunya adalah menyediakan waktu untuk menstimulasi berpikir simbolik anak.

Referensi

Ahmad Susanto. (2018). Pendidikan anak usia dini : konsep dan teori. Jakarta : Bumi Aksara, 2017 Sinar Grafika Offset.

Ahmad Susanto. (2011). Perkemangan Anak Usia Dini. Kencana.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset : memilih diantara lima pendekatan (S. Z. Qudsy (ed.); Ed.3). Pustaka Pelajar, 2015.

Fahmi. (2015). Permasalahan Anak Usia Dini Mengenalkan Membaca Permulaan Kepada Anak Usia Dini. Untirta Press.

Felani Henrianti Priyono, Anayanti Rahmawati, A. R. P. (2021). Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 42–49. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38741

Gemellia A, P., & Wongkaren, T. S. (2021). Pengaruh Jam Kerja Orang Tua terhadap Kognitif Anak di Indonesia Pengaruh Jam Kerja Orang Tua terhadap Kognitif Anak di Indonesia. 21(1). https://doi.org/10.21002/jepi.2021.02

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Habsari, D. (2013). Metode Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Kelompok Umur 4-5 Tahun di TK LKIA I Pontianak. 26(4).

Kuntarto Eko. (2013). Pembelajaran Calistung Membaca, Menulis, Berhitung. In E one Production.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Santi, S., & Bachtiar, M. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tradisional Congklak Di Taman Kanak-Kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14436

Diterbitkan

2024-09-19