PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PHYTAGORAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY

Penulis

  • Nadiyah Ulfa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Iis Holisin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Sandha Soemantri Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24066

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yakni peserta didik kelas VIII-E SMP Muhammadiyah 2 Surabaya sebanyak 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, angket kuesioner, tes, dan validasi. Data analisis dengan menggunkana teknik persentase. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penerapan pembelajaran diskusi sehingga menyebabkan kurangnya berpikir kritis peserta didik. Hal ini berdampak pada 85% peserta didik yang belum mencapai nilai rerata. Data dalam penelitian ini adalah hasil kemampuan berpikir kritis, aktivitas peserta didik, dan respon peserta didik. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta didik yang tuntas meningkat dari 37% menjadi 85%. Nilai rata-rata meningkat dari 68, 33 menjadi 83,51, aktivitas peserta didik termasuk kategori baik menjadi dari 77% menjadi 96%, respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray.

Referensi

April. (2015). Inculcate Critical Thinking Skills In Primary Schools. NBER Working Papers, 1(Snpd), 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Facione. (2015). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Dengan Graded Response Models. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 103–112. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.346

Fisher, E. G. dalam. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matematika Mengacu Pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri Di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 116–126. https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4631

Hamdayama. (2016). Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigation dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas IV SD. 2(1), 154–161.

Hidayah. (2017). Critical Thinking skill: Konsep dan Indikator Penilaian.

Indrawati, & Samsuriadi. (2021). Efektivitas Pembelajaran Two Stay Two Stray ( TSTS ) berbasis Konstruktivisme Materi Trigonometri. Santika, 1–20.

Jumaisyaroh, D. (2015). Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 100–105. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.226

Karim. (2015). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah, Universitas Negeri Semarang. 21(2000), 223–231.

Lambertus. (2019). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa, 3(2), 107–114. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/1892

Nugroho. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson Dan Krathwohil Dalam Menyelesaikan Permasalahan Materi Operasi Aljabar Ditinjau Dari Kepribadian. 01, 1–23.

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Putri dan Sobandi. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen The ImproveAbility To Think Critically Through The Experimental Method. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 139–145. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412

Sinungan. (2015). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Pengalaman Kerja dan Keterikatan Pegawai Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Biro Umum Sekretariat Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, 9(2), 825–835.

Sumartini. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 40–48. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.1850

Wahyudi. (2016). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pada Materi SPLDV Kelas X SMKS TIK Jabal Rahmah. Jurnal Serunai, 14(1), 16–22.

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Warsono & Hariyanto. (2014). UJI COBA PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA KOMPETENSI MENGOPERASIKAN MESIN JAHIT MANUAL DAN INDUSTRI DI KELAS Ayu Ummatus Sa ’ adah Marniati Abstrak. 06.

Diterbitkan

2024-09-19