PENGARUH CAM (CONCEPT ATTAINMENT MODEL) MEDIA ECOFINDMAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR INTUITIF MATEMATIS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA

Penulis

  • Dinda Novanti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Febriana Kristanti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Endang Suprapti Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24047

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan Pembelajaran Concept Attainment Model dengan menggunakan media Ecofindmat terhadap kemampuan berpikir intuitif matematis siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 3 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan desain pre-test post-test group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan Concept Attainment Model dengan bantuan Media Ecofindmat berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir intuitif matematis siswa yang mengalami peningkatan yang signifikan. Skor rata-rata pada post-test secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata pada pre-test, yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir intuitif matematis setelah penerapan metode pembelajaran tersebut. Hal ini dibuktikan dengan t nilai post-test  = 127.743 dengan α = 5% dan df = 24 adalah 1.711 dan nilai pre-test  = 42.262 dengan α = 5% dan df = 24 adalah 1.711. Dimana jika   = 1.711 <  = 127.743 , maka  ditolak dan  diterima.  = 1.711 <  = 42.262 , maka  ditolak dan  diterima. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas siswa selama pembelajaran dengan CAM berbantu Media Ecofindmat berpengaruh positif, dengan aktivitas siswa yang paling dominan adalah berdiskusi dengan kelompok sebesar 25.62%. Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran dengan Concept Attainment Model berbantu Media Ecofindmat sangat positif dengan persentase respon positif (Sangat Setuju dan Setuju) mencapai 92.68%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Concept Attainment Model dengan bantuan Media Ecofindmat berpengaruh positif dan terhadap kemampuan berpikir intuitif matematis siswa meningkat signifikan.

Referensi

Agustina, R., Huzaifah, S., & Dayat, E. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pencapaian Konsep (Concept Attainment Model) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Jamur Kelas X SMA Negeri 2 Inderalaya Utara. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 3(2), 200–213.

Hartanti, N. (2021). Pengaruh kecerdasan logis matematis dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(3).

Indah, N. S. R. (2021). Profil berpikir intutif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan berpikir logis siswa. PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA, 10(2), 208–218.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Peran Mathematical Intuition dalam Pembelajaran Matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 12–24.

MARDIYAH SIPAHUTAR, A. (2019). PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 SIBABANGUN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN METAKOGNISI DAN INQUIRI. UNIMED.

Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16.

Pratami, R. K. V. M., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbantu adobe flash melalui etnomatematika pada rumah adat Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 59–72.

Pratwi, Y., & Nugraheni, A. S. (2022). Problematika guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia di SD/MI. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1479–1490.

Puspita, W. A., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Berpikir Intuitif Siswa dalam Memecahkan Masalah Keliling. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), 25–30.

Putri, D. P. (2017). Model pembelajaran concept attainment dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Tatsqif, 15(1), 97–130.

Rohman, F. (2014). Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 63–78.

Sahroni, D. (2017). Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 115–124.

Sani, B. (2016). Perbandingan kemampuan siswa berpikir reflektif dengan siswa berpikir intuitif di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 63–76.

Siregar, J. A. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN INTUISI MATEMATIS SISWA SMP BUDI MURNI 3 MEDAN. UNIMED.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.

Diterbitkan

2024-09-19