ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI MEMBANGUN JATI DIRI DALAM KEBHINEKAAN BERDASARKAN RANAH KOGNITIF
ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI MEMBANGUN JATI DIRI DALAM KEBHINEKAAN BERDASARKAN RANAH KOGNITIF
Abstrak
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas IV SD Negeri 057224 Paluh Gusta TA. 2022/2023 pada materi membangun jati diri dalam kebhinekaan. Deskripsi hasil belajar dalam penelitian ini merujuk pada ranah kogntif taksonomi bloom revisi. Metode penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal dan lembar jawaban ulangan harian siswa pada pokok bahasan membangun jati diri dalam kebhinekaan. Subjek pada penelitian ini berjumlah 27 siswa kelas IV yang memiliki level kognitif heterogen. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil belajar siswa pada setiap level kognitif dengan persentase rata-rata sebagai berikut: level pengetahuan (C1) sebesar 20%, level pemahaman (C2) sebesar 7%, level aplikasi (C3) sebesar 6%, level analisis (C4) sebesar 9%, level evaluasi (C5) sebesar 2%, dan level kreasi (C6) sebesar 2%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa sebagain besar siswa memiliki level kognitif Low Order Thinkin Skill (LOTS) karena lebih banyak menjawab dengan benar soal-soal taraf C1, C2, dan C3, selain itu hanya 7 dari 27 siswa yang memenuhi KKM.
Kata Kunci: Hasil belajar; kognitif, sekolah dasar
Abstract: The aim of this paper is describing learning outcomes in the cognitive domain of fourth grade students at SD Negeri 057224 Paluh Gusta TA. 2022/2023 on materials for building identity in diversity. The description of learning outcomes in this study refers to the cognitive domain based on the revised Bloom's Taxonomy. This research method is descriptive with a qualitative approach. The instruments in this study were questions and answer sheets for daily student tests on the subject of building identity in diversity. The subjects in the study were 27 students from class IV B who had heterogeneous cognitive levels. Based on the results of the study, student learning outcomes were obtained at each cognitive level with the following average proportions: level of knowledge (C1) of 20%, level of understanding (C2) of 7%, level of application (C3) of 6%, level of analysis ( C4) is 9%, the level of evaluation (C5) is 2%, and the level of creation (C6) is 2%. Thus, it was concluded that most of the students had a cognitive level of Low Order Thinking Skill (LOTS) because they answered questions correctly on levels C1, C2, and C3, besides that only 7 out