ANALISA MODEL KEPEMIMPINAN KETUA KOMITE SEKOLAH DI SLB DELISERDANG SEBAGAI MITRA PENGAWAL MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH TERKAIT

Penulis

  • Yeanny Suryadi Universitas Negeri Medan
  • Denny Setiawan Universitas Negeri Medan

Abstrak

Mutu sebuah satuan pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor,
termasuk faktor sinergi antara sekolah dan komite sekolah sebagai mitranya.
Tujuan kemitraan ini dapat tercapai dengan baik, bila masing-masing lembaga,
organisasi menjalankan fungsinya dengan baik, termasuk fungsi yang harus
dilakukan ketua komite sekolah sebagai pemimpin dari anggota komite itu sendiri,
baik pada sekolah umum atau reguler, juga terhadap sekolah pendidikan khusus,
SLB (Sekolah Luar Biasa). Penelitian ini membuktikan adanya hubungan baik
yang dibangun oleh komite sekolah pada sebuah Sekolah Luar Biasa di
Deliserdang dalam upaya pengawalan serta peningkatan mutu pendidikan
terhadap anak didiknya dalam lingkungan sekolah terkait. Penelitian menyoroti
bagaimana teori kepemimpinan yang ketua komite usung dalam kinerjanya
menjalankan fungsi sebagai ketua komite terhadap tugas-tugas yang menjadi
kewajiban komite terhadap sekolah. Penelitian ini bersifat kualitatif, dimana
observasi, pengumpulan data dan wawancara terhadap pihak -pihak yang
berkepentingan dilakukan pada bulan Febuari 2023 di satuan pendidikan khusus,
SLB di Deliserdang, dengan hasil ketua komite sekolah menggunakan teori
kepemimpinan situasional dalam mengorganisir badan komite sekolah yang
dipimpinnya.

 

Kata Kunci: komite sekolah; sekolah pendidikan khusus (SLB); teori
kepemimpinan situasional

Referensi

Abidin, Z. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar

Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 64-70.

Nurohman, S. (2007). Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific

Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. 1-20. Retrieved from

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309687/project-based-learning.pdf

Owens, R., & Valesky, T. (2014). Organizational Behavior in Education: Leadership and School

Reform. Boston: Pearson.

Pramulia, P. (2021). Masyarakat Disabilitas Dalam Peradaban Jawa. Pana Pramulia, 38.

Pristiwanti, D., Bai Badariah, Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal

Pendidikan dan Konseling, 7912.

Puspitasari, P. N. (2020). Hubungan Hipertensi Terhadap Kejadian Stroke. Jurnal Ilmiah Kesehatan

Sandi Husada, 923.

RI, P. (2003). Undang-Undang 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia: DPR RI dan

Presiden RI.

RI, P. (2010). Pengelolaan Penyelenggaraan Pendidikan. Indonesia: Republik Indonesia.

RI, P. (2016). Bab III Hak Penyandang Disabilitas Pasal 5. Indonesia: Presiden RI.

Roziqi, M. (2018). Perlawanan Siswa Disabilitas Korban Perundungan: Sebuah Studi Fenomenologi.

Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 24.

Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). PELIBATAN KOMITE SEKOLAH

DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. JAMP Jurnal Administrasi dan

Manajemen Pendidikan, 294.

Solihah, I. (2016). KEBIJAKAN BARU: JAMINAN PEMENUHAN HAKBAGI PENYANDANG

DISABILITAS. Jurnal Kemensos Sosio Informa, 166.

Syarifudin, E. (2004). TEORI KEPEMIMPINAN. Al Qalam, 460.

Tarnoto, N. (2016). PERMASALAHAN-PERMASALAHAN YANG DIHADAPI SEKOLAH

PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI PADA TINGKAT SD . HUMANITAS , 51.

Wahyudi, 2. d., Dwiyani, D., & Sarino, A. (2018). GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL

KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU SEBAGAI DETERMINAN.

Manajerial, 86.

Widyani, A. (2019). SEORANG PEMIMPIN DALAM MENENTUKAN ARAH MANAJEMEN

YANG BAIK. Jurnal Manajemen Pendidikan , 11.

Yam, L. H. (2010). Implementing a Project-Based Learning Approach in an Introductory Property

Course. Doctoral Dissertation, 16th Pacific Rim Real Estate Society Conference, 1-19.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09