PENGARUH PADA MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar
dan gaya belajar terhadap prestasi belajar. Di dalam penelitian ini menggunakan
metode regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dalam bentuk desain eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang
diperlukan untuk memeriksa pengaruh perlakuan yang spesifik kepada perlakuan
yang lain dalam keadaan terkendali. Analisis hipotesis menggunakan analisis
regresi linier berganda. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV SD N 2
Bulung Kulon dengan jumlah 13 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
(1) data pada pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar
berdistribusi normal. (2) data signifikan antara pengaruh motivasi belajar dan gaya
belajar terhadap prestasi belajar. (3) terdapat nilai koefisien regresi variabel (X1)
bernilai positif yaitu sebesar 1,144. (4) terdapat nilai koefisien regresi variabel
(X2) bernilai positif yaitu sebesar 1,715. (5) dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar.
Â
Kata Kunci: Motivasi Belajar; Gaya Belajar; Prestasi Belajar, Regresi
Linear Berganda
Referensi
Afri, L. E., Nurrahmawati, Ario, M., Isharyadi, R., Arcat, Annajmi, Sari, R. N., & Deswita, H. (2022).
Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan
Matematika, 06(1), 1080–1091.
Annisa, A. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah. Al-Ittizaan:
Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.24014/0.8710124
Belajar, P., & Siswa, M. (n.d.). 2) 1)2). 745–751.
Di, M., Iv, K., & Negeri, S. D. (2020). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/3676
ANALISIS PERSIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI JAMBU 01. 7(2), 185–192.
Elawati Elawati, Muljadi, & Sutrisno. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smp Swasta Se-Kota Tangerang Pada Pelajaran Bahasa
Inggris. Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 6(2), 50–59.
https://doi.org/10.47861/dv.v6i2.55
Elis Warti. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di
SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP
Garut, 5, 177–185.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2),
https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Indra Martha Rusmana, & Dwi Santi Wulandari. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan
Logika Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah
Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 76–81.
https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.18
Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika
Di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah
Pendidikan Matematika), 4(2), 134. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.848
Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 121–
Matematika, P. (2017). No Title. 1(1), 21–32.
Mawarni, F., & Fitriani, Y. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok
Teks Eksposisi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin. Jurnal
Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 133–147.
https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i2.4293
Muhanif, M., Suhartono, S., & Juhana, J. (2021). Pengaruh Kedisiplinan dan Kreativitas terhadap
Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1962–
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1046
Murtiningsih, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi
Belajar Matematika (Survey Pada Kelas VII Smp Swasta di Kota Tangerang). Jurnal
Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 76–85.
Noervadila, I., & . M. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Ips Semester Genap Di Ma Fathus Salafi
Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 48.
https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582
Pamungkas, C. T., & Mahmud, A. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua
Terhadap Prestasi Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Economic Education
Analysis Journal, 6(2), 517–529.
Prasetiyo, H. B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil
Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 1 Gondosuli. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA,
(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1109
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Rahmatullah, S., Juningsih, E. H., & Rachmawati, S. (2023). Prediksi nilai akademik peserta didik
di masa pandemi covid- 19 dengan regresi linier berganda. 7(1), 112–123.
https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1012
Review, J., Dasar, P., Pendidikan, J. K., Penelitian, H., & Students, A. (2020). PROSES
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID-
Wiryanto Universitas Negeri Surabaya. 6(2).
Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal PPkn Dan Hukum,
(2), 142–159. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/4696
Setianingsih, S. T., & Nelmiawati, N. (2020). Penyerapan Informasi Masyarakat Terhadap Media
Informasi Dinas Kominfo Kota Batam Studi Kasus Pembuatan Kartu Pencari Kerja Online.
Journal of Applied Multimedia and Networking, 4(1), 15–23.
https://doi.org/10.30871/jamn.v4i1.1635
Setiantanti, T. H. (2017). Pengaruh Resiliensi dan Motivasi Belajar Siswa Teradap Prestasi Belajar
Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Banyuurip Tahun Pelajaran
/2017. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), 1(1), 13–
Siregar & Restati. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa
yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan
Indonesia, 224–232.
Tangerang, U. M. (2020). Proses pembelajaran pada sekolah dasar. 2, 158–163.
Trisnowali, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar
Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. MaPan,
(2), 259–278. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a8
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa
Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran
Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037
Afri, L. E., Nurrahmawati, Ario, M., Isharyadi, R., Arcat, Annajmi, Sari, R. N., & Deswita, H. (2022).
Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan
Matematika, 06(1), 1080–1091.
Annisa, A. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah. Al-Ittizaan:
Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.24014/0.8710124
Belajar, P., & Siswa, M. (n.d.). 2) 1)2). 745–751.
Di, M., Iv, K., & Negeri, S. D. (2020). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/3676
ANALISIS PERSIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DI KELAS IV SD NEGERI JAMBU 01. 7(2), 185–192.
Elawati Elawati, Muljadi, & Sutrisno. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smp Swasta Se-Kota Tangerang Pada Pelajaran Bahasa
Inggris. Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 6(2), 50–59.
https://doi.org/10.47861/dv.v6i2.55
Elis Warti. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di
SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP
Garut, 5, 177–185.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2),
https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Indra Martha Rusmana, & Dwi Santi Wulandari. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan
Logika Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah
Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 76–81.
https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.18
Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika
Di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah
Pendidikan Matematika), 4(2), 134. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.848
Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 121–
Matematika, P. (2017). No Title. 1(1), 21–32.
Mawarni, F., & Fitriani, Y. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok
Teks Eksposisi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin. Jurnal
Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 133–147.
https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i2.4293
Muhanif, M., Suhartono, S., & Juhana, J. (2021). Pengaruh Kedisiplinan dan Kreativitas terhadap
Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1962–
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1046
Murtiningsih, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi
Belajar Matematika (Survey Pada Kelas VII Smp Swasta di Kota Tangerang). Jurnal
Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 76–85.
Noervadila, I., & . M. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Ips Semester Genap Di Ma Fathus Salafi
Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 48.
https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582
Pamungkas, C. T., & Mahmud, A. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua
Terhadap Prestasi Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Economic Education
Analysis Journal, 6(2), 517–529.
Prasetiyo, H. B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil
Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 1 Gondosuli. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA,
(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1109
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Rahmatullah, S., Juningsih, E. H., & Rachmawati, S. (2023). Prediksi nilai akademik peserta didik
di masa pandemi covid- 19 dengan regresi linier berganda. 7(1), 112–123.
https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1012
Review, J., Dasar, P., Pendidikan, J. K., Penelitian, H., & Students, A. (2020). PROSES
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID-
Wiryanto Universitas Negeri Surabaya. 6(2).
Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal PPkn Dan Hukum,
(2), 142–159. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/4696
Setianingsih, S. T., & Nelmiawati, N. (2020). Penyerapan Informasi Masyarakat Terhadap Media
Informasi Dinas Kominfo Kota Batam Studi Kasus Pembuatan Kartu Pencari Kerja Online.
Journal of Applied Multimedia and Networking, 4(1), 15–23.
https://doi.org/10.30871/jamn.v4i1.1635
Setiantanti, T. H. (2017). Pengaruh Resiliensi dan Motivasi Belajar Siswa Teradap Prestasi Belajar
Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Banyuurip Tahun Pelajaran
/2017. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), 1(1), 13–
Siregar & Restati. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa
yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan
Indonesia, 224–232.
Tangerang, U. M. (2020). Proses pembelajaran pada sekolah dasar. 2, 158–163.
Trisnowali, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar
Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. MaPan,
(2), 259–278. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a8
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa
Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran
Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037