PENGARUH PADA MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV

Penulis

  • Viva Kafita Universitas Muria Kudus
  • Dewi Sulistyowati Universitas Muria Kudus
  • Endang Ayu Kumalasari Universitas Muria Kudus
  • Kurnia Dwi Prasetyaningrum Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar
dan gaya belajar terhadap prestasi belajar. Di dalam penelitian ini menggunakan
metode regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dalam bentuk desain eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang
diperlukan untuk memeriksa pengaruh perlakuan yang spesifik kepada perlakuan
yang lain dalam keadaan terkendali. Analisis hipotesis menggunakan analisis
regresi linier berganda. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV SD N 2
Bulung Kulon dengan jumlah 13 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
(1) data pada pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar
berdistribusi normal. (2) data signifikan antara pengaruh motivasi belajar dan gaya
belajar terhadap prestasi belajar. (3) terdapat nilai koefisien regresi variabel (X1)
bernilai positif yaitu sebesar 1,144. (4) terdapat nilai koefisien regresi variabel
(X2) bernilai positif yaitu sebesar 1,715. (5) dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar; Gaya Belajar; Prestasi Belajar, Regresi
Linear Berganda

Referensi

Afri, L. E., Nurrahmawati, Ario, M., Isharyadi, R., Arcat, Annajmi, Sari, R. N., & Deswita, H. (2022).

Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan

Matematika, 06(1), 1080–1091.

Annisa, A. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah. Al-Ittizaan:

Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.24014/0.8710124

Belajar, P., & Siswa, M. (n.d.). 2) 1)2). 745–751.

Di, M., Iv, K., & Negeri, S. D. (2020). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/3676

ANALISIS PERSIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI JAMBU 01. 7(2), 185–192.

Elawati Elawati, Muljadi, & Sutrisno. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar

Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smp Swasta Se-Kota Tangerang Pada Pelajaran Bahasa

Inggris. Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 6(2), 50–59.

https://doi.org/10.47861/dv.v6i2.55

Elis Warti. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di

SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP

Garut, 5, 177–185.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2),

https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Indra Martha Rusmana, & Dwi Santi Wulandari. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan

Logika Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah

Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 76–81.

https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.18

Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah

Pendidikan Matematika), 4(2), 134. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.848

Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta

Didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 121–

Matematika, P. (2017). No Title. 1(1), 21–32.

Mawarni, F., & Fitriani, Y. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok

Teks Eksposisi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin. Jurnal

Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 133–147.

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i2.4293

Muhanif, M., Suhartono, S., & Juhana, J. (2021). Pengaruh Kedisiplinan dan Kreativitas terhadap

Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1962–

https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1046

Murtiningsih, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi

Belajar Matematika (Survey Pada Kelas VII Smp Swasta di Kota Tangerang). Jurnal

Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 76–85.

Noervadila, I., & . M. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Ips Semester Genap Di Ma Fathus Salafi

Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 48.

https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582

Pamungkas, C. T., & Mahmud, A. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua

Terhadap Prestasi Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Economic Education

Analysis Journal, 6(2), 517–529.

Prasetiyo, H. B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil

Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 1 Gondosuli. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA,

(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1109

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Rahmatullah, S., Juningsih, E. H., & Rachmawati, S. (2023). Prediksi nilai akademik peserta didik

di masa pandemi covid- 19 dengan regresi linier berganda. 7(1), 112–123.

https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1012

Review, J., Dasar, P., Pendidikan, J. K., Penelitian, H., & Students, A. (2020). PROSES

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID-

Wiryanto Universitas Negeri Surabaya. 6(2).

Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal PPkn Dan Hukum,

(2), 142–159. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/4696

Setianingsih, S. T., & Nelmiawati, N. (2020). Penyerapan Informasi Masyarakat Terhadap Media

Informasi Dinas Kominfo Kota Batam Studi Kasus Pembuatan Kartu Pencari Kerja Online.

Journal of Applied Multimedia and Networking, 4(1), 15–23.

https://doi.org/10.30871/jamn.v4i1.1635

Setiantanti, T. H. (2017). Pengaruh Resiliensi dan Motivasi Belajar Siswa Teradap Prestasi Belajar

Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Banyuurip Tahun Pelajaran

/2017. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), 1(1), 13–

Siregar & Restati. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa

yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan

Indonesia, 224–232.

Tangerang, U. M. (2020). Proses pembelajaran pada sekolah dasar. 2, 158–163.

Trisnowali, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar

Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. MaPan,

(2), 259–278. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a8

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa

Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran

Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Afri, L. E., Nurrahmawati, Ario, M., Isharyadi, R., Arcat, Annajmi, Sari, R. N., & Deswita, H. (2022).

Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan

Matematika, 06(1), 1080–1091.

Annisa, A. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah. Al-Ittizaan:

Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.24014/0.8710124

Belajar, P., & Siswa, M. (n.d.). 2) 1)2). 745–751.

Di, M., Iv, K., & Negeri, S. D. (2020). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/3676

ANALISIS PERSIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

DI KELAS IV SD NEGERI JAMBU 01. 7(2), 185–192.

Elawati Elawati, Muljadi, & Sutrisno. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar

Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smp Swasta Se-Kota Tangerang Pada Pelajaran Bahasa

Inggris. Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 6(2), 50–59.

https://doi.org/10.47861/dv.v6i2.55

Elis Warti. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di

SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP

Garut, 5, 177–185.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2),

https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Indra Martha Rusmana, & Dwi Santi Wulandari. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan

Logika Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah

Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 76–81.

https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.18

Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah

Pendidikan Matematika), 4(2), 134. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.848

Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta

Didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 121–

Matematika, P. (2017). No Title. 1(1), 21–32.

Mawarni, F., & Fitriani, Y. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok

Teks Eksposisi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin. Jurnal

Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 133–147.

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i2.4293

Muhanif, M., Suhartono, S., & Juhana, J. (2021). Pengaruh Kedisiplinan dan Kreativitas terhadap

Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1962–

https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1046

Murtiningsih, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi

Belajar Matematika (Survey Pada Kelas VII Smp Swasta di Kota Tangerang). Jurnal

Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 76–85.

Noervadila, I., & . M. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Ips Semester Genap Di Ma Fathus Salafi

Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 48.

https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582

Pamungkas, C. T., & Mahmud, A. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua

Terhadap Prestasi Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Economic Education

Analysis Journal, 6(2), 517–529.

Prasetiyo, H. B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil

Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 1 Gondosuli. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA,

(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1109

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Rahmatullah, S., Juningsih, E. H., & Rachmawati, S. (2023). Prediksi nilai akademik peserta didik

di masa pandemi covid- 19 dengan regresi linier berganda. 7(1), 112–123.

https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1012

Review, J., Dasar, P., Pendidikan, J. K., Penelitian, H., & Students, A. (2020). PROSES

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID-

Wiryanto Universitas Negeri Surabaya. 6(2).

Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal PPkn Dan Hukum,

(2), 142–159. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/4696

Setianingsih, S. T., & Nelmiawati, N. (2020). Penyerapan Informasi Masyarakat Terhadap Media

Informasi Dinas Kominfo Kota Batam Studi Kasus Pembuatan Kartu Pencari Kerja Online.

Journal of Applied Multimedia and Networking, 4(1), 15–23.

https://doi.org/10.30871/jamn.v4i1.1635

Setiantanti, T. H. (2017). Pengaruh Resiliensi dan Motivasi Belajar Siswa Teradap Prestasi Belajar

Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Banyuurip Tahun Pelajaran

/2017. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), 1(1), 13–

Siregar & Restati. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa

yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan

Indonesia, 224–232.

Tangerang, U. M. (2020). Proses pembelajaran pada sekolah dasar. 2, 158–163.

Trisnowali, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar

Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. MaPan,

(2), 259–278. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a8

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa

Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran

Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09