PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGENAL DAN MEMBEDAKAN BENDA SESUAI DENGAN WARNA PADA KELOMPOK B RA AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MENTORO SUMOBITO JOMBANG

Penulis

  • Umi Ma’rufah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
keterampilan mengenal dan membedakan benda sesuai dengan warna anak yang
diajar sebelum menggunakan metode pemberian tugas dan setelah menggunakan
metode pemberian tugas pada kelompok B RA Aisyiyah Bustanul Athfal Mentoro
Sumobito Jombang (2) mendeskripsikan interaksi metode pemberian tugas terhadap
keterampilan mengenal dan membedakan benda sesuai dengan warna pada
kelompok B RA Aisyiyah Bustanul Athfal Mentoro Sumobito Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan
eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-Test- Post-Test
dengan obyek penelitian pada kelompok B RA Aisyiyah Bustanul Athfal Mentoro
Sumobito Jombang sebanyak 19 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 7 anak
perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menggunakan
media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah
(Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan
dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat Perbedaan keterampilan
mengenal dan membedakan benda sesuai dengan warna anak yang diajar
sebelum menggunakan metode pemberian tugas dan setelah menggunakan metode
pemberian tugas pada kelompok B RA Aisyiyah Bustanul Athfal Mentoro
Sumobito Jombang; 2) Terdapat Interaksi metode pemberian tugas terhadap
keterampilan mengenal dan membedakan benda sesuai dengan warna pada
kelompok B RA Aisyiyah Bustanul Athfal Mentoro Sumobito Jombang

 

Kata kunci: pemberian tugas, membedakan benda sesuai dengan warna

Referensi

Agusniatih, A., Manopa, J. M., & Anggarasari, N. H. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini:

Teori dan Metode Pengembangan. EDU PUBLISHER.

Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Prenada Media.

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.

Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Pena

Persada.

Dewi, K. A. S. P., Darsana, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2014). Metode Pemberian Tugas melalui

Kegiatan Kolase Berbantuan Media Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Kelompok B Semester II PAUD Kumara Loka Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Undiksha, 2(1).

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana.

Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.

Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun

Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir

Suprarasional.†UPI Sumedang Press.

Khomaeny, E. F. F., Festiyed, M. S., & Wahyuddin, M. F. K. (2019). MODEL

PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS MULTISENSORI-EKOLOGI (PSB MUGI) BAGI

ANAK USIA DINI. EDU PUBLISHER.

Mentari, E. G., Rahayu, M., Rahman, M. H., Lestari, P., Rahma, A., Purwasih, W., Kurniasari, N.,

Khairiah, D., & Wati, Y. E. R. (2020). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia

Dini: Dilengkapi dengan Manajemen Perpustakaan dan Ekstrakurikuler. Hijaz Pustaka

Mandiri.

Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating

Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.

Mertler, C. A. (2019). Introduction to Educational Research. SAGE Publications.

Musfah, J. (2012). Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas perspektif. Kencana.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.

Pantera Publishing.

Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah,

dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.

Muhammadiyah University Press.

Puspitasari, I., Sari, D. A., Dewi, R. S., Wati, D. E., Lubis, M., Rachmat, I. F., & Cahyati, N. (2020).

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi

Muhammadiyah. EDU PUBLISHER.

Putri, S. U., & Bayuni, T. C. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. UPI Sumedang

Press.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di

Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Sani, R. A., & Samatowa, U. (2019). Metode Pembelajaran Sains untuk Pendidikan Anak Usia

Dini. Tira Smart.

Siregar, A. (2018). Metode pengajaran bahasa Inggris anak usia dini. Lembaga Penelitian dan

Penulisan Ilmiah AQLI.

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei

Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.

Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.

BintangWahyu.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09