PENERAPAN KEGIATAN BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KARANGDIYENG KUTOREJO MOJOKERTO

Penulis

  • Umi Khanifah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
Keterampilan berbahasa anak yang diajar sebelum menggunakan kegiatan bercerita
dengan media gambar dan setelah menggunakan kegiatan bercerita dengan media
gambar pada kelompok B TK Dharma Wanita Karangdiyeng Kutorejo Mojokerto
(2) mendeskripsikan interaksi kegiatan bercerita dengan media gambar
terhadap Keterampilan berbahasa pada kelompok B TK Dharma Wanita
Karangdiyeng Kutorejo Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi
time series one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok
B TK Dharma Wanita Karangdiyeng Kutorejo Mojokerto sebanyak 20 anak yang
terdiri dari 8 anak laki- laki dan 12 anak perempuan. Pengumpulan data
menggunakan wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis data
menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu
pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil
analisis disimpulkan: 1) Terdapat Perbedaan Keterampilan berbahasa anak yang
diajar sebelum menggunakan kegiatan bercerita dengan media gambar dan setelah
menggunakan kegiatan bercerita dengan media gambar pada kelompok B TK
Dharma Wanita Karangdiyeng Kutorejo Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi kegiatan
bercerita dengan media gambar terhadap Keterampilan berbahasa pada kelompok B
TK Dharma Wanita Karangdiyeng Kutorejo Mojokerto

 

Kata kunci: bercerita, media gambar, Keterampilan berbahasa

Referensi

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.

Hayon, J. (2007). Membaca dan Menulis Wacana: Petunjuk Praktis Bago Mahasiswa. Grasindo.

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif.

Kencana.

Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.

Jahrir, A. S. (2020). MEMBACA. Penerbit Qiara Media.

Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun

Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir

Suprarasional.†UPI Sumedang Press.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Kencana.

Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating

Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.

Mushlih, A., Rahimah, Insiyah, M., Muzdalifah, Uminar, A. N., Imami, F., Maula, I., Parapat, A.,

Lestari, P., & Khairunnisa, L. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap isu-isu

menarik seputar AUD. Penerbit Mangku Bumi.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.

Pantera Publishing.

Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah,

dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.

Muhammadiyah University Press.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang

Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online

dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Susanto, A. (2015). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak- kanak. Prenada Media.

Trianto, M. P. (2016). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi anak Usia Dini.

Prenada Media.

Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.

BintangWahyu.

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09