PERANGKAT PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA BAGI PARA PENDIDIK DAN PELAJAR
Abstrak
Judul ini dibuat untuk sebagai bahan ajar yang digunakan oleh
para pendidik atau pengajar dalam upaya mencapai profil pelajar pancasila
dan capaian pembelajaran melalui buku atau modul ajar, buku teks
pelajaran, dan bisa melalui video pembelajaran untuk melaksanakan suatu
proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik untuk mencapai tiga
aspek kompetensi yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Metode
penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang merupakan metode
dalam tujuan menjabarkan data-data analisis yang bersifat deskriptif dan
berupa kata-kata yang menekankan kualitas data-data atau kedalaman data
yang di peroleh. Hasil penelitian ini menunjukkan suatu penelitian yang
yang mengacu pada minat dan bakat, sehingga para pelajar dapat memilih
pelajaran apa yang mereka sukai sehingga bisa dipelajari dan dipahami
menurut passion mereka masing-masing karena kurikulum merdeka
memiliki pembelajaran intrakurikuler yang beragam, dan kurikulum ini juga
dianggap menjadi solusi yang paling efektif dalam menyelesaikan berbagai
permasalahan Pendidikan, dan kurikulum merdeka ini menjadi opsi bagi
satuan pendidikan.
Â
Kata kunci: Metode, Kompetensi, Kurikulum
Referensi
Aeni, N., Prihatin, T., & Utanto, Y. (2017). Pengembangan model blended learning berbasis
masalah pada mata pelajaran sistem komputer. Innovative Journal of Curriculum and Educational
Technology, 6(2), 27-38.
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan
society 5.0. CV. Pilar Nusantara.
Ardianti, S., Sulisworo, D., & Pramudya, Y. (2019). Efektivitas Blended Learning Berbasis
Pendekatan Stem Education Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Critical Thinking
Skill Pada Materi Fluida Dinamik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol.
, No. 0, pp. 240-246).
Baharun, H. (2018). Peningkatan kompetensi guru melalui sistem kepemimpinan kepala
madrasah. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1-26.
Barokati, N., & Annas, F. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning
pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). SISFO Vol 4 No 5,
Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media
Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas, 3(1),
-50.
Ghufron, G. (2018, September). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia
pendidikan. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan
Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1).
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A.,
... & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-
Yayasan Kita Menulis.