ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI POJOK BACA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Tazkiatul Lailiyah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • MalidaLely Setyati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Nanda Erianti Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Gerakan
Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Metode
penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini
dilakukan di UPT SDN 325 Gresik, subjek penelitian ini adalah guru, kepala
sekolah dan peserta didik. Penelitian yang dimaksud adalah (1) Untuk mengetahui
tanggung jawab orang tua dan guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi
siswa; (2) Memahami bagaimana peran orang tua dan guru dalam membimbing
dan mengawasi kemampuan literasi siswa; (3) Mengatasi masalah rendahnya
literasi siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan, salah satu faktor penyebabnya
adalah banyaknya orang tua yang tidak bisa membaca, sehingga tanggung jawab
siswa sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah, dan rata-rata siswa yang
bersekolah disana tidak mendapatkan Pendidikan PAUD maupun TK tetapi
langsung masuk ke jenjang SD. Sehingga Hasil penelitian yang didapatkan yaitu
masih banyak peserta didik di sekolah tersebut yang tidak bisa membaca bahkan
dari tingkatan kelas tinggi. Maka dari itu program gerakan literasi sekolah masih
berada dalam tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, pembelajaran
serta mengadakan pengajaran khusus bagi siswa yang belum lancar membaca
untuk dikumpulkan di perpustakaan.

Kata Kunci: Pengertian literasi, Manfaat pojok baca, Gerakan literasi
sekolah.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Dari Buku

Pembelajaran Multiliterasi di SD/MI untuk Menghadapi Era Society 5.0 - Farah Destria

Rifanah, dkk. - Google Buku

Bagian dari Buku

Kemendikbud. 2016. Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Sudut Baca Kelas dan

Area Baca Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Dari Jurnal

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut baca

terhadap minat membaca siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling

(JPDK), 2(1), 81-85.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan sudut baca kelas

sebagai sarana alternatif penumbuhan minat baca siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 1019.

Hidayat, M. H., & Basuki, I. A. (2018). Gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurnal

Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 810-817.

Sari, R., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis program gerakan literasi sekolah dalam

menumbuhkan minat baca. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 345-350.

Ichsan, A. S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Islam (Sebuah Analisis Implementasi

GLS di MI Muhammadiyah Gunungkidul). Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam,

(1), 69-88.

Rahmawati, D. R. (2020). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI

SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN 2 SLEMAN. E-Jurnal Skripsi Program

Studi Teknologi Pendidikan, 9(4), 377-385.

Maharani, L. (2018). Implementasi gerakan literasi di sekolah dasar. JURNAL IMPLEMENTASI

GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR.

Lestari, M. R. D. W., & Septianingrum, T. D. (2019). Program gerakan literasi sekolah di sd

dharma karya. Jurnal Holistika, 3(2), 131-136.

Azimah, R., & Kurniaman, O. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam

Pembelajaran di Kelas Tinggi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran),3(4), 934-

Faradina, N. 2017. Pengaruh Program Geraan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca

Siswadi SD Islam Terpadu Muhammadiyah An –Najah Jatinom Klaten. Jurnal

Hanata Widya Volume 6 Nomor 8, 61.

Muslim, A. H., & Hawanti, S. (2019). Pengaruh membaca 15 menit terhadap minat baca

siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas,5(2).

Wandasira, Y. 2017. Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentukan

pendidikan berkarakter. Jurnal Manajemen, kepemimpinan dan supervisi pendidikan

vol 1, no. 1, juli-Desember,326.

Prosiding

Ardian, R. (2017, December). Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan minat baca

peserta didik di SMA Negeri 1 Banyuasin I (Implementasi Permendikbud

No. 23 Tahun 2015). In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA

UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09