ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI POJOK BACA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Gerakan
Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Metode
penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini
dilakukan di UPT SDN 325 Gresik, subjek penelitian ini adalah guru, kepala
sekolah dan peserta didik. Penelitian yang dimaksud adalah (1) Untuk mengetahui
tanggung jawab orang tua dan guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi
siswa; (2) Memahami bagaimana peran orang tua dan guru dalam membimbing
dan mengawasi kemampuan literasi siswa; (3) Mengatasi masalah rendahnya
literasi siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan, salah satu faktor penyebabnya
adalah banyaknya orang tua yang tidak bisa membaca, sehingga tanggung jawab
siswa sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah, dan rata-rata siswa yang
bersekolah disana tidak mendapatkan Pendidikan PAUD maupun TK tetapi
langsung masuk ke jenjang SD. Sehingga Hasil penelitian yang didapatkan yaitu
masih banyak peserta didik di sekolah tersebut yang tidak bisa membaca bahkan
dari tingkatan kelas tinggi. Maka dari itu program gerakan literasi sekolah masih
berada dalam tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, pembelajaran
serta mengadakan pengajaran khusus bagi siswa yang belum lancar membaca
untuk dikumpulkan di perpustakaan.
Kata Kunci: Pengertian literasi, Manfaat pojok baca, Gerakan literasi
sekolah.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Dari Buku
Pembelajaran Multiliterasi di SD/MI untuk Menghadapi Era Society 5.0 - Farah Destria
Rifanah, dkk. - Google Buku
Bagian dari Buku
Kemendikbud. 2016. Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Sudut Baca Kelas dan
Area Baca Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Dari Jurnal
Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut baca
terhadap minat membaca siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling
(JPDK), 2(1), 81-85.
Ramandanu, F. (2019). Gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan sudut baca kelas
sebagai sarana alternatif penumbuhan minat baca siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 1019.
Hidayat, M. H., & Basuki, I. A. (2018). Gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurnal
Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 810-817.
Sari, R., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis program gerakan literasi sekolah dalam
menumbuhkan minat baca. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 345-350.
Ichsan, A. S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Islam (Sebuah Analisis Implementasi
GLS di MI Muhammadiyah Gunungkidul). Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam,
(1), 69-88.
Rahmawati, D. R. (2020). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI
SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN 2 SLEMAN. E-Jurnal Skripsi Program
Studi Teknologi Pendidikan, 9(4), 377-385.
Maharani, L. (2018). Implementasi gerakan literasi di sekolah dasar. JURNAL IMPLEMENTASI
GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR.
Lestari, M. R. D. W., & Septianingrum, T. D. (2019). Program gerakan literasi sekolah di sd
dharma karya. Jurnal Holistika, 3(2), 131-136.
Azimah, R., & Kurniaman, O. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam
Pembelajaran di Kelas Tinggi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran),3(4), 934-
Faradina, N. 2017. Pengaruh Program Geraan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca
Siswadi SD Islam Terpadu Muhammadiyah An –Najah Jatinom Klaten. Jurnal
Hanata Widya Volume 6 Nomor 8, 61.
Muslim, A. H., & Hawanti, S. (2019). Pengaruh membaca 15 menit terhadap minat baca
siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas,5(2).
Wandasira, Y. 2017. Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentukan
pendidikan berkarakter. Jurnal Manajemen, kepemimpinan dan supervisi pendidikan
vol 1, no. 1, juli-Desember,326.
Prosiding
Ardian, R. (2017, December). Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan minat baca
peserta didik di SMA Negeri 1 Banyuasin I (Implementasi Permendikbud
No. 23 Tahun 2015). In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.