ANALISIS PERBEDAAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PBL KELAS V DI SD 2 BULONG KULON
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa
dengan menggunakan metode PBL kelas V di SD 2 Bulung Kulon. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode pre-experimental design
dengan rancangan one shot case study. Untuk analisis data menggunakan Uji T (Uji
One Sample T Test). Penelitian pre experimen jenis one shot case study merupakan
desain penelitian yang hanya melakukan satu kali treatmeant yang diperkirakan sudah
mempunyai pengaruh untuk kemudian diadakan post test. Hasil penelitian ini
mengungkap bahwa H0 diterima ketika Sig. (2-tailed) lebih dari α, sedangkan H0
ditolak ketika Sig. (2-tailed) kurang dari α. Dari hasil tersebut, diperoleh bahwa Sig.
(2-tailed) yaitu sebesar 0,067, yang artinya Sig. (2-tailed) > 0,05. Yang berakibat
bahwa H0 diterima. Jadi, dapat disimpulkan rata-rata kemampuan matematis siswa
kelas V di SD 2 Bulung Kulon dengan menggunakan model PBL sama dengan rata-
rata kemampuan matematis siswa kelas V di SD 2 Bulung Kulon dengan
menggunakan model PBL yaitu sebesar 75.
Â
Kata Kunci: Pendidikan; Problem Based Learning (PBL); One Sample T Test;
Hasil Bealajar
Referensi
Akademis, J. (2017). PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED
LEARNING ( PBL ) DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) TERHADAP
KREATIVITAS SISWA Tercapainya pendidikan yang bermutu untuk selalu meningkatkan
hasil memerlukan upaya untuk meningkatkan kualitas . 60–75.
Aprilia, Y. G., & Haryanto, A. M. (2017). Analisis Reaksi Harga Saham dan Volume Perdagangan
atas Pengumuman Dividen Kas (Studi Empiris pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek
Indonesia Tahun 2013 - 2015). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1–12.
http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Aritonang, H. W., & Moondra Zubir. (2022). Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswadengan menggunakan model PBL dan pembelajaran konvensional berbantuan media ispring
pada materi laju reaksi. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 346–352.
https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.107
Aslinda, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Pakem Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada
Materi Sepak Bola Siswa Kelas Ivb Sd Negeri 013 Mekarsari. Primary: Jurnal Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, 6(2), 472. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4537
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719
Doni Stiadi, S.Si., M. S., & Ahmad Rifani, S.E., M. M. (2018). Buku Praktikum 1 APLIKASI
KOMPUTER STATISTIK DENGAN SPSS UNTUK PENELITIAN EKONOMI DAN BISNIS.
www.rajagrafindo.co.id
Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan Minat Belajar
Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Metode Penemuan
Terbimbing. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117–126.
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P.,
Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu
Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Ine Rahayu Purnamaningsih, M. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana
Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 1–7.
https://doi.org/10.5281/zenodo.6466594
Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM
Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Nasional. Reslaj : Religion Education Social Laa
Roiba Journal, 3(3), 133–144. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i2.449
Makhmuri, M. (2020). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah
Ibtidaiyah), 2(1), 21–29. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.541
Masni, M., Pasinggi, Y. S., & Zainal, Z. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar
Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 307–
https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1131
Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel
Berbasis Web. JUITA: Jurnal Informatika, 8(2), 245. https://doi.org/10.30595/juita.v8i2.8786
Permana, putra sudeni suheri, Akhmad, S., & M, rizal rony. (2021). Jurnal master penjas & olahraga.
Jurnal Master Penjas & Olahraga, 2(April), 127–136.
Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159.
https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955
Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja
Terhadap Kinerja Guru Di SD Dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu
Manajemen METHONOMIX, 2(2), 105–114.
Setyawarno, D. (2019). Uji Statistik dalam Penelitian Bidang Pendidikan dan Aplikasi Komputer
untuk Penilaian IPA. 1–23.
https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=HbiJ_zAAAAAJ
&pagesize=80&citation_for_view=HbiJ_zAAAAAJ:eQOLeE2rZwMC
Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan Sikap, Prilaku, Persepsi, Stres, Kecamasan, Nyeri,
Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan
Kesehatan. Andi, 4, 3–12.
Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E. N. S. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning
Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7.
https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155
Zarita, S. S., Halim, A., & Syukri, M. (2015). Dampak Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
dengan Pendekatan Sainsifik Terhadap Berpikir Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Sains
Indonesia, 03(02), 96–104.