ANALISIS PERBEDAAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PBL KELAS V DI SD 2 BULONG KULON

Penulis

  • Syafiq Nashan Universitas Muria Kudus
  • Rohmah Nur Anisa Universitas Muria Kudus
  • Nuzuulul Ummah Universitas Muria Kudus
  • Selly Maria Margaretha Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa
dengan menggunakan metode PBL kelas V di SD 2 Bulung Kulon. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode pre-experimental design
dengan rancangan one shot case study. Untuk analisis data menggunakan Uji T (Uji
One Sample T Test). Penelitian pre experimen jenis one shot case study merupakan
desain penelitian yang hanya melakukan satu kali treatmeant yang diperkirakan sudah
mempunyai pengaruh untuk kemudian diadakan post test. Hasil penelitian ini
mengungkap bahwa H0 diterima ketika Sig. (2-tailed) lebih dari α, sedangkan H0
ditolak ketika Sig. (2-tailed) kurang dari α. Dari hasil tersebut, diperoleh bahwa Sig.
(2-tailed) yaitu sebesar 0,067, yang artinya Sig. (2-tailed) > 0,05. Yang berakibat
bahwa H0 diterima. Jadi, dapat disimpulkan rata-rata kemampuan matematis siswa
kelas V di SD 2 Bulung Kulon dengan menggunakan model PBL sama dengan rata-
rata kemampuan matematis siswa kelas V di SD 2 Bulung Kulon dengan
menggunakan model PBL yaitu sebesar 75.

 

Kata Kunci: Pendidikan; Problem Based Learning (PBL); One Sample T Test;
Hasil Bealajar

Referensi

Akademis, J. (2017). PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED

LEARNING ( PBL ) DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) TERHADAP

KREATIVITAS SISWA Tercapainya pendidikan yang bermutu untuk selalu meningkatkan

hasil memerlukan upaya untuk meningkatkan kualitas . 60–75.

Aprilia, Y. G., & Haryanto, A. M. (2017). Analisis Reaksi Harga Saham dan Volume Perdagangan

atas Pengumuman Dividen Kas (Studi Empiris pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek

Indonesia Tahun 2013 - 2015). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1–12.

http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Aritonang, H. W., & Moondra Zubir. (2022). Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswadengan menggunakan model PBL dan pembelajaran konvensional berbantuan media ispring

pada materi laju reaksi. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 346–352.

https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.107

Aslinda, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Pakem Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada

Materi Sepak Bola Siswa Kelas Ivb Sd Negeri 013 Mekarsari. Primary: Jurnal Pendidikan

Guru Sekolah Dasar, 6(2), 472. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4537

Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran

Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan

Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719

Doni Stiadi, S.Si., M. S., & Ahmad Rifani, S.E., M. M. (2018). Buku Praktikum 1 APLIKASI

KOMPUTER STATISTIK DENGAN SPSS UNTUK PENELITIAN EKONOMI DAN BISNIS.

www.rajagrafindo.co.id

Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan Minat Belajar

Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Metode Penemuan

Terbimbing. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117–126.

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P.,

Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu

Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Ine Rahayu Purnamaningsih, M. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana

Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 1–7.

https://doi.org/10.5281/zenodo.6466594

Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM

Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Nasional. Reslaj : Religion Education Social Laa

Roiba Journal, 3(3), 133–144. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i2.449

Makhmuri, M. (2020). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas

IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah

Ibtidaiyah), 2(1), 21–29. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.541

Masni, M., Pasinggi, Y. S., & Zainal, Z. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar

Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 307–

https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1131

Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel

Berbasis Web. JUITA: Jurnal Informatika, 8(2), 245. https://doi.org/10.30595/juita.v8i2.8786

Permana, putra sudeni suheri, Akhmad, S., & M, rizal rony. (2021). Jurnal master penjas & olahraga.

Jurnal Master Penjas & Olahraga, 2(April), 127–136.

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159.

https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955

Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja

Terhadap Kinerja Guru Di SD Dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu

Manajemen METHONOMIX, 2(2), 105–114.

Setyawarno, D. (2019). Uji Statistik dalam Penelitian Bidang Pendidikan dan Aplikasi Komputer

untuk Penilaian IPA. 1–23.

https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=HbiJ_zAAAAAJ

&pagesize=80&citation_for_view=HbiJ_zAAAAAJ:eQOLeE2rZwMC

Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan Sikap, Prilaku, Persepsi, Stres, Kecamasan, Nyeri,

Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan

Kesehatan. Andi, 4, 3–12.

Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E. N. S. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning

Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7.

https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155

Zarita, S. S., Halim, A., & Syukri, M. (2015). Dampak Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

dengan Pendekatan Sainsifik Terhadap Berpikir Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Sains

Indonesia, 03(02), 96–104.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09