KAITAN METODE PRAKTIKUM DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstrak
Dalam pembelajaran IPA sangat membutuhkan metode yang tepat
sesuai dengan materi yang ada unutk menunjang hasil belajar peserta didik .
Metode pelaksanaan praktikum IPA yang selama ini dilakukan dengan metode
problem solving ,peneliatian ini bertujuan unutk mengkaji apakah metode
praktikum dengan metode problem solving saling berkaitan atau tidak. Sehingga
penelitian ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena membutuhkan
pengamatan secara langsung dan pelaksanaan praktikum. Dengan metode problem
solving penelitian ini sangat membantu oleh sebab itu pelaksanaan praktikum
berjalan dengan lancar sesuai apa yang diinginkan oleh peniliti. Dalam
pelaksanaan praktikum ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
study literatur dalam penelitian ini peneliti mencari informasi yang terkait dengan
metode praktikum dengan metode problem solving . Hasil dari penelitian ini
didapatkan kesimpulan bahwa metode praktikum dengan metode Problem solving
saling berkaitan dalam pembelejaran IPA di SD. Penelitian ini guru berperan aktif
kepada siswa untuk meninjau berjalanya pelaksanaan praktikum agar berjalan
dengan lancar .
Â
Kata Kunci : Praktikum ; Problem Solving ; IPA
Referensi
Astuti, T. A. T. (2015). Manajemen praktikum pembelajaran ipa. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah
Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(1).
Darmayanti, N. W. S., Wijaya, I. W. B., & Sanjayanti, N. P. A. H. (2020). Kepraktisan panduan
praktikum IPA sederhana sekolah dasar (SD) berorientasikan lingkungan sekitar. ORBITA:
Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 310-314.
Faj, N. A., Fakhri, J., & Yusandika, A. D. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching
dengan Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Science
and Mathematics Education, 1(2), 135-141.
Komisia, F., Wariani, T., Bria, K., Tukan, M. B., & Leba, M. A. U. (2023). PENGGUNAAN
MODUL PRAKTIKUM KIMIA FISIKA I BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. JURNAL EDUCATION AND
DEVELOPMENT, 11(1), 20-23.
Malik, A., Handayani, W., & Nuraini, R. (2015). Model praktikum problem solving laboratory untuk
meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi
Dan Pembelajaran Sains, 19
Putri, Y. (2021). PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN IPA DI
SEKOLAH DASAR (STUDI LITERATUR):-. Jurnal JP3M (PGSD, PJKR, PPKN dan
Matematika), 2(01), 1-11.