PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KERTOSARI KUTOREJO MOJOKERTO
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan keaksaraan awal anak yang diajar sebelum menggunakan Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan setelah menggunakan Model Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing pada kelompok B TK Dharma Wanita Kertosari Kutorejo
Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
terhadap kemampuan keaksaraan awal pada kelompok B TK Dharma Wanita
Kertosari Kutorejo Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series
one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok B TK
Dharma Wanita Kertosari Kutorejo Mojokerto sebanyak 20 anak yang terdiri dari
10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan
wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis data
menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu
pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil
analisis disimpulkan: 1) Terdapat Perbedaan kemampuan keaksaraan awal anak
yang diajar sebelum menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan
setelah menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelompok
B TK Dharma Wanita Kertosari Kutorejo Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan keaksaraan awal pada
kelompok B TK Dharma Wanita Kertosari Kutorejo Mojokerto.
Â
Kata kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan keaksaraan awal
Referensi
Akmal, & Ahmad, R. (2020). Kincir Angin Membelah Bukit Pabbaresseng Kabupaten Sidenreng
Rappang. Deepublish.
Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.
Anwar, S. S. (2014). TEOLOGI PENDIDIKAN : Upaya Mencerdaskan OTak & Qalbu. Indragiri TM.
Darmadi. (2017). Kecerdasan Spiritual. Guepedia.
El-Muhtaj, M. (2017). Hak Asasi Manusia dalam Konstitusi Indonesia. Kencana.
Heksa, A. (2020). Inquiry Dalam Pembelajaran Sistem Gerak Dan Pencernaan Manusia.
Deepublish.
Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana.
Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.
Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun
Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir
Suprarasional.†UPI Sumedang Press.
Junaedi, D. (2018). Menafsir Teks, Memahami Konteks: Menelisik Akar Perbedaan Penafsiran
terhadap al-Qur’an. Deepublish.
Kadir, D. (Ed.). (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika II (SNPMAT II):
Pembelajaran Matematika dalam Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Halu Oleo Press.
Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating
Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.
Mertler, C. A. (2019). Introduction to Educational Research. SAGE Publications.
Mufarohah, U. T. (2018). Bunga Rampai Pendidikan (Formal, Non Formal, dan Informal).
Deepublish.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.
Pantera Publishing.
Nida’ul Munafiah, S. P. I., Sri Maisari, S. P., Ma’fiyatun Insiyah, S. P., Ajeng Ninda Uminar, S. P.,
Inayatul Maula, S. P., Rahimah, S. P. I., Hj. Rahimah, S. P., Muzdalifah, S. P., Mardiyan
Susianti, S. P. I., & Asmidar Parapat, S. P. (2018). Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis
Multiple Intelligence. Penerbit Mangku Bumi.
Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah,
dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.
Prasetyo, A., Sakti, A. B., Asmoro, H., & Arifin, M. Z. (2018). BUNGA RAMPAI SMART CITY:
Implementasi Kota Jasa yang Modern dan Cerdas dalam Sistem Perkotaan Inovatif (Vol.
. Indocomp.
Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.
Muhammadiyah University Press.
Rindjin, K. (2013). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Gramedia Pustaka
Utama.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang
Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.
Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei
Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.
Triyuni, N. N. E., Kusmariyatni, N. N.,& Margunayasa, I. G. (2019). Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Higher Order Thinking (HOT) Pada
Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD. Journal of Education Technology, 3(1), 22–27.
Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.
BintangWahyu.
Umbas, M. (2015). Solusi Jokowi. Gramedia Pustaka Utama.