ANALISIS MINAT MEMBACA DAN MENULIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BLESED LEARNING PADA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sulaiman Sulaiman Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Saskia Khalida Firani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Nurul Izzah Ayu Wulandari Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat membaca dan
menulis siswa menggunakan model problem blessed learning pada sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang bertujuan pada hasil
belajar yang akan dicapai. Subjek siswa kelas rendah sekolah dasar. Teknik
pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Belajar membaca dan
menulis melalui permainan kata dan kartu flashcard dari guru dapat menginspiras
siswa sekolah dasar dalam kemampuan berfikir dalam mengelola kata sesusai
dengan pengetahuannya. Selain itu, anak anak dapat diajak belajar sambil bermain
dalam waktu bersaan sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan
menarik,menyenangkan, dan efektif karena setiap siswa aktif dalam proses
pembelajaran.

 

Kata Kunci: membaca, menulis, permainan

References

Abidin, Z. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar

Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 64-70.

Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. (1991).

Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning.

Educational Psychologist, 369–398.

Fester, J. (2018, January 24). PBL Works. Retrieved from www.pblworks.org:

https://www.pblworks.org/blog/easy-spices-using-right-technology-support-pbl-teaching

Gunantarra G, Suarjana, M., & Riastini, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based

Learning Untuk Meningkatkan. Bandung.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: a review of the literature.

Improving schools, 267-277.

Miftah, M. Z. (2016). Implementing Project-Based Learning in Scientifik Writing Class. Education

Proceeding Developing Curriculum, Teacher, and Instruction for Quality English

Linguistic, Literrature and Education (pp. 384-392). Pekanbaru: Lite Conference 2016.

Nurohman, S. (2007). Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific

Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. 1-20. Retrieved from

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309687/project-based-learning.pdf

Rhapsona, & Bernati, I. (2012). Membaca Menulis Permulaan. Jakarta.

Yam, L. H. (2010). Implementing a Project-Based Learning Approach in an Introductory Property

Course. Doctoral Dissertation, 16th Pacific Rim Real Estate Society Conference, 1-19.

Zainuddin, Y. W. (1991). Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2023-08-09