PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERINCI KOSA KATA PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KEPUHARUM KUTOREJO MOJOKERTO
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan merinci kosa kata anak yang diajar sebelum menggunakan metode
pembelajaran mind mapping dan setelah menggunakan metode pembelajaran
mind mapping pada kelompok B TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo
Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi metode pembelajaran mind mapping
terhadap kemampuan merinci kosa kata pada kelompok B TK Dharma Wanita
Kepuharum Kutorejo Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi
time series one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok
B TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto sebanyak 19 anak.
Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media
WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two
Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua
kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat Perbedaan kemampuan merinci
kosa kata anak yang diajar sebelum menggunakan metode pembelajaran mind
mapping dan setelah menggunakan metode pembelajaran mind mapping pada
kelompok B TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto; 2) Terdapat
Interaksi metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan merinci kosa
kata pada kelompok B TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto.
Â
Kata kunci: metode mind mapping, merinci kosa kata
Referensi
Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.
Buzan, T. (2006). Buku Pintar Mind Map. Gramedia Pustaka Utama.
Desmariani, E., & Jendriadi, M. P. (2020). Buku Ajar Metode Perkembangan Fisik Anak Usia Dini.
Pustaka Galeri Mandiri.
Doni, S. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Elex Media
Komputindo.
Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana.
Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.
Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun
Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir
Suprarasional.†UPI Sumedang Press.
Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan
Praktik. Prenada Media.
Koriagung, P. C., Wiyasa, I. K. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2015). Penerapan Mind Mapping dalam
Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn dan Pengetahuan Faktual
Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IVb SD Negeri 5 Tonja. MIMBAR PGSD Undiksha,
(1).
Kunandar, K. (2013). Penilaian autentik (Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan
Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Kusuma, I. P. I. (2020). Mengajar Bahasa Inggris Dengan Teknologi: Teori Dasar Dan Ide
Pengajaran. Deepublish.
Marwiyah, A., & Ummah, M. K. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis
Penerapan Kurikulum 2013. Deepublish.
Maryanto, Daniel, A. (2008). Jurnal Dwija Utama. Sang Surya Media.
Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Kencana.
Masnipal, M. P. (2013). Siap Menjadi Guru & Pengelola PAUD Profesional. Elex Media
Komputindo.
Mentari, E. G., Rahayu, M., Rahman, M. H., Lestari, P., Rahma, A., Purwasih, W., Kurniasari, N.,
Khairiah, D., & Wati, Y. E. R. (2020). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia
Dini: Dilengkapi dengan Manajemen Perpustakaan dan Ekstrakurikuler. Hijaz Pustaka
Mandiri.
Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity
with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.
Musfah, J. (2012). Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas perspektif. Kencana.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.
Pantera Publishing.
Ndari, S. S., & Chandrawaty. (2019). Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. EDU
PUBLISHER.
Olivia, F. (2008). Gembira Belajar dg Mind Mapping + CD. Elex Media Komputindo.
Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah,
dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.
Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018).
Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Muhammadiyah University Press.
Puspitasari, I., Sari, D. A., Dewi, R. S., Wati, D. E., Lubis, M., Rachmat, I. F., & Cahyati, N. (2020).
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: Perspektif Dosen PAUD PerguruaN Tinggi
Muhammadiyah. EDU PUBLISHER.
Ratri, D. P., Iswahyuni, & Lailiyah, N. (2018). Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini.
Universitas Brawijaya Press.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang
Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.
Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Yayasan Kita Menulis.
Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei
Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.
Sudigdo, A., & IPWIJA, T. D. (n.d.). BELAJAR MANAJEMEN DIMULAI DARI SINI. Ahlimedia
Book.
Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.
BintangWahyu.
Windura, S. (2016). Mind Map Langkah Demi Langkah (Terbit Ulang). Elex Media Komputindo.