PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS V SD NURUL ISLAM SURABAYA

Penulis

  • Sri Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Windi Putri Lestari Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik
Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw pada kelas V SD
Nurul Islam Surabaya. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan
kelas, Subjek yang di ambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD
Nurul Islam Surabaya, dengan jumlah siswa 8 orang. Dengan perincian jumlah
laki-laki 7 orang dan jumlah perempuan 1 orang. Mengingat jumlah siswa tidak
banyak maka objek dalam penelitian ini diambil dari seluruh subjek. Sedangkan
Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran tipe Jigsaw untuk
meningkatkan dan hasil belajar tematik siswa kelas V SD Nurul Islam Surabaya.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru tematik, siswa, dan peneliti. Data
yang diperoleh dari penelitian ini terdiri dari data yang bersifat kualitatif. Data
pada hasil nilai tes pada siklus I diketahui bahwa 3 siswa dinyatakan tuntas dengan
persentase ketuntasan sebesar 38%, sedangkan, 5 siswa dinyatakan tidak tuntas
dengan persentase ketuntasan sebesar 63%. Dari hasil nilai tes siklus II siswa yang
dinyatakan tuntas mengalami kenaikan sebesar 6 siswa dengan persentase sebesar
75%, sedangkan siswa yang dinyatakan tidak tuntas menurun menjadi sebesar 2
dengan persentase sebesar 25% siswa tidak tuntas. Berdasarkan hasil analisis data
dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada peserta didik SD Nurul Islam
Surabaya kelas V Tahun Ajaran 2022/2023.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar Tematik.

Referensi

Akbar Bakar, A. (2020). Konstruksi Model Kepemimpinan Spiritualitas Tafsir Anom V. Jurnal Education

and Economics, 3(2), 450–463. http://jurnal.azharululum.sch.id/index.php/jee/article/view/116

Aloysius, M., Mashudi, & Bernardus. (2019). Penilaian ranah afektif pelajaran pendidikan

kewarganegaraan di kelas v sdn 06 tae tukong. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa,

(03), 1–11.

Butsi, F. (2019). Memahami Pendekatan Positivis, Konstruktivis Dan Kritis Dalam Metode Penelitian

Komunikasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 2(1), 48–54.

www.ejurnal.stikpmedan.ac.id

Carnap, R., & Neurath, O. (1975). Neo Positivisme- Positivisme- Post positivisme.

Eko, M. w. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Siswa KELAS

VII-A SMP Negeri 281 Jakarta Tahun Pembelajaran 2o18/2019 Semester Ganjil. Jurnal Mitra Guru,

(1), 1–14. https://doi.org/doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0

Gandamana, & Simanjuntak, S. (2018). Perbandingan Kompetensi Kewarganegaraan Dalam Kurikulum

Dan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal

Sekolah, 2(2), 17–22.

Hasanadi, H. (2019). Kearifan Lokal Dalam Ungkapan Tradisional: Membaca Ulang Karakteristik

Masyarakat Pasaman Barat. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 4(1), 1032–1047.

https://doi.org/10.36424/jpsb.v4i1.100

Maradika, P., & Priyadi, A. T. (2013). Pembelajaran Teks Drama Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada

Kelas Xi Sma Negeri 1 Sungai Ambawang.

Natalius, C., & Candraningrum, D. A. (2019). Interaksi Komunikasi Kelompok terhadap Penghuni Panti

Werdha Milenia Jakarta Utara. Koneksi, 3(1), 63. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6146

Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk

Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan,

(02), 343–358. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536

Nazhifah, N. (2021). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sriwijaya 2021 0.

Https://Repository.Unsri.Ac.Id/.

Nor, S., Amran, A., Shaharuddin, S. A., & Usman, A. H. (2020). Sorotan Literatur Sistematik : Indikator

Usahawan Berjaya Menurut Perspektif Islam Systematic Literature Review : Successful

Entrepreneurindikator. Islamic Jurnal, 13(2), 136–150.

Purnamasari, J., Desyandri, & Yunisrul. (2018). Peningkatan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan

Scientific Di Kelas I SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang, 6(1), 11–24.

Raco, R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (S. J.B & R. Nalsya (eds.)). Penerbit PT Grasindo, Jalan

Palmerah Selatan 22 - 28, Jakarta 10270.

Rochiati Wiriaatmadja. 2019. Metode Penelitian Tindakan Kelas (2 ed.). Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Rustiana, M., & Rizqia Amalia, A. (2021). Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran

Anak Di Masa Pandemi Covid-19. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education,

(024), 2615–6598. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta

sangadah, khotimatus, & Kartawidjaja, J. (2020). indentifikasi hasil observasi kunjungan wisata di pulau

bangka. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9. levydamm@yahoo.co.id; levyda@usahid.id

Sarifudin, & Evendi, H. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN MelaluiPendekatan Kontekstual

Berbasis Masalah Siswa Kelas IV Sd Negeri 007 Sidomulyo Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Mitra

Pendidikan, 2(11), 1337–1346. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-

jmp/article/view/737/473

Sari, C. W. P., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dan

Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa SD. Jurnal

Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 101–110.

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33251.

Sasongko, I., Setiawan, A., & Purnama, Y. S. (2019). Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Kuliner di

Sepanjang Koridor Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang. Perencanaan Wilayah Dan Kota, 3, 34–67.

Setiaji, K., & Arsinta, Y. (2018). Strategy for Improving Cooperative Institutional Quality in Semarang.

Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 10(1), 56–63.

https://doi.org/10.17977/um002v10i12018p056

Syahlani, A., & Setyorini, D. (2021). Pengembangan Instrumen Minat Belajar Matematika Siswa (Non Tes

Skala Likert). Jurnal Akrab Juara, 6(1), 6.

Ulfa, A. (2017). Studi Tentang Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan Pada Pendidikan Anak Usia Dini

(Paud). Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 4(2), 84–92.

https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/tumbuhkembang/article/view/8178

Undiksha, 9(1), 19–29. 7(3), 261–270. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412.

Yadnya, P. A. K., & I Gusti Ketut Adnya Wibawa. (2020). Green Tourism Dalam Paradigma Baru Hukum

Kepariwisataan. Majalah Ilmiah Untab, 17(2), 164–171.

Zahara, S., Mulyana, N., & Darwis, R. S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak

Menggunakan Media Sosial Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1),

https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32143

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09