PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS V SD NURUL ISLAM SURABAYA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik
Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw pada kelas V SD
Nurul Islam Surabaya. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan
kelas, Subjek yang di ambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD
Nurul Islam Surabaya, dengan jumlah siswa 8 orang. Dengan perincian jumlah
laki-laki 7 orang dan jumlah perempuan 1 orang. Mengingat jumlah siswa tidak
banyak maka objek dalam penelitian ini diambil dari seluruh subjek. Sedangkan
Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran tipe Jigsaw untuk
meningkatkan dan hasil belajar tematik siswa kelas V SD Nurul Islam Surabaya.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru tematik, siswa, dan peneliti. Data
yang diperoleh dari penelitian ini terdiri dari data yang bersifat kualitatif. Data
pada hasil nilai tes pada siklus I diketahui bahwa 3 siswa dinyatakan tuntas dengan
persentase ketuntasan sebesar 38%, sedangkan, 5 siswa dinyatakan tidak tuntas
dengan persentase ketuntasan sebesar 63%. Dari hasil nilai tes siklus II siswa yang
dinyatakan tuntas mengalami kenaikan sebesar 6 siswa dengan persentase sebesar
75%, sedangkan siswa yang dinyatakan tidak tuntas menurun menjadi sebesar 2
dengan persentase sebesar 25% siswa tidak tuntas. Berdasarkan hasil analisis data
dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada peserta didik SD Nurul Islam
Surabaya kelas V Tahun Ajaran 2022/2023.
Â
Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar Tematik.
Referensi
Akbar Bakar, A. (2020). Konstruksi Model Kepemimpinan Spiritualitas Tafsir Anom V. Jurnal Education
and Economics, 3(2), 450–463. http://jurnal.azharululum.sch.id/index.php/jee/article/view/116
Aloysius, M., Mashudi, & Bernardus. (2019). Penilaian ranah afektif pelajaran pendidikan
kewarganegaraan di kelas v sdn 06 tae tukong. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa,
(03), 1–11.
Butsi, F. (2019). Memahami Pendekatan Positivis, Konstruktivis Dan Kritis Dalam Metode Penelitian
Komunikasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 2(1), 48–54.
www.ejurnal.stikpmedan.ac.id
Carnap, R., & Neurath, O. (1975). Neo Positivisme- Positivisme- Post positivisme.
Eko, M. w. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Siswa KELAS
VII-A SMP Negeri 281 Jakarta Tahun Pembelajaran 2o18/2019 Semester Ganjil. Jurnal Mitra Guru,
(1), 1–14. https://doi.org/doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0
Gandamana, & Simanjuntak, S. (2018). Perbandingan Kompetensi Kewarganegaraan Dalam Kurikulum
Dan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal
Sekolah, 2(2), 17–22.
Hasanadi, H. (2019). Kearifan Lokal Dalam Ungkapan Tradisional: Membaca Ulang Karakteristik
Masyarakat Pasaman Barat. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 4(1), 1032–1047.
https://doi.org/10.36424/jpsb.v4i1.100
Maradika, P., & Priyadi, A. T. (2013). Pembelajaran Teks Drama Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada
Kelas Xi Sma Negeri 1 Sungai Ambawang.
Natalius, C., & Candraningrum, D. A. (2019). Interaksi Komunikasi Kelompok terhadap Penghuni Panti
Werdha Milenia Jakarta Utara. Koneksi, 3(1), 63. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6146
Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan,
(02), 343–358. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536
Nazhifah, N. (2021). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sriwijaya 2021 0.
Https://Repository.Unsri.Ac.Id/.
Nor, S., Amran, A., Shaharuddin, S. A., & Usman, A. H. (2020). Sorotan Literatur Sistematik : Indikator
Usahawan Berjaya Menurut Perspektif Islam Systematic Literature Review : Successful
Entrepreneurindikator. Islamic Jurnal, 13(2), 136–150.
Purnamasari, J., Desyandri, & Yunisrul. (2018). Peningkatan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan
Scientific Di Kelas I SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang, 6(1), 11–24.
Raco, R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (S. J.B & R. Nalsya (eds.)). Penerbit PT Grasindo, Jalan
Palmerah Selatan 22 - 28, Jakarta 10270.
Rochiati Wiriaatmadja. 2019. Metode Penelitian Tindakan Kelas (2 ed.). Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Rustiana, M., & Rizqia Amalia, A. (2021). Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran
Anak Di Masa Pandemi Covid-19. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education,
(024), 2615–6598. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta
sangadah, khotimatus, & Kartawidjaja, J. (2020). indentifikasi hasil observasi kunjungan wisata di pulau
bangka. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9. levydamm@yahoo.co.id; levyda@usahid.id
Sarifudin, & Evendi, H. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN MelaluiPendekatan Kontekstual
Berbasis Masalah Siswa Kelas IV Sd Negeri 007 Sidomulyo Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Mitra
Pendidikan, 2(11), 1337–1346. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-
jmp/article/view/737/473
Sari, C. W. P., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dan
Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa SD. Jurnal
Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 101–110.
https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33251.
Sasongko, I., Setiawan, A., & Purnama, Y. S. (2019). Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Kuliner di
Sepanjang Koridor Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang. Perencanaan Wilayah Dan Kota, 3, 34–67.
Setiaji, K., & Arsinta, Y. (2018). Strategy for Improving Cooperative Institutional Quality in Semarang.
Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 10(1), 56–63.
https://doi.org/10.17977/um002v10i12018p056
Syahlani, A., & Setyorini, D. (2021). Pengembangan Instrumen Minat Belajar Matematika Siswa (Non Tes
Skala Likert). Jurnal Akrab Juara, 6(1), 6.
Ulfa, A. (2017). Studi Tentang Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan Pada Pendidikan Anak Usia Dini
(Paud). Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 4(2), 84–92.
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/tumbuhkembang/article/view/8178
Undiksha, 9(1), 19–29. 7(3), 261–270. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412.
Yadnya, P. A. K., & I Gusti Ketut Adnya Wibawa. (2020). Green Tourism Dalam Paradigma Baru Hukum
Kepariwisataan. Majalah Ilmiah Untab, 17(2), 164–171.
Zahara, S., Mulyana, N., & Darwis, R. S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak
Menggunakan Media Sosial Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1),