ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BILANGAN KELAS IV SD N WONOKETINGAL 01 DEMAK

Penulis

  • Sri Bintang Kusumawati Universitas Muria Kudus
  • Tri Yuliana Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu
aspek kemampuan terpenting yang harus dimiliki oleh siswa Sekolah Dasar.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan
pemecahan masalah matematis pada materi bilangan kelas IV SD N Wonoketingal
01 Demak. Penelitian ini mengacu pada indikator kemampuan pemecahan
masalah matematis NCTM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif yang memberikan informasi tentang analisis dan deskripsi tentang
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Dasar pada materi
bilangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Wonoketingal 01
Demak tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 13 siswa. Instrumen penelitian
yang digunakan terdiri dari pedoman wawancara berupa lembar wawancara dan
lembar tes soal pemecahan masalah matematis materi bilangan. Teknik analisis
data dilakukan melalui tiga tahap antara lain (1) memeriksa hasil jawaban siswa,
(2) menyajikan data tes dan wawancara, (3) serta menarik kesimpulan dari hasil
penelitian analisis kesalahan pada lembar jawaban siswa. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa kelas IV SD N Wonoketingal 01 masih terbilang rendah.
Dari 13 siswa hanya 7.70% yang dapat menyelesaikan dengan baik dan benar.

 

Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis; bilangan; siswa
sekolah dasar; analisis

Referensi

Dari Jurnal

Amirotun Sholikhah. (2016). Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif. Komunikasi Islam,

(No. 2 (2016)), 1–21.

Arifin, S., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model

Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching. Eduma : Mathematics Education

Learning and Teaching, 8(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.3355

Arta, I. M., Japa, I. G. N., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker

Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD

Undiksha, 8(2), 264–273.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum

Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317

Debi, S., Kadir, K., Masi, L., & Salim, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan

Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 130.

https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.19563

Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.

Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal

Pemecahan Masalah Matematik pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal

Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.

Safitri, A. M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis

Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika

Inovatif), 1(4), 759. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p759-764

Syavira, V. F., & Novtiar, C. (2021). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

dalam Menyelesaiakan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah dan Pecahan. Jurnal

Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1671–1678.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1671-1678

Tomo, Edy Yusmin, dan S. R. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun

Datar di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1, 1–11.

Dari Prosiding

Elvira Riska Harahap, E. S. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII

dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional

Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 553–558.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09