ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BILANGAN KELAS IV SD N WONOKETINGAL 01 DEMAK
Abstrak
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu
aspek kemampuan terpenting yang harus dimiliki oleh siswa Sekolah Dasar.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan
pemecahan masalah matematis pada materi bilangan kelas IV SD N Wonoketingal
01 Demak. Penelitian ini mengacu pada indikator kemampuan pemecahan
masalah matematis NCTM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif yang memberikan informasi tentang analisis dan deskripsi tentang
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Dasar pada materi
bilangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Wonoketingal 01
Demak tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 13 siswa. Instrumen penelitian
yang digunakan terdiri dari pedoman wawancara berupa lembar wawancara dan
lembar tes soal pemecahan masalah matematis materi bilangan. Teknik analisis
data dilakukan melalui tiga tahap antara lain (1) memeriksa hasil jawaban siswa,
(2) menyajikan data tes dan wawancara, (3) serta menarik kesimpulan dari hasil
penelitian analisis kesalahan pada lembar jawaban siswa. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa kelas IV SD N Wonoketingal 01 masih terbilang rendah.
Dari 13 siswa hanya 7.70% yang dapat menyelesaikan dengan baik dan benar.
Â
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis; bilangan; siswa
sekolah dasar; analisis
Referensi
Dari Jurnal
Amirotun Sholikhah. (2016). Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif. Komunikasi Islam,
(No. 2 (2016)), 1–21.
Arifin, S., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model
Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching. Eduma : Mathematics Education
Learning and Teaching, 8(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.3355
Arta, I. M., Japa, I. G. N., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker
Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD
Undiksha, 8(2), 264–273.
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum
Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317
Debi, S., Kadir, K., Masi, L., & Salim, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan
Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 130.
https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.19563
Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa
Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.
Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal
Pemecahan Masalah Matematik pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal
Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.
Safitri, A. M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis
Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika
Inovatif), 1(4), 759. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p759-764
Syavira, V. F., & Novtiar, C. (2021). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
dalam Menyelesaiakan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah dan Pecahan. Jurnal
Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1671–1678.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1671-1678
Tomo, Edy Yusmin, dan S. R. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun
Datar di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1, 1–11.
Dari Prosiding
Elvira Riska Harahap, E. S. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII
dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional
Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 553–558.