PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KEPUHARUM KUTOREJO MOJOKERTO
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
keterampilan berfikir tingkat tinggi anak yang diajar sebelum menggunakan
pembelajaran dengan metode tanya jawab dan setelah menggunakan pembelajaran
dengan metode tanya jawab pada kelompok B TK Dharma Wanita Kepuharum
Kutorejo Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi pembelajaran dengan metode
tanya jawab terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi pada kelompok B TK
Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain
eksperimen kuasi time series one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian
pada kelompok B TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto sebanyak
19 anak yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Pengumpulan
data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis
data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu
pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil
analisis disimpulkan: 1) Terdapat Perbedaan keterampilan berfikir tingkat tinggi
anak yang diajar sebelum menggunakan pembelajaran dengan metode tanya jawab
dan setelah menggunakan pembelajaran dengan metode tanya jawab pada
kelompok B TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto; 2) Terdapat
Interaksi pembelajaran dengan metode tanya jawab terhadap keterampilan
berfikir tingkat tinggi pada kelompok B TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo
Mojokerto
Â
Kata kunci: metode tanya jawab, keterampilan berfikir tingkat tinggi
Referensi
Andriana, E. (2006). Seri Pustaka Familia: Tanya Jawab Problema Anak Usia Dini Berbasis
Gender. Kanisius.
Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.
Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif.
Kencana.
Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish. Julia, J., Isrok’atun, I., &
Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun Generasi Emas 2045
yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir Suprarasional.†UPI Sumedang
Press.
Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating
Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.
Mertler, C. A. (2019). Introduction to Educational Research. SAGE Publications.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.
Pantera Publishing.
Ndari, S. S., & Chandrawaty. (2019). Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. EDU
PUBLISHER.
Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah,
dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.
Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.
Muhammadiyah University Press.
Rahman, M. H., Kurniasari, N., Kencana, R., Purwasih, W., Mentari, E. G., Muttaqin, M. A., Rahayu,
M., Wati, Y. E. R., Khairiah, D., & Rahma, A. (2020). Assesmen Pembelajaran PAUD:
Pendidikan Anak Usia Dini. Hijaz Pustaka Mandiri.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang
Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.
Salma, R., & Bantali, A. (2020). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini: Melalui Permainan
Tradisional Engklek (N. Kholik, Ed.).
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS Edisi Revisi: Higher Order Thinking Skills.
Tira Smart.
Simarmata, J., Hamid, M. A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M.,
Napitupulu, D., Iqbal, M., Salim, N. A., & Limbong, T. (2020). Pendidikan Di Era
Revolusi 4.0:
Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei
Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada
Media.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Syafredi, K. (2018). Hasil penelitian efek model pembelajaran discovery dan kreativitas terhadap
kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa. CV Jejak (Jejak Publisher).
Trianto, M. P. (2016). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi anak Usia Dini. Prenada
Media.
Ulfah, S. M., & Mirnawati, S. P. M. P. (2018). BUKU SAKU GURU PENDIDIKAN ANAK USIA
DINI. Penerbit Aksara TIMUR.
Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.
BintangWahyu.
Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran Strategi, Pendekatan,
Model, Metode Pembelajaran. IRDH Book. Publisher.