IMPLEMENTASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG

Authors

  • Sahrani Danur Kusuma Abdillah Universitas Trunojoyo Madura
  • Nilamsari Damayanti Fajrin Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan
kegiatan Pramuka di UPTD SDN Banyuajuh 2 dan untuk mendeskripsikan
penerapan dimensi Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan Pramuka di UPTD
SDN Banyuajuh 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Subjek penelitian ini yaitu tiga guru pembina Pramuka UPTD SDN Banyuajuh 2
dan 29 peserta didik kelas IV UPTD SDN Banyuajuh 2. Data dikumpulkan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa; 1) kegiatan pramuka berjalan sesuai program yang telah
dirancang, 2) dari enam dimensi Profil Pelajar Pancasila hanya ada lima dimensi
yang muncul dalam penerapan dimensi Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan
pramuka di UPTD SDN Banyuajuh 2 yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri,
bernalar kritis sedangkan dimensi kreatif tidak muncul. Program Pramuka
penggalang yang dilakasnakan diantaranya tata boga, mengenal obyek wisata,
lomba keterampilan baris berbaris, permainan penggalang. Faktor yang
mempengaruhi kemunculan dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah kegiatan yang
diadakan dalam setiap program.

 

Kata Kunci: Dimensi, Profil Pelajar Pancasila, dan Pramuka.

References

Amelia, Delora Jantung. 2019. Media Pembelajaran SD Berorientasi Multiple Intellegences.

Malang: UMM Press.

Damayanti Dini, Ina. 2021. Jago Mendesain Pembelajaran (Untuk Guru Sekolah Dasar). Tangerang:

Guemedia Group.

Habibati. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Syiah Kuala University Press.

Jumadi. 2022. Pendidikan Karakter: Program, Evaluasi, dan Implementasinya. Yogyakarta: Jejak

Pustaka.

Marniati. 2021. Komunikasi Kesehatan Berbasis Terapeutik. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Mubarak, Zaki Ahmad. 2022. DESAIN KURIKULUM MERDEKA UNTUK ERA REVOLUSI

INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. Jakarta: Zakimu.com.

Mulyasa. 2021. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Rawamangun: PT. Bumi Aksara.

Mustadi, Ali. 2020. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Rosidatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication.

Rumisih. 2022. Buku Saku Pandu Bermutu. Purwokerto: CV. Tatakata Grafika.

Saryanto dkk. 2022. Inovasi Pembelajaran Merdeka Belajar. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sriwijbant Anjali, Anisa, Cicih. 2020. ANTOLOGI HADITS TARBAWI: Pesan-Pesan Nabi s.a.w

tentang Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 23 ed. Bandung: CV.

Alfabeta.

Sukatin, dan Shoffia Saifillah Alfaruq. 2021. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Deepublish.

Sukiyat. 2020. Pendidikan Kepramukaan Berbasis Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad

Media Publishing.

Suprayitno, Adi, dan Wahid Wahyudi. 2020. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta:

Deepublish.

Tamara, Rosalynn. 2022. A-Z Tanya Jawab Montessori & Parenting. Yogyakarta: Penerbit Bentang.

Published

2023-08-09