PENERAPAN PERMAINAN MENUMBUK BIJI JAGUNG UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS PADA KELOMPOK B RA MIFTAHUL ULUM SINGOGALIH TARIK SIDOARJO

Penulis

  • Rosyida Syarofi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Kecerdasan naturalistik adalah kemampuan dalam melakukan
kategorisasi dan membuat hierarki terhadap keadaan organisme seperti tumbuh-
tumbuhan, biatang, dan alam. Tujuan dari penelitian ini adalah. (1)
Mendeskripsikan perbedaan Kecerdasan naturalis anak yang diajar sebelum
menggunakan permainan menumbuk biji jagung dan setelah menggunakan
permainan menumbuk biji jagung pada kelompok B RA Miftahul Ulum Singogalih
Tarik Sidoarjo (2) mendeskripsikan interaksi permainan menumbuk biji jagung
terhadap Kecerdasan naturalis pada kelompok B RA Miftahul Ulum Singogalih
Tarik Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-
Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok B RA Miftahul Ulum
Singogalih Tarik Sidoarjo sebanyak 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan
7 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes
menggunakan media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis
Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan
pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat
perbedaan Kecerdasan naturalis anak yang diajar sebelum menggunakan permainan
menumbuk biji jagung dan setelah menggunakan permainan menumbuk biji jagung
pada kelompok B RA Miftahul Ulum Singogalih Tarik Sidoarjo; 2) Terdapat
Interaksi permainan menumbuk biji jagung terhadap Kecerdasan naturalis pada
kelompok B RA Miftahul Ulum Singogalih Tarik Sidoarjo

 

Kata kunci: permainan menumbuk biji jagung, kecerdasan naturalis

Referensi

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.

Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Pena

Persada.

Fadlillah, M. P. I. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran

Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada Media.

Hanafi, M. Z. (2019). Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk

Anak Usia Dini. Deepublish.

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitia Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana.

Hermita, N. (2017). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak di SD. Deepublish.

Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.

Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun

Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir

Suprarasional.†UPI Sumedang Press.

Junita, J. (2018). Home Cooking ala Xander’s Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram. PT Gramedia

Pustaka Utama.

M. Fadlillah, M. P. I. (2019). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Prenada Media.

Mentari, E. G., Rahayu, M., Rahman, M. H., Lestari, P., Rahma, A., Purwasih, W., Kurniasari, N.,

Khairiah, D., & Wati, Y. E. R. (2020). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak

Usia Dini: Dilengkapi dengan Manajemen Perpustakaan dan Ekstrakurikuler. Hijaz

Pustaka Mandiri.

Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating

Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.

Muis, A. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. LAKSANA.

Naim, N., & Sauqi, A. (2008). Pendidikan multikultural: konsep dan aplikasi. Ar-Ruzz Media.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.

Pantera Publishing.

Ndari, S. S., & Chandrawaty. (2019). Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. EDU

PUBLISHER.

Nida’ul Munafiah, S. P. I., Sri Maisari, S. P., Ma’fiyatun Insiyah, S. P., Ajeng Ninda Uminar, S. P.,

Inayatul Maula, S. P., Rahimah, S. P. I., Hj. Rahimah, S. P., Muzdalifah, S. P., Mardiyan

Susianti, S. P. I., & Asmidar Parapat, S. P. (2018). Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis

Multiple Intelligence. Penerbit Mangku Bumi.

Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah,

dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.

Muhammadiyah University Press.

Rahman, M. H., Kurniasari, N., Kencana, R., Purwasih, W., Mentari, E. G., Muttaqin, M. A., Rahayu,

M., Wati, Y. E. R., Khairiah, D., & Rahma, A. (2020). Assesmen Pembelajaran PAUD:

Pendidikan Anak Usia Dini. Hijaz Pustaka Mandiri.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang

Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Sani, R. A., & Samatowa, U. (2019). Metode Pembelajaran Sains untuk Pendidikan Anak Usia

Dini. Tira Smart.

Soepono, S. (2001). Mengenal Pulau Madura. Departemen Pendidikan Nasional.

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei

Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Susianty Selaras Ndari, A. V. K. M., Dewi, R. S., & Kafkaylea, A. (2019) Metode Perkembangan

Sosial Emosi Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.

Suyadi, M. P. I. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.

Syamsidah. (2016). Kiat Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Taman Kanak-

Kanak. Deepublish.

Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.

BintangWahyu.

Yoniartini, D. M. (2020). Konsep Tri Hita Karana Bagi Anak Usia Dini. Literasi Nusantara.

Zainal, A. (2018). Menjaga Adat, Menguatkan Agama Katoba dan Identitas Muslim Muna.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09