MENJADI PENDIDIK YANG INSPIRATIF DAN MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI KALANGAN PESERTA DIDIK

Penulis

  • Robi’atul Adawiah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstrak

Literasi merupakan hal penting yang perlu dikembangkan pada era saat
ini. Berkembangnya zaman dengan berbagai kecanggihan membuat literasi
menjadi sedikit terbelakang. Teknologi yang berkembang dari zaman ke zaman
membuat lterasi terlupakan, bahkan perpustakaan di sekolah pun sepi karena
tergantikan dengan berbagai kecanggihan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk
memaparkan bagaimana pendidik yang inspiratif mampu meningkatkan minat
peserta didik dalam keterampilan literasi. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kualitatif deskripsi, pengumpulan data menggunakan metode kajian
litelatur atau studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya literasi
semakin terbelakang seiring berkembangnya zaman yang terus semakain canggih.
Peserta didik sendiri kurang memaknai literasi sebagai suatu budaya yang harus
terus dikembangkan. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya pelajar yang
kurang memiliki kemampuan berbahasa yang baik, tidak terbiasa membaca atau
bahkan menulis. Jadi, masih banyaknya peserta didik yang belum memahami dan
mengimplementasikan budaya literasi dalam kehidupannya sehingga pendidik
perlu menginspirasi peserta didiknya agar lebih mencintai literasi dan
menjadikannya sebagai budaya yang perlu untuk terus dikembangkan baik di era
saat ini maupun yang akan datang.

 

Kata Kunci: Inspirasi; Literasi; Pendidikan.

Referensi

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan

kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Angdreani, V., Warsah, I., & Karolina, A. 2020. Implementasi metode pembiasaan: upaya

penanaman nilai-nilai islami siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta'lim: Media Informasi

Pendidikan Islam, 19(1).

Evita, D. 2017. Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos [Internet,

Kominfo.go.id]. [cited, 02 Juni 2023]. Available from:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-

baca-tapi-cerewet-di-

medsos/0/sorotan_media#:~:text=Fakta%20pertama%2C%20UNESCO%20menyebutkan%2

Indonesia,sangat%20memprihatinkan%2C%20hanya%200%2C001%25

Hasbullah. 2015. Kebijkan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. 2020. Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat

Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen

Informatika (JAMIKA), 10(1), 24-26.

Idzhar, A. 2016. Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 222.

Jayusman, Iyus., Oka Agus Kurniawan Shavab. (2020). STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF

TENTANG AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA

PEMBELAJARAN EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal

Artefak, 7(1), 13-20.

Kobandaha, F. 2017. Pendidikan Inspiratif (Menjadikan Iklim Pembelajaran Bermakna). Tadbir:

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 118-123.

Monavia, A. R. 2023. Tingkat Kegemaran Membaca Warga Indonesia Meningkat pada 2022

[Internet, DataIndonesia.id], [cited, 02 Juni 2023]. Available from:

https://dataindonesia.id/ragam/detail/tingkat-kegemaran-membaca-warga-indonesia-

meningkat-pada-2022.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal

kependidikan, 5(2), 226-231.

Pendidik. 2023. Pada KBBI Daring, V 0.5.0 [Internet]. [cited, 01 Juni 2023]. Available from:

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/religiositas.

Permatasari, A. 2015. Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. In Prosiding Seminar

Nasional Bulan Bahasa UNIB (Vol. 148).

Priansa, D. J., Sentiana, S. S., & Kasmanah, A. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru: Fokus pada

Peningkatan Kualitas Sekolah, Guru, dan Proses Pembelajaran.

Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi

sekolah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1).

Sulistyorini dan Fathurrohman M. 2016. Esensi Manajemen Pendidikan Islam : Pengelolaan

Lembaga untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam. Yogyakarta. Kalimedia.

The Harris Poll. 2019. “Beyond Millennials: The Next Generation of Learners,†[Internet,

LearningNews], [cited, 10 Juni 2023. Available from:

https://www.pearsonlearned.com/beyond-millennials-the-next-generation-of learners/.

Warsah, I. 2021. Pendidik Inspiratif. Deepublish.

Widiarto, A. 2020. Analisis Kebijakan Pengelolaan Guru di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-

Masalah Sosial, 2.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09