PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS V SD 5 KLALING

Penulis

  • Risma Maula Malasari Universitas Muria Kudus
  • Farhana Nur Azura Universitas Muria Kudus
  • Afua Febrianti Universitas Muria Kudus
  • Ema Rosilia Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui terdapat seberapa besar
pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan pemahaman
konsep matematika siswa di SD Negeri 5 Klaling pada mata pelajaran matematika.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode one grup pretest-
posttest design yang digunakan untuk mengetahui perbedaan dari suatu perlakuan
terhadap subjek. Sampel pada penelitian berjumlah 29 siswa. Instrumen yang
dipergunakan didalam penelitian ini ialah instrument test soal berupa prestest dan
posttest . Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapati hasil uji prasyarat
analisis pada data pre-test dan post-test siswa berdistribusi normal. Selanjutnya,
hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji Paired Samples T-Test
menunjukan signifikansi (2-tailed) dari Pre-test dan Post-test adalah 0.000 < 0.05
dari hasil tersebut dinyatakan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar
matematika materi bangun ruang terhadap siswa kelas V dengan menggunakan
model pembelajaran berbasis audiovisual di kelas V. Dengan demikian, dapat
diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran audiovisual memberikan
pengaruh terhadap kemmapuan pemahaman konsep matematika siswa kelas 5 SD
Negeri 5 Klaling.

 

Kata Kunci: Media; Audio visual; Matematika.

Referensi

Adnyana, Wira. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Audio

Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika.†International Journal of

Elementary Education. doi: 10.23887/ijee.v2i2.14409.

Amelia, Cintya, and Alberth Supriyanto Manurung. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran

Audiovisual Powtoon Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di

Sekolah Dasar.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3):4346–55. doi:

31004/edukatif.v4i3.2848.

Angreini, Dian, Muhiddin Muhiddin, and Nurlina Nurlina. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media

Audio Visual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri

Bontoramba.†Edumaspul: Jurnal Pendidikan. doi: 10.33487/edumaspul.v4i1.199.

Azizah, Azizah, and Nurul Fatimah. 2022. “PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP

MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KAPOPO.†Autentik : Jurnal

Pengembangan Pendidikan Dasar. doi: 10.36379/autentik.v6i1.123.

Fauzyah, S, N. A. Hamdani, and ... 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis

Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas V Di

SD Negeri 1 ….†TEKNOLOGI ….

Fauzyah, Syiva, Nizar Alam Hamdani, and Achmad Margana. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media

Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Kompetensi Dasar

Matematika Kelas V Di SD Negeri 1 Cimaragas.†Jurnal Teknologi Pendidikan Dan

Pembelajaran.

Fauzyah, Syiva, Nizar Alam Hamdani, Maskur, and Achmad Margana. 2019. “PENGARUH

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP

PENINGKATAN MOTIVASI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA KELAS V DI

SD NEGERI 1 CIMARAGAS A . PENDAHULUAN Masalah Proses Belajar Mengajar

Secara Umum Terjadi Di Kelas . Kelas Dalam Arti Sem.†Jurnal Teknologi Pendidikan Dan

Pembelajaran 4(1):799–815.

Halawati, F. 2021. “Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Audio Visual Pada Masa

Pandemi Covid-19.†JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains.

Kurniawan, D., A. Asiyah, and A. Topano. 2021. “Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa Yang

Diajar Dengan Menggunakan Media Audio Dan Media Audio-Visual Pada Kelas V Di SD

Negeri 58 Kota Bengkulu.†ISEJ: Indonesian Science Education ….

Mahmudah, Indri, Andi Prastowo, and Sunedi Sunedi. 2022. “Model Drill and Pratice Berbasis

Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah

Dasar.†Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6(3):2652–59. doi:

31004/cendekia.v6i3.1202.

Maya Afriana Siswanto, Ratnawati Susanto. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual

Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI.†Jurnal Riset Tindakan Indonesia.

Meilandari, Ni Kadek Mendung, and Nice Maylani Asril. 2022. “Media Pembelajaran Audio Visual

Berbasis Video Scribe Pada Penjumlahan Pecahan Kelas V Sekolah Dasar.†MIMBAR PGSD Undiksha. doi: 10.23887/jjpgsd.v10i3.52484.

Mulyadi, Febry Fahreza, and Rendi Julianda. 2018. “PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL

UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA

KELAS V SDN LANGUNG.†Visipena Journal. doi: 10.46244/visipena.v9i1.428.

Prasetia, Fargil. 2016. “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika.†Jkpm

(02):257–66.

Prasetiya, Rudi, Pratjojo, and Veryliana Purnamasari. 2017. “Pengembangan Media Audio Visual (

VIDEO ) Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 04 Mejobo Kudus.†Seminar Nasional PGSD

Pratiwi, Shalsa Misherina, and Ika Rahmawati. 2022. “Pengembangan Media V-MAU Berbasis

RME Dalam Konsep Perkalian Sebagai Penjumlahan Berulang.†JPGSD.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09