PENERAPAN KEGIATAN MELUKIS DENGAN JARI (FINGER PAINTING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA KELOMPOK B TK MEMBINA BAKAT SISWA (MBS) KEBONDALEM MOJOSARI MOJOKERTO
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan motorik halus anak yang diajar sebelum menggunakan kegiatan
melukis dengan jari (Finger painting) dan setelah menggunakan kegiatan
melukis dengan jari (Finger painting) pada Kelompok B TK Membina Bakat
Siswa (MBS) Kebondalem Mojosari Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi
kegiatan melukis dengan jari (Finger painting) terhadap kemampuan motorik
halus pada Kelompok B TK Membina Bakat Siswa (MBS) Kebondalem
Mojosari Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time
series one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada Kelompok
B TK Membina Bakat Siswa (MBS) Kebondalem Mojosari Mojokerto
sebanyak 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.
Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media
WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah
(Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan pada
pengamatan dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat
perbedaan kemampuan motorik halus anak yang diajar sebelum
menggunakan kegiatan melukis dengan jari (Finger painting) dan setelah
menggunakan kegiatan melukis dengan jari (Finger painting) pada Kelompok
B TK Membina Bakat Siswa (MBS) Kebondalem Mojosari Mojokerto; 2)
Terdapat Interaksi kegiatan melukis dengan jari (Finger painting) terhadap
kemampuan motorik halus pada Kelompok B TK Membina Bakat Siswa
(MBS) Kebondalem Mojosari Mojokerto
Â
Kata kunci: melukis dengan jari, motorik halus
Referensi
Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.
Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana.
Himawanto, Y. N. H. W. (2017).
Statistik Pendidikan. Deepublish.
Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun
Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir
Suprarasional.†UPI Sumedang Press
Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity
with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.
Pantera Publishing.
Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah, dan
Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.
Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.
Muhammadiyah University Press.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang
Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.
Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei
Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.
Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.
BintangWahyu.