IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN EFEKTIVITAS PERAN GURU
Abstrak
Kurikulum Merdeka Belajar adalah sebuah kebijakan pendidikan yang
diperkenalkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia. Tujuan
utama kebijakan ini adalah memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih,
mengakses, dan mengelola proses pembelajaran mereka sendiri. Namun,
keberhasilan implementasi kebijakan ini sangat bergantung pada efektivitas peran
guru dalam memfasilitasi dan membimbing siswa dalam meraih tujuan
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan
Kurikulum Merdeka Belajar dan mengukur efektivitas peran guru dalam konteks
ini. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan wawancara terhadap
guru-guru di beberapa sekolah di Indonesia yang telah menerapkan Kurikulum
Merdeka Belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan
Kurikulum Merdeka Belajar telah memberikan dampak positif dalam
meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Siswa memiliki
kebebasan untuk menentukan jalur pembelajaran mereka sendiri sesuai dengan
minat, bakat, dan kebutuhan pribadi mereka. Kurikulum ini juga mendorong
penggunaan teknologi dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat mengakses
sumber daya pembelajaran yang lebih luas dan beragam
Â
Kata Kunci: efektivitas; kurikulum merdeka belajar; peran guru
Referensi
Amelia, N., Dilla, S. F., Azizah, S., Fahira, Z., & Darlis, A. (2023). Efektivitas Peran Guru Dalam
Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 421-426.
Daga, A. T. (2022). Penguatan peran guru dalam implementasi kebijakan Merdeka Belajar di sekolah
dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Sekolah Dasar, 6(1), 1-24.
Efyanto, D. (2021). Analisis Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar Pada Kurikulum
SMK (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Tugas Mata
Kuliah Mahasiswa, 37-46.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran
kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.
Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar†di era society 5.0. Santhet:(Jurnal Sejarah,
Pendidikan, Dan Humaniora), 5(1), 66-78.
Priana, W., Pudjo, H., Sishadiyati, S., & KW, N. I. (2020). Implementasi Kebijakan Merdeka
Belajar. Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik (JSEP), 1(4).