PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PANJURANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD 1 PRAMBATAN KIDUL

Penulis

  • Putri Elni Melati Universitas Muria Kudus
  • Ronald Oktavianus Universitas Muria Kudus
  • Suci Agustina Universitas Muria Kudus
  • Zhafarina Harin W Universitas Muria Kudus
  • Fatikhatun Najikhah Universitas Muria Kudus

Abstrak

Papan penjumlahan dan pengurangan atau bisa disebut dengan
PANJURANG adalah sejenis papan yang mengajarkan kepada siswa bagaimana
menerapkan ide penjumlahan dan pengurangan bilangan. Motivasi di balik kajian
ini adalah untuk menumbuhkan sebuah alat bantu peraga instruktif sebagai papan
pemuaian dan pengurangan, yang disebut "PANJURANG", untuk Aritmatika
dalam percakapan pemuaian dan pengurangan logaritma bilangan bulat untuk
kelas 1 di SD 1 Prambata Kidul, wilayah Kudus. Ujian ini menggunakan teknik
Research and Development (Innovative work) dengan model advance mengacu
pada improvement model oleh Borg and Nerve yang telah diubah, ada 9 langkah
menuju pelaksanaan metodologi kerja inovatif, yaitu: ( 1) Potensial permasalahan,
2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6)
Uji coba produk, 7) Revisi, 8) Uji coba penggunaan, 9) Revisi produk Siswa kelas
1 SD 1 Prambatan Kidul, Kabupaten Kudus, menjadi subjek penelitian ini yang
dirancang untuk membantu siswa memahami konsep penjumlahan dan
pengurangan melalui sarana visual dan interaktif. Prosedur pemilahan informasi
diperoleh melalui tes dan persepsi yang disusundigunakan untuk mengevaluasi
efektivitas alat peraga serta menilai respons dan tanggapan siswa terhadap
penggunaannya. Hasil analisis awal pengembangan media PANJURANG dengan
berbagai revisi sehingga mendapatkan validasi Ahli media dengan skor 80 rerata
5 dengan kategori “sangat baikâ€. Peneliti kemudian mengukur perbandingan hasil
belajar siswa dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Nilai rata-
rata siswa pada pre-test adalah 47,5, dan nilai rata-rata pada post-test setelah siswa
menggunakan media PANJURANG adalah 81,8, menunjukkan peningkatan hasil
belajar sebesar 72 persen. Hasilnya, hasil belajar matematika kelas 1 SD 1
Prambatan Kidul meningkat berkat penggunaan media PANJURANG yang layak
digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

 

Kata kunci : alat peraga matematika, aljabar, kelas 1 sekolah dasar

Referensi

Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH

MATERI PECAHAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.

Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3).

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28258

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam

Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora |

Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Maiti, & Bidinger. (1981). Sumber Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9),

–1699.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09