ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PERMULAAN BELAJAR MEMBACA KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Nia Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Nabila Nabila Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Darun Faatin Nabilah Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Kesulitan belajar adalah hambatan atau gangguan yang dialami oleh
anak atau remaja yang disebabkan adanya ketidakseimbangan antara ilmu
pengetahuan dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak ataupun remaja yang
seharunya bisa dicapai. Maka tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor-
faktor penyebab kesulitan belajar siswa di sekolah dasar (SD) dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran.Penelitian ini diambil pada saat peneliti mengikuti program
Kampus Mengajar 4 di sekolah SD Ibnu Husain Surabaya yang terhitung dari
bulan Agustus hingga Desember 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada kegiatan
penelitian yaitu lembar observasi, catatan lapangan, serta wawancara siswa dan
guru. Hambatan dan gangguan disebabkan oleh 2 faktor yakni faktor internal dan
faktor eksternal, peran guru dan orang tua sangat dibutuhkan, mereka merupakan
kunci keberhasilan belajar anak. Karena peran mereka sangat penting dalam
kehidupan keseharian anak dalam memberikan bimbingan, edukasi, serta
memahami perkembangan potensi dan kecerdasan anak

 

Kata kunci: Kesulitan belajar, Membaca, Sekolah Dasar

Referensi

Drs. H. Mulyadi, M.Pd.I, Diagnosis kesulitan belajar dan bimbingan terhadap kesulitan belajar

khusus, Malang : Nuha Litera (2010)

Drs. H. Mulyadi, M.Pd.I, Diagnosis kesulitan belajar dan bimbingan terhadap kesulitan belajar

khusus, Malang : Nuha Litera (2010) hal 123 – 126 Analisis Kesulitan Belajar Membaca

Siswa Sekolah Dasar https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2849/2191

Khairunnisak. (2015). Efektivitas Media Kartu dalam pembelajaran membaca permulaan Jurnal

ilmiah Dikdaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 15(2), 136-

https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.577

Komarudin, & Widyana, R. (2016) Efektivitas Metode Analisis Glass untuk meningkatkan

Kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan membaca kelas III sekolah dasar.

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(2),178 – 190

https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i2.381.

Psikologi Pendidikan, Diagnostik Kesulitan Belajar (DKB), Program Studi Bimbingan dan

Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta,

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/sugiyanto-mpd/26-bab-6.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09