UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU

Penulis

  • Natasya Salsabila Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Firda Aprilia Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Alya Ardiana Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca
menulis permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 04 Punduhsari, Kecamatan
Manyaran, dengan menerapkan pembelajaran terpadu. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melibatkan
kolaborasi antara peneliti, guru, dan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga
siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan,
pengamatan dan evaluasi, serta refleksi dan reaksi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan pembelajaran terpadu dapat meningkatkan kemampuan
membaca menulis permulaan siswa kelas I, dengan nilai rata-rata meningkat dari
65,00 menjadi 75,28. Peningkatan ini didukung oleh keterpaduan empat aspek
kebahasaan dan kreativitas siswa dalam memanfaatkan lingkungan sebagai
sumber belajar. Penelitian ini juga mengungkapkan adanya korelasi antara
kemampuan membaca dan menulis siswa serta keberanian mereka dalam bertanya
dan menjawab.

 

Kata Kunci: Pembelajaran terpadu; Membaca menulis permulaan;
Penelitian Tindakan Kelas (PTK); Keterpaduan kebahasaan; Kreativitas
siswa.

 

Referensi

Collins, G., & Dixon, H. (1991). Integrated Learning: Planned Curriculum Units. Stage 3. Bookshelf

Publishing Australia.

Dasar, B. P. K. D. P. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Disdik.

Fu, G. S. (1998). Teaching by principles: An Interactive approach to language pedagogy. Asian

Journal of English Language Teaching, 8, 117-123.

Darmiyati Zuchdi. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta:

PAS.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1993). Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas

I, II di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen P dan K.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1995). Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di

Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen P dan K Dirjen Dikdasmen.

Departemen Pendidikan Nasional. (2000). Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah

Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia SD dan MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar. Semarang: Dinas

Pendidikan dan Kebudayaan.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Peraturan

Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah pada Kegiatan

Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah. Jakarta: Peraturan Mendiknas Nomor 12 Tahun

Enco Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Esther Kartika. (2008). Kemampuan Dasar Menulis. Jurnal Bahasa dan Sastra, No. 03/Th/ Desember

Fogarty, R. (1991). How To Integrate The Curricula. Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Fruehling, R. T., & Oldhan, N. B. (1996). Write to The Point. New York: Mc. Wenston Ins.

Herman J. Waluyo. (2006). Pengantar Filsafat Ilmu. Salatiga: Widya Sari Press.

Iman dkk. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Dit. PLP Ditjen

Dikdasmen Depdiknas.

Jazir Burhan. (1971). Problematika Bahasa dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Ganaco.

Kaherudin Kurniawan. (2008). Keterampilan Menulis. Diakses pada 11 September 2008, dari

http://www.ialf.edu/kipbipa/paper/.doc

Lerner, J. W. (1988). Learning Disabilities: Theories, Diagnosis, and Teaching Strategies. New

Jersey: Haughton Mifflin Company.

Lexy J. Moleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Malik Tachir A. (2003). Pandai Membaca dan Menulis I. Petunjuk Guru Sekolah Dasar Kelas I.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mc Niff, J. (1991). Action Research: Principle and Practice. London: Routledge.

Muhamad Ilyas. (2008). Efektivitas Membaca Menulis Permulaan. Diakses pada 4 April 2008, dari

http://www.unmul.ac.id/online/abstrak.html (3 Of 48)

Mulyono Abdurrahman. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sudjana. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Nasution, S. (1978). Azas-azas Kurikulum. Bandung: Terate.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09