EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Mujtaba Ahmad Universitas Muria Kudus
  • Fatikhah Aprilia Putri Universitas Muria Kudus
  • Salha Hamidah Universitas Muria Kudus
  • Siti Nuryanah Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan pembelajaran
Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jenis penelitian
ini menggunakan metode RnD dengan alur ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation and Evaluation) yang dikembangkan menggunakan model PBL dan
ceramah dengan materi bangun datar. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3A dan
3B yang berjumlah 21 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Jenis
instrument penelitian terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil
belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata antara model
pembelajaran PBL dan model pembelajaran ceramah. Pembelajaran Project Based
Learning memiliki skor rata-rata 76,316, sedangkan pembelajaran berbasis ceramah
memiliki skor 74,762. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor yaitu guru
menggunakan model pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif maka akan
membuat siswa menjadi semangat dalam belajar, sehingga hasil yang dicapai
cenderung meningkat.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran Project Based Learning; Hasil Belajar;
ADDIE

Referensi

Amiluddin, R. and Sugiman, S. (2016) ‘Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar,

dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika’, Jurnal Riset Pendidikan

Matematika, 3(1), pp. 100–108.

Amir, N.F. et al. (2020) ‘PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA

PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR (The Use of Problem Based-

Learning (PBL) Learning Model in Thematic Teaching for the Elementary School’s

Students)’, Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(2), pp. 22–34.

Dahlia, D. (2022) ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan

Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah’, Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan,

(2), pp. 59–64.

Dewi, D.T. (2020) ‘Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kritis Siswa’, 12(1), pp. 1–14.

Gusti Ayu Diah Ariesta Dewi, Ni Wayan Rati and Gusti Ayu Putu Sukma Trisna (2022) ‘Media

Kober (Kotak Berhitung) Berbasis Permainan Spin Wheel pada Muatan Matematika’, Jurnal

Pedagogi dan Pembelajaran, 5(3), pp. 465–474.

Husnah, M. (2017) ‘HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN’, 01, pp. 10–

Mi, M.S.D. (2020) ‘Jurnal Inovasi Penelitian’, 1(5).

Nabila, N. (2021) ‘Konsep Pembelajaran Matematika Sd Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget’,

JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), pp. 69–79.

Saragi, R., Tegeh, I.M. and ... (2021) ‘Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learnig

menggunakan VideoScribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V’, Jurnal

Edutech …, 10(1), pp. 98–107.

Widayanti, Y. (2020) ‘Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Modul Pembelajaran

Berbasis Problem Based Learning ( PBL )’, 1(1), pp. 166–174.

Musanna, A., Wibowo, U. B., & Hastutiningsih, A. D. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas

Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,

(1), 117.

Wardani, D. K., & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning

terhadap Hasil Belajar Matematika. 207–213.

Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based

Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5

SD. Kalam Cendekia.

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning

(PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi

Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150.

Hapsari, D. I., Airlanda, G. S., Profesi, P., Universitas, G., & Satya, K. (2018). Penerapan Project

Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V

Implementation of Project Based Learnng To Improve Mathematics Learning Motivation the.

Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154–161.

Tascı, B. G. (2015). Project Based Learning from Elementary School to College, Tool: Architecture.

Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 770–775.

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). 4, 1526–1539

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09