INOVASI MODEL, STRATEGI ATAU METODE PEMBELAJARAN DI ERA 4.0 YANG SERBA DIGITAL

Penulis

  • Muhammad Zidan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstrak

Era Revolusi Industri 4.0 merupakan era dimana pengetahuan dan
teknologi berkembang dengan sangat cepatmengakibatkan perubahan cepat dan
kompetitif (Yusnaini & Slamet, 2019).Di era 4.0 yang serba digital memudahkan
manusia untuk melakukan aktivitas dengan efektif dan efisien.Pembelajaran di era
digital yang pernah terjadi di masa masa pandemi,tak membuat dunia pendidikan
atau belajar menjadi terhambat.Inovasi diperlukan untuk memecahkan berbagai
macam masalah dalam kehidupan manusia.Dengan adanya inovasi pembelajaran
dimasa covid-19 terjadinya pembelajaran daring dimana pembelajaran dilakukan
secara online.Inovasi pembelajaran tersebut pemecahan masalah dialami disaat
masa itu.Inovasi dalam pembelajaran di era digital sangat dimanfaatkan dimana
media media yang begitu banyak dan canggih dalam kegiatan belajar mengajar,
seperti mencari informasi dan pengetahuan yang luas.Berikut beberapa inovasi
model pembelajalan di era digital yang dapat diterapkan:1).Blended learning
adalah model pembelajaran campuran yang mengkombinasikan antara
pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring.2).Cloud learning adalah
model pembelajaran yang pelaksanannya secara tatap muka, namun materinya
terdokumentasi secara digital dalam penyimpanan awan.3).Hybird learning adalah
model pembelajaran yang juga mengkombinasikan antara model pembelajaran
tatap muka dengan pembelajaran daring.Adapun juga strategi atau metode
pembelajaran yang dilakukan era digital ini sangat bervariatif yang membuat
peserta tidak terhindar dari masalah pendidikan di era globalisasi atau era digital
ini.Beberapa strategi pembelajaran yang diterapkan di era 4.0, seperti 1.
Pembelajaran sangat efektif dan efisien. 2. Terbuka terhadap dunia luar dan dunia
digital 3.Pengetahuan menjadi luas. 4.Pengutan pendidikan karakter.

 

Kata Kunci: Era 4.0, Digital, Inovasi, Strategi atau metode pembelajaran

Referensi

Abdul Fattah Nasution, Metode Penelitian Kualitatif, Harfa Creative, 2023

Ahmad Mukhlasin. Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. 2019

Annisa Dwi Hamdani. Pendidikan di Era Digital Yang Mereduksi Nilai Budaya. 2021

Delipiter Lase. Pendidikan di era revolusi industri 4.0. 2019

Dini Palupi Putri. Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. 2018

Eko Risdianto. Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. 2019

Faulinda Ely Nastiti, Aghni Rizqi Ni’mal‘Abdu. Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era

society 5.0. 2020

HBA Jayawardana, Rina Sugiarti Dwi Gita. Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0

Prosiding Seminar Nasional Biologi 6 (1), 58-66, 2020

Jesika Dwi Putriani, Hudaidah Hudaidah. Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri

0. 2021

Mulyadi Mulyadi, Konflik Sosial Ditinjau Dari Segi Struktur dan Fungsi.Humaniora 14 (3), 11620,

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan

Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.

Sigit Priatmoko. Memperkuat Eksistensi pendidikan Islam di era 4.0. 2018

Sri Nurabdiah Pratiwi. Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Pendidikan Di Era 4.0. 2020

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran.

Online)(http://smacepiring. wordpress. com).

Syamsuar Syamsuar, Reflianto Reflianto. Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi

informasi di era revolusi industri 4.0. 2019

Taufik Nur Azis. 2019 Strategi pembelajaran era digital the annual conference on islamic education

and sosial science 1(2), 308-318, 2019

Taufiq Nur Azis. Strategi pembelajaran era digital. 2019

Verdinandus Lelu Ngongo, Taufiq Hidayat, Wiyanto Wiyanto. Prosiding Seminar Nasional Program

Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Pendidikan Di Era Digital. 2019

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09