PENERAPAN NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Profil pelajar pancasila merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan
mutu pendidikan yang mengedepankan pembentukan karakter. Pelajar pancasila
mewujudkan pelajar Indonesia sebagai pembelajar sepanjang hayat yang memiliki
kompetensi global yang bertindak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menerapkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila melalui
pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah
jenis penelitian kualitatif menggunakan metode studi literature dan mengunjungi
website yang menyajikan informasi berkaitan dengan penerapan nilai – nilai profil
pelajar Pancasila melalui pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual relevan dengan profil
pelajar pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berkebinekaan
global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Dari paparan di atas
dapat disimpulkan bahwa menunjukkan pembelajaran kontekstual relevan dengan
profil pelajar pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME,
berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Profil
pelajar pancasila merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan mutu
pendidikan yang mengedepankan pembentukan karakter.
Â
Kata Kunci: kontekstual; pancasila; pelajar
Referensi
Andriani, R., Innayah, I. N., & Ahsani, E. L. F. (2022). Implementasi Model Pembelajaran
Kontekstual dengan Media Talking Stick untuk Menumbuhkan Karakter Profil Pelajar. Tanjak:
Journal of Education and Teaching, 3(2), 89–100.
Bhughe. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan
Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113.
https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954
Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING
LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MURID SEKOLAH DASAR. Mahaguru:
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 42–47. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.327
Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of
Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya
Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). INTEGRASI NILAI KARAKTER DIPONEGORO
DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI
SEKOLAH DASAR THE. 16.
Jamaludin, Alanur, Amus, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan
Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709.
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553
Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar
Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas,
(3), 698–709.
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar
Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1–9.
https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa
di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.
Mery, Martono, Halidjah, H. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan profil pelajar pancasila ditinjau dari
konsep kurikulum merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil
Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As),
, 1–8.
Parhan, M., & Sukaenah, S. (2020). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 360.
https://doi.org/10.17977/um019v5i2p360-368
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan
Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.
https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Ristiani, E., Wardana, Y. S., & Purnamasari, I. (2022). View of Analisis Nilai-Nilai Profil Pelajar
Pancasila pada Film G30S_PKI untuk Anak Sekolah Dasar.pdf.
Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila
dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230.
https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila
Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3041–3052.
https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095
Sulastri, Syahril, Sabandi, A., & Ermita. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar
pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583.
https://doi.org/10.29210/30032075000
Susilawati, E., & Sarifuddin, S. (2021). INTERNALISASI NILAI PANCASILA DALAM
PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBANTUAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–
Tricahyono, D. (2022). UPAYA MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI
DESAIN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KEBHINEKATUNGGALIKAAN.
Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 67–70.
Uktolseja, N. F., Nisa, A. F., Arafik, M., & Wiarsih, N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar
Pancasila melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Project Based Learning Di Sekolah Dasar.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 151–158.
https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/12369
Wibiyanto, F. S. (2021). Analisis faktor pendukung dan penghambat pembentukan profil pelajar
pancasila di sekolah. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2.
Yunita, R. (2022). ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR
PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VII E DI SMP
NEGERI 1 MUARO JAMBI SKRIPSI. 33(1), 1–12