PENERAPAN NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Muhammad Ilham Rifqyansya Fauzi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Erlita Zanya Rini Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Siti Qomariyah Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Profil pelajar pancasila merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan
mutu pendidikan yang mengedepankan pembentukan karakter. Pelajar pancasila
mewujudkan pelajar Indonesia sebagai pembelajar sepanjang hayat yang memiliki
kompetensi global yang bertindak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menerapkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila melalui
pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah
jenis penelitian kualitatif menggunakan metode studi literature dan mengunjungi
website yang menyajikan informasi berkaitan dengan penerapan nilai – nilai profil
pelajar Pancasila melalui pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual relevan dengan profil
pelajar pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berkebinekaan
global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Dari paparan di atas
dapat disimpulkan bahwa menunjukkan pembelajaran kontekstual relevan dengan
profil pelajar pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME,
berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Profil
pelajar pancasila merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan mutu
pendidikan yang mengedepankan pembentukan karakter.

 

Kata Kunci: kontekstual; pancasila; pelajar

Referensi

Andriani, R., Innayah, I. N., & Ahsani, E. L. F. (2022). Implementasi Model Pembelajaran

Kontekstual dengan Media Talking Stick untuk Menumbuhkan Karakter Profil Pelajar. Tanjak:

Journal of Education and Teaching, 3(2), 89–100.

Bhughe. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan

Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113.

https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING

LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MURID SEKOLAH DASAR. Mahaguru:

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 42–47. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.327

Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of

Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya

Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). INTEGRASI NILAI KARAKTER DIPONEGORO

DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI

SEKOLAH DASAR THE. 16.

Jamaludin, Alanur, Amus, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan

Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709.

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar

Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas,

(3), 698–709.

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar

Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1–9.

https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa

di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.

Mery, Martono, Halidjah, H. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar

Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan profil pelajar pancasila ditinjau dari

konsep kurikulum merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil

Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As),

, 1–8.

Parhan, M., & Sukaenah, S. (2020). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pembelajaran

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 360.

https://doi.org/10.17977/um019v5i2p360-368

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar

Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan

Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.

https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Ristiani, E., Wardana, Y. S., & Purnamasari, I. (2022). View of Analisis Nilai-Nilai Profil Pelajar

Pancasila pada Film G30S_PKI untuk Anak Sekolah Dasar.pdf.

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila

dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230.

https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila

Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3041–3052.

https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095

Sulastri, Syahril, Sabandi, A., & Ermita. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar

pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583.

https://doi.org/10.29210/30032075000

Susilawati, E., & Sarifuddin, S. (2021). INTERNALISASI NILAI PANCASILA DALAM

PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBANTUAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–

Tricahyono, D. (2022). UPAYA MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI

DESAIN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KEBHINEKATUNGGALIKAAN.

Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 67–70.

Uktolseja, N. F., Nisa, A. F., Arafik, M., & Wiarsih, N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar

Pancasila melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Project Based Learning Di Sekolah Dasar.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 151–158.

https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/12369

Wibiyanto, F. S. (2021). Analisis faktor pendukung dan penghambat pembentukan profil pelajar

pancasila di sekolah. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2.

Yunita, R. (2022). ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR

PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VII E DI SMP

NEGERI 1 MUARO JAMBI SKRIPSI. 33(1), 1–12

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09