PENGARUH KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI DALAM KELAS 5 SD 2 DERSALAM

Authors

  • Muhammad Ichsan Abdul Lathif Universitas Muria Kudus
  • Eva Lailatul Manjilah Universitas Muria Kudus
  • Fermana Valen Aguilera Universitas Muria Kudus
  • Navita Wafiq Khayriyah Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk membuktikan ada atau
tidaknya pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran
matematika pada siswa kelas V SDN 2 Dersalam Tahun Pelajaran 2022/2023.
Sampel yang ada pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2
Dersalam dengan jumlah 11 anak. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan teknik kuisioner berupa angket yang berisi soal sesuai dengan
indikator keaktifan siswa dan dokumentasi yang berupa data raport nilai
matematika semester 1 siswa. Hasil yang didapat melalui analisis deskriptif
sebanyak 2% siswa termasuk kedalam kategori tinggi, 74% siswa termasuk
kedalam kategori sedang, dan 28% siswa termasuk kedalam kategori rendah. Hal
tersebut menunjukkan jika tingkat keaktifan siswa berada di kategori sedang
yaitu sebesar 74%. Berdasarkan analisis data menggunakan analisis regresi linear
sederhana menunjukkan variable X (Keaktifan Siswa) berpengaruh signifikan
terhadap variable Y (Hasil Belajar Siswa). Dimana variable X (Keaktifan Siswa)
sebesar 0,008 < 0,05. Yang menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh nilai yang signifikan dan positif
antara aktivitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 2
Dersalam.

 

Kata Kunci: Keaktifan belajar; hasil belajar; aktivitas belajar siswa;
analisis

References

Achdiyat, M. (2016). Prestasi belajar matematika ditinjau dari kepercayaan diri dan keaktifan siswa

di kelas. 6(1), 50–61.

Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Materi

Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick

Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Papar Tahun 2016/2017, 87(1,2), 149–200.

Fitriana S. Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri. J Educ Sci Technol.

;1(2):86-101. doi:10.26858/est.v1i2.1517

Donny, Anhar Fahmi, Maulana AH. KORELASI NILAI ULANGAN HARIAN, NILAI ULANGAN

TENGAH SEMESTER, DAN NILAI ULANGAN AKHIR SEMESTER, DENGAN NILAI

RAPORT SEMESTER GASAL MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BAE

KUDUS. 2014;4:19-28.

Ekawati, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

Siswa. Padegodik, 1(2), 119–130.

Evrialiani Rosba. Faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa kelas IV B SD. J Pendidik

Guru Sekol Dasar. 2016;17:621.

Fadjrin, N. N., Nahdlatul, U., Al, U., & Cilacap, G. (2017). Jurnal MathGram Matematika, Vol 2 No 1

April 2017 Hubungan Keaktifan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Kelas VIII. 2(1), 1–8.

Gayatri, Sulistyarini, & Sumartono, B. G. (2019). Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil

Belajar Praktik Pembelajaran Mesin Bisnis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(11), 1–8.

Lestari, S. (2022). Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X

MIPA SMAN 1 Padang Gelugur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Faridatus Solicha dan Ilma Dwi Cahyanti. Pengaruh keaktifan siswa dan komunikasi matematis

terhadap prestasi belajar matematika siswa. 2020;6:63-76.

Ningsih, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X di SMAN 2

Gunung Sahilan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 157–163.

Puspitasari, R., Basori, M., & Aka, K. A. (2022). 738-Article Text-4106-3-10-20221229. 4(2), 325–335.

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.738

Rahmadani S, , Mufarizuddin YYK. Analysis of factors affecting learning activities of elementary

school students (qualitative descriptive research on fifth grade students of sd negeri 004

bangkinang kota). 2023;2:45-53.

Rezky, R., Jais, E., Ugi, L. E., & Hara, N. (2021). Pengaruh Keaktifan Belajar Matematika Terhadap

Hasil Belajar Siswa SD. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(2), 95–104.

https://doi.org/10.29303/jm.v3i2.3153

Suwarni La Usa FM. Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar

Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sampolawa. 2021;7:87-92.a.

Susilowati, E. (2021). Volume 8 Nomor 2 November 2021 PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR

SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 SDN

TAKTAKAN I

Wibowo N. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di

Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat Educ. 2016;1(2):128-139.

doi:10.21831/elinvo.v1i2.10621

Zamzani, N., Febryanti, F., & Rahayu, A. (2022). Pengaruh Keaktifan Belajar dan Minat Belajar

terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1),

https://doi.org/10.35329/jp.v4i1.2870

Royani F, Sawiji H, Ninghardjanti P. Pengaruh Keaktifan Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar

Siswa Kelas XII SMK N 1 Banyudono 2019/2020. J Inf Dan Komun. 2020;4(2):112-122.

Published

2023-08-09