EFEKTIVITAS MODUL BELAJAR LITERASI DAN NUMERASI TEMA 7 SUBTEMA 1 TERHADAP KOMPETENSI LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul belajar
literasi numerasi tema 7 subtema 1 terhadap kompetensi literasi numerasi siswa kelas
V Sekolah Dasar yang ditinjau dari hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VB SDN 104208 Cinta Rakyat yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian pre-experimental dengan rancangan one-shot case study atau
pemberian treatment diikuti dengan posttest pada suatu kelompok. Data yang
digunakan adalah data primer. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah instrument tes dengan bentuk esai. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes, kemudian data dianalisis dengan uji normalitas sebagai prasayarat one
tailed sample t-test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan modul belajar
literasi numerasi tema 7 subtema 1 efektif digunakan terhadap pembentukan
kompetensi literasi numerasi siswa. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji t dimana
nilai sig. 0,00 < a. 0,05. Hasil uji t tersebut didukung dengan nilai rerata siswa yaitu
84,17 atau lebih besar dari kriteria ketuntasan minimal.
Â
Kata Kunci: Modul; Literasi Numerasi; Sekolah Dasar
Referensi
Amari, S. (n.d.). Kelebihan dan Kekurangan Bahan Ajar Cetak.
Anwar, M. K., Laasiliyah, M. L., Ayun, N., & Romdhoni, V. A. (2021). Kajian Teoritis Integrasi
Literasi Numerasi dalam Modul IPA SMP. Proceeding of Integrative Science Education
Seminar (PISCES), 1, 441–448.
D, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi
Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. Retrieved from
https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381
Feriyanti, N. (2019). Pengembangan e-modul matematika untuk siswa SD. Teknologi Pendidikan
Dan Pembelajaran, 6(1), 1–12.
Gustinasari, M., Lufri, & A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai
Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, 1(1), 2354–8363. Retrieved
from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bioeducation/article/view/7154
Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Imajiner: Jurnal Matematika dan
Pendidikan Matematika Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematikan Dan
Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.).
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan (Vol. 8).
Kemendikbud. (2020). Modul Belajar Siswa.
Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi
dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791.
Retrieved from http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-
Lestari, R., Faelasofi, R., & Suminto, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Numerasi Pada
Pembelajaran Jarak Jauh. JURNAL E-DuMath, 7(2), 42–50. Retrieved from
https://doi.org/10.52657/je.v7i2.1543
Naibaho, T. (2022). Penguatan Literasi Dan Numerasi untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila
sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. Sepren, (October), 111–117. Retrieved from
https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/841
Naujah, D. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan
Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. Retrieved from
http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA:
Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182. Retrieved from
https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003
Resti, Y., Zulkarnain, Z., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui
Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi
Sebrang Ulu II Palembang. Seminar Nasional AVoER 2020, (November 2020), 670–673.
Retrieved from http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/avoer/article/download/246/195/