EFEKTIVITAS MODUL BELAJAR LITERASI DAN NUMERASI TEMA 7 SUBTEMA 1 TERHADAP KOMPETENSI LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD

Penulis

  • Monalisa Sinaga Universitas Negeri Medan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul belajar
literasi numerasi tema 7 subtema 1 terhadap kompetensi literasi numerasi siswa kelas
V Sekolah Dasar yang ditinjau dari hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VB SDN 104208 Cinta Rakyat yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian pre-experimental dengan rancangan one-shot case study atau
pemberian treatment diikuti dengan posttest pada suatu kelompok. Data yang
digunakan adalah data primer. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah instrument tes dengan bentuk esai. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes, kemudian data dianalisis dengan uji normalitas sebagai prasayarat one
tailed sample t-test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan modul belajar
literasi numerasi tema 7 subtema 1 efektif digunakan terhadap pembentukan
kompetensi literasi numerasi siswa. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji t dimana
nilai sig. 0,00 < a. 0,05. Hasil uji t tersebut didukung dengan nilai rerata siswa yaitu
84,17 atau lebih besar dari kriteria ketuntasan minimal.

 

Kata Kunci: Modul; Literasi Numerasi; Sekolah Dasar

Referensi

Amari, S. (n.d.). Kelebihan dan Kekurangan Bahan Ajar Cetak.

Anwar, M. K., Laasiliyah, M. L., Ayun, N., & Romdhoni, V. A. (2021). Kajian Teoritis Integrasi

Literasi Numerasi dalam Modul IPA SMP. Proceeding of Integrative Science Education

Seminar (PISCES), 1, 441–448.

D, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi

Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. Retrieved from

https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381

Feriyanti, N. (2019). Pengembangan e-modul matematika untuk siswa SD. Teknologi Pendidikan

Dan Pembelajaran, 6(1), 1–12.

Gustinasari, M., Lufri, & A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai

Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, 1(1), 2354–8363. Retrieved

from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bioeducation/article/view/7154

Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Imajiner: Jurnal Matematika dan

Pendidikan Matematika Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematikan Dan

Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.).

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan (Vol. 8).

Kemendikbud. (2020). Modul Belajar Siswa.

Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi

dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791.

Retrieved from http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-

Lestari, R., Faelasofi, R., & Suminto, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Numerasi Pada

Pembelajaran Jarak Jauh. JURNAL E-DuMath, 7(2), 42–50. Retrieved from

https://doi.org/10.52657/je.v7i2.1543

Naibaho, T. (2022). Penguatan Literasi Dan Numerasi untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila

sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. Sepren, (October), 111–117. Retrieved from

https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/841

Naujah, D. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan

Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. Retrieved from

http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA:

Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182. Retrieved from

https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003

Resti, Y., Zulkarnain, Z., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui

Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi

Sebrang Ulu II Palembang. Seminar Nasional AVoER 2020, (November 2020), 670–673.

Retrieved from http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/avoer/article/download/246/195/

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09