PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE)

Penulis

  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wardah Suweleh Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran
IPA siswa kelas VIA di SDN Tawangsari I. Subjek penelitian dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas VIA SDN Tawangsari I. Jumlah siswa 28 yang terdiri
dari 15 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan
Penelitian Tidakan Kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis datanya menggunakan
rumus prosentase dan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tindakan
kelas yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran
IPA melalui model Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini
ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas dari 67,5 dengan ketuntasan
belajar klasikal pada siklus I 89,6

 

Kata Kunci: Siklus Belajar, IPA

Referensi

Abdullah, A. N., & Boleng, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan

Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10174–10180.

Adnyana, G. P. (2012). Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa pada Model

Siklus Belajar Hipotetis Deduktif. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(3).

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Busrial, B. (2022). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa

inggris melalui penerapan model siklus belajar (learning cycle). Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan

Pengembangan Pembelajaran (Jiepp), 2(1), 1–8.

Faradita, M. N. (2019). Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Materi Pengelompokan Hewan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(1),

–25.

Faradita, M. N., & Rofiqoh, A. R. A. (2022). MEDIA KOTAK CAHAYA UNTUK

MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR IPA PADA

PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Fatisa, Y., & Nuraini, N. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada

Materi Laju Reaksi Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Natural

Sciences Learning, 1(1), 75–81.

Kuendo, W. A. C., & Rampe, M. J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran POE dan Learning Cycle

E terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan.

SCIENING: Science Learning Journal, 4(1), 101–106.

Oktari, M., & Sartika, R. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E Terhadap Hasil

Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(8).

Perta, P. A., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Peningkatan aktivitas dan kemampuan menalar siswa

melalui model pembelajaran siklus belajar 5E. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran

Biologi, 1(1), 72–81.

Purniati, T., Yulianti, K., & Sispiyati, R. (2019). Penerapan Model Siklus Belajar (Learning cycle)

untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada kapita selekta Matematika. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1).

Rahmawati, S. (2023). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK

MATERI MEMBIASAKAN AKHLAK TERPUJI MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR

BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII MTS

IBNU MALIK KECAMATAN BURNEH KABUPATEN BANGKALAN. JURNAL

PENDIDIKAN LAMPU, 9(1), 36–43.

Setiyono, J. (2023). Upaya Penerapan Pembelajaran Melalui Model Siklus Belajar Dalam

Meningkatkan Keterampilan Proses Belajar Pada Tema 6 Dengan Pembahasan Panas Dan

Perpindahannya Bagi Siswa Kelas V Sdn 1 Mendolo Lor. JH (Jurnal Humaniora), 10(3), 144–

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran.

Edunomika, 02(01), 36–46.

Suweleh, W., & Faradita, M. N. (2019). Media Model Tiruan Sapi Perah dapat Meningkatkan

Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Prosiding ICECRS UMSIDA 2019.

Wahyuningsih, A., Faradita, M. N., & Setiawan, F. (2022). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran

IPA Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas DI SD Muhammadiyah 9 Surabaya. INVENTA:

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 52–64.

Yuliati. (2015). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL

THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI

SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DI KELAS XI-IS-2 SMA NEGERI 7 BANDA

ACEH. Peluang, 3(2), 65–78.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09