PENERAPAN PEMBALAJARAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA KELOMPOK B TK BUSTANUL HASANAH WINDUREJO KUTOREJO MOJOKERTO

Penulis

  • Maslukhah Maslukhah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan menulis permulaan anak yang diajar sebelum menggunakan
pembalajaran model example non-example dan setelah menggunakan pembalajaran
model example non-example pada kelompok B TK Bustanul Hasanah Windurejo
Kutorejo Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi pembalajaran model example
non-example terhadap kemampuan menulis permulaan pada kelompok B TK
Bustanul Hasanah Windurejo Kutorejo Mojokerto. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain
eksperimen kuasi time series one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian
pada kelompok B TK Bustanul Hasanah Windurejo Kutorejo Mojokerto sebanyak
18 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Pengumpulan
data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis
data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu
pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil
analisis disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan menulis permulaan anak
yang diajar sebelum menggunakan pembalajaran model example non-example
dan setelah menggunakan pembalajaran model example non-example pada
kelompok B TK Bustanul Hasanah Windurejo Kutorejo Mojokerto; 2) Terdapat
Interaksi pembalajaran model example non-example terhadap kemampuan
menulis permulaan pada kelompok B TK Bustanul Hasanah Windurejo Kutorejo
Mojokerto

 

Kata kunci: example non-example, kemampuan menulis permulaan

Referensi

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.

Darmadi, H. (2019). PENGANTAR PENDIDIKAN ERA GLOBALISASI: Konsep Dasar,Teori,

Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.

Estivhannisa, N., Triarto, Y. R., & Mahmud, I. (2014). Ayo Jadi Penulis. Rasibook.

Gerde, H. K., Bingham, G. E., & Pendergast, M. L. (2015). Reliability and validity of the Writing

Resources and Interactions in Teaching Environments (WRITE) for preschool classrooms.

Early Childhood Research Quarterly, 31, 34–46.

Hanan, K. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematika Mahasiswa. Kalam Hanan.

Hanifah, N., & Aeni, A. N. (2016). Sosiologi Pendidikan. UPI Sumedang Press.

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018) Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana.

Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.

Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan

Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.

Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun

Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir

Suprarasional.†UPI Sumedang Press.

Kaderavek, J. N., Cabell, S. Q., & Justice, L. M. (2009). Early writing and spelling development.

Emergent Literacy and Language Development: Promoting Learning in Early Childhood,

–152.

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish.

Maftuhin, A., Hidayatulloh, M. A., Adisti, A. R., Sriyanti, L., Rafif, A. A., Pratama, F. I. P.,

Sukmawaty, W. E. P., Sumantri, B. A., Lamato, R., & Khasri, M. R. K. (2020).

PROMOTING DISABILITY RIGHTS IN INDONESIA: Proceedings of the 2nd Indonesian

Conference on Disability Studies and Inclusive Education. PLD Press.

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model

dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas inspiratif. CV

Kekata Group.

Marmoah, S. (2014). Manajemen Pemberdayaan Perempuan Rimba. Deepublish.

Maryanto, Daniel, A. (2008). Jurnal Dwija Utama. Sang Surya Media.

Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating

Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.

Musri’ah, S. P., Hartono, M., Profesional, J. G., & Munir, M. (2018). Peningkatan Motivasi

Belajar Organ Tubuh Manusia dan Hewan Melalui Metode Example Non-

examples: Peningkatan Motivasi Belajar dengan Example. Jurnal Guru Profesional.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.

Pantera Publishing.

Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah,

dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.

Muhammadiyah University Press.

Pudiastuti, R. D. (2014). Cara dan Tip Produktif Menulis Buku. Elex Media Komputindo.

Reigeluth, C. M., Beatty, B. J., & Myers, R. D. (2016). Instructional-design theories and models,

Volume IV: The learner- centered paradigm of education. Routledge.

Riniwati, H., Hakim, A., Press, U. B., & Media, U. B. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia:

Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di

Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Sagala, S. (2016). Human Capital: Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul

Melalui Pendidikan Berkualitas Edisi Pertama. Kencana.

Simarmata, J., Hamid, M. A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M.,

Napitupulu, D., Iqbal, M., Salim, N. A., & Limbong, T. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi

0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis.

Suardi, M. (2015). Ideologi Politik Pendidikan Kontemporer. Deepublish.

Suciati, E. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Melaluipermainan

Kartu Berantai (Chain Card Game) Bagi Siswa Kelas IX-A Semester 1 SMP Batik

Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Sang Surya Media.

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei

Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Sudirjo, E., Alif, M. N., & Saptani, E. (2018) Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik: Konsep

Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak Manusia. UPI Sumedang Press.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.

Sutiah. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Nizamiah Learnig

Center.

Suyanti, P., & Hanifah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non-examples

pada Materi Tokoh-Tokoh Sejarah untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN

Gunungsari. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2021– 2030.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Haura Publishing.

Umar, dkk. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Transformatif. Deepublish.

Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.

BintangWahyu.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09