IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN PADA PESERTA DIDIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Malin Azzarima Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Hervin Rizky Pratama Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Mita Wahyu Settiya Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

peneliti memberikan identifikasi masalah yang akan dijadikan bahan
tujuan penetilian yaitu mendeskripsikan implementasi nilai karakter kejujuran
pada peserta didik di lingkukan sekolah dasar. Indikator keberhasilan karakter
jujur yang digunakan sebagai acuan pada penelitian ini yaitu 1) tidak mencontek
dalam mengerjakan ulangan, 2) mengungkapkan perasaan apa adanya dan 3)
mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif karena menyajikan data dalam bentuk kata-kata.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif. Hal
ini peneliti ingin mengetahui implementasi nilai karakter kejujuran Peserta
didikan di sekolah dasar. Tempat pelaksanaan dalam penelitian ini adalah SD
Hasyim Asy’ari Surabaya, waktu penelitian 4 bulan yaitu dari bulan Agustus
sampai Desember 2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini antara lain metode observasi dan wawancara
secara mendalam untuk mendapatkan pemahaman tentang suatu fenomena atau
masalah yang menarik perhatian di lingkungan sekolah yang diperoleh dari
informasi penelitian. Pengumpulan data dengan triangulasi, maka sebenarnya
peneliti mengumpulkan data yang sekaligus menguji kredibilitas data, yaitu
mengecek kredibilitas data dengan berbagai teknik pengumpulan data dan
berbagai sumber data (Sugiyono 2014:330). Pada penelitian ini, peneliti
menggunakan triangulasi sumber. Sumber penelitian ini terdiri dari sumber data
primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu observasi dan wawancara,
sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumentasi. Peserta didik mampu
berperilaku jujur dengan cara mengurangi nyontek teman, bohong dan selalu
berusaha mengakui kesalahan ketika bersalah.

 

Kata Kunci: implementasi, pendidikan karakter, indikator jujur,

Referensi

Anitasari, O. P. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Perilaku Menyontek Siswa Sekolah. jurnal

penelitian ilmu pendidikan, Vol 14, No 1 .

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah

Mata Kuliah Umum , 21.1: 33-54.

Gainau, M. B. (2019). KETERBUKAAN DIRI (SELF DISCLOSURE) SISWA DALAM

PERSPEKTIF BUDAYA DAN IMPLIKASINYA BAGI KONSELING. Jurnal ilmiah

Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, XXXIII (01). pp. 95-112. ISSN 0854-1981

.

Hafijhin, M. (2018). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT IMAM AL-

GHAZALI DALAM KITAB AYYUHA AL-WALAD. al-falah jurnal ilmiah keislaman dan

ke masyarakatan, Vol 18, No 1.

Hariandi, A. P. (2020). IMPLEMENTASI NILAI KEJUJURAN AKADEMIK PESERTA DIDIK

DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 7 (1),

–66.

Mushthofa, Z. R. (2021). Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Siswa dalam Pelaksanaan Ujian

di Sekolah. Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan,

Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 446-452.

Permatasari, D. (2016). Tingkat Kerendahan Hati Siswa SMP. Jurnal Konseling Indonesia, 1(2),

-â.

Pratiwi, N. D. (2021). PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK

KARAKTER JUJUR PADA ANAK. tunas nusantara jurnal ilmiah pendidikan dasar, Vol

, No 1.

Rosalin Helga Amazona, D. S. (2016). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI

SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HIDAYATULLAH YOGYAKARTA. Journal of

Culinary Education and Technology , Vol 5, No 1 .

Saeful, A. (2021). IMPLEMENTASI NILAI KEJUJURAN DALAM PENDIDIKAN. Tarbawi:

Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 4.2: 124-142.

Sari, N. K. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI sekolah dasar. Jurnal

Dikdas Bantara, 2.1.

Tutuk, N. (2015). IMPLEMENTASIPENDIDIKAN KARAKTER.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09