PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK TEMA KEBERSAMAAN DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lilik Binti Mirnawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Berlina Titania Anggraenie Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
Big Book mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Pacar keling V/186
Surabaya yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga dapat
menjadi pedoman oleh guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran
untuk keterampilan menyimak siswa kelas II SD. Media pembelajaran dibuat
dengan mengkombinasikan teks dan gambar, selain itu juga untuk mengetahui
kelayakan berupa uji kevalidan produk media Big Book pada media
pembelajaran ini. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan (Research
and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri
Pacar Keling V/186 Surabaya. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan teknik dokumentasi dan validasi ahli. Penelitian
pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang dikembangkan
oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: tahap (1) pendefinisian, (2)
perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran, namun pada penelitian ini
hanya sampai pada tahap pengembangan tanpa dilakukan tahap penyebaran.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi proses
pengembangan media pembelajaran serta validasi ahli media pembelajaran dan
dan bahasa. Untuk memperoleh hasil validasi terhadap media pembelajaran Big
Book dilakukan oleh validator baik itu validator bahasa dan validator media.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan media
pembelajaran Big Book dalam terselesaikan dengan baik. Selanjutnya kelayakan
media pembelajan yang dilihat dari kevalidan media memperoleh hasil penilaian
dari dua validator ahli bahasa sebesar 87,5% dengan kategori valid dan 77,5%
dengan kategori valid, sehingga skor rata-rata dari kedua validator ahli bahasa
adalah 82,5% dengan ka kategori valid. Kemudian penilaian dari dua validator
ahli media sebesar 74% dengan kategori valid dan 88% dengan kategori valid, ,
sehingga skor rata-rata dari kedua validator media adalah 80% dengan kategori
valid. Berdasarkan hasil penelitian, maka media pembelajaran Big Book yang
dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia
unuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Big Book; Keterampilan Menyimak

 

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44.

Astuti, N. H., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book pada Tema

Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105–111.

Faradita, M. N., & Rofiqoh, A. R. A. (2022). Media Kotak Cahaya untuk Meningkatkan

Pemahaman Dan Hasil Belajar IPA Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. PROCEEDING

UMSURABAYA, 1(1).

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam

bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

Mirnawati, L. B., & Fabriya, R. A. V. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan

Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD),

(1), 22–38.

Nuryadi, N., & Khuzaini, N. (2017). Keefektifan media matematika virtual berbasis teams game

tournament ditinjau dari cognitive load theory. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian

Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 57–68.

Sinaga, M. R. (2020). Pengembangan Media Big Book Terhadap Kemampuan Memprediksi

Bacaan Cerita Di SD Muhammadiyah 28 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sulaiman, U. (2017). Pengaruh penggunaan media Big Book dalam pembelajaran terhadap

keterampilan literasi siswa kelas awal madrasah ibtidaiyah negeri Banta-Bantaeng Makassar.

Al-Kalam, 9(2).

Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A

sourcebook.

Published

2023-08-09