PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF GAMBAR BINATANG UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA KELOMPOK A RA MIFTAHUL ULUM PLOSOKEREP SUMOBITO JOMBANG

Penulis

  • Lia Kusnul Khotimah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
Perkembangan kognitif anak yang diajar sebelum menggunakan alat permainan
edukatif gambar binatang dan setelah menggunakan alat permainan edukatif gambar
binatang pada Kelompok A RA Miftahul Ulum Plosokerep Sumobito Jombang (2)
mendeskripsikan interaksi alat permainan edukatif gambar binatang terhadap
Perkembangan kognitif pada Kelompok A RA Miftahul Ulum Plosokerep
Sumobito Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group
Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada Kelompok A RA Miftahul Ulum
Plosokerep Sumobito Jombang sebanyak 19 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki
dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes
menggunakan media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis
Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan
pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat
Perbedaan Perkembangan kognitif anak yang diajar sebelum menggunakan alat
permainan edukatif gambar binatang dan setelah menggunakan alat permainan
edukatif gambar binatang pada Kelompok A RA Miftahul Ulum Plosokerep
Sumobito Jombang; 2) Terdapat Interaksi alat permainan edukatif gambar binatang
terhadap Perkembangan kognitif pada Kelompok A RA Miftahul Ulum
Plosokerep Sumobito Jombang

 

Kata kunci: alat permainan edukatif, Perkembangan kognitif

Referensi

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.

Daulay, H. P. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia: Historis dan Eksistensinya. Kencana.

Ekasari, M. F., Riasmini, N. M., & Hartini, T. (2019). Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia

Konsep dan Berbagai Intervensi. WINEKA MEDIA.

Fadlillah, M. P. I. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran

Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada Media.

Fazrin, I., Saputro, H., Chusnatayaini, A., & Ningrum, N. A. (2017). Mengembangkan Intelegensi

Quotient (IQ) pada anak prasekolah dengan stimulasi keluarga dan pendidikan anak

usia dini. Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES).

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana.

Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.

Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun

Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir

Suprarasional.†UPI Sumedang Press.

Kustiawan, U. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Penerbit

Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity

with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.

Pantera Publishing.

Ndari, S. S., & Chandrawaty. (2019). Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. EDU

PUBLISHER.

Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah,

dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.

Muhammadiyah University Press.

Qurtubi, A. (2020). Perbandingan Pendidikan. Jakad Media Publishing.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang

Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Rosramadhana, R., Febriansyah, A., Mairani, E., Prastika, M., Ningrum, D. K., Kasmawati, K.,

Aziza, N., Manalu, P., Hapsari, G. J., & Husna, I. U. (2020). MENULIS ETNOGRAFI: Belajar Menulis Tentang Kehidupan Sosial Budaya Berbagai Etnis. Yayasan Kita

Menulis.

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei

Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini.

Grasindo.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.

Tina Dahlan, M. P. P., Renggana, R., & Kata, R. (2010). Games Sains Kreatif & Menyenangkan.

Ruang Kata.

Ulfah, S. M., & Mirnawati, S. P. M. P. (2018). BUKU SAKU GURU PENDIDIKAN ANAK

USIA DINI. Penerbit Aksara TIMUR.

Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.

BintangWahyu.

Walujo, D. A., & Listyowati, A. (2016). Kompendium PAUD: Memahami PAUD Secara Singkat.

Kencana.

Yasbiati, M. P., & Gandana, G. (2018). Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini (Teori

dan Konsep Dasar). Kestagria Siliwangi Publisher.

Zaman, B. (2006). Pengembangan Alat Permainan Edukatif di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

(PAUD). Makalah Disajikan Dalam Kegiatan Seminar Dan Pelatihan Guru-Guru Taman

Kanak-Kanak (TK) 3 - 13 Desember 2006.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09