PENERAPAN MODEL PROBEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA LINGKUNGAN

Penulis

  • Kunti Dian Ayu Afiani Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa kelas 2 Tema Lingkungan setelah menerapkan model pembelajaran
problem based learning. Pembelajaran pada siswa kelas 2 Tema Lingkungan
dilakukan melalui tiga mata pembelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika
dan SBdP. Penelitian ini berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas 2 SD
Wonokromo I Surabaya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan analisis data metode deskriptif kualitatif & kuantitatif yang
dilaksanakan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi sebanyak dua siklus. Model pembelajaran yang dipilih dalam
penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran ini sangat cocok untuk diterapkan pada
siswa kelas 2 karena mengalami peningkatan hasil belajar pada Siklus I dan
Siklus II yaitu dari seluruh jumlah siswa 30, berdasarkan hasil Siklus I diketahui
bahwa 17 siswa atau 56,67% dinyatakan tuntas sedangkan terdapat 13 siswa atau
43,33% belum tuntas dan pada Siklus II diketahui bahwa 25 siswa atau 83,33%
dinyatakan tuntas sedangkan terdapat 5 siswa atau 16,67% belum tuntas.
Disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan 2 siklus
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 pada pembelajaran Tema
Lingkungan.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning; PTK; Hasil Belajar

Referensi

Afiani, K. D. A. (2020). Implementasi Kultur Literasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas III di Era Revolusi Industri 4.0. Literasi Dalam Pendidikan Di Era

Digital Untuk Generasi Milenial, 255–262.

Afiani, K. D. A., & Putra, D. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas

III SD Melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah. ELSE (Elementary School

Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1, 38–47.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam

Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-

Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools].

Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9–18.

Asriningtyas, A. N., Kristin, Fi., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem

Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10.

Ayu, M. P., & Taufik, T. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran

Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Literatur). E-Journal Inovasi Pembelajaran

SD, 8(3), 421–432.

Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka. Kemendikbud.

https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Lidnilah, D. A. M. (2008). tegi pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal

Pendidikan Dasar, 10, 1–5.

Maharani, B. Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda

Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549–561.

Mawardi. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya terhadap Upaya

Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan

Kebudayaan, 4(3), 107–121.

Slameto. (2008). Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sutikno. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Prospect.

Taniredja, tukiran, & dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru.

Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09