PENERAPAN PEMBELAJARAN BERMAIN SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELOMPOK A TK BUSTANUL HASANAH WINDUREJO KUTOREJO MOJOKERTO

Authors

  • Khayatunufus Khayatunufus Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan membaca permulaan anak yang diajar sebelum menggunakan
pembelajaran bermain Show and Tell dan setelah menggunakan pembelajaran
bermain Show and Tell pada kelompok A TK Bustanul Hasanah Windurejo
Kutorejo Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi pembelajaran bermain Show and
Tell terhadap kemampuan membaca permulaan pada kelompok A TK Bustanul
Hasanah Windurejo Kutorejo Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi
time series one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok
A TK Bustanul Hasanah Windurejo Kutorejo Mojokerto sebanyak 20 anak yang
terdiri dari 10 anak laki- laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data
menggunakan wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis data
menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu
pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil
analisis disimpulkan: 1) Terdapat Perbedaan kemampuan membaca permulaan anak
yang diajar sebelum menggunakan pembelajaran bermain Show and Tell dan
setelah menggunakan pembelajaran bermain Show and Tell pada kelompok A TK
Bustanul Hasanah Windurejo Kutorejo Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi
pembelajaran bermain Show and Tell terhadap kemampuan membaca permulaan
pada kelompok A TK Bustanul Hasanah Windurejo Kutorejo Mojokerto

 

Kata kunci: bermain Show and Tell, kemampuan membaca permulaan

References

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.

Antonius, P. (2019). Psikolinguistik: Memahami Aspek Mental dan Neurologis Berbahasa.

Gramedia Pustaka Utama.

Ariska, K., & Suyadi, S. (2020). Penggunaan Metode Show and Tell melalui Media Magic

Box untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa dalam Pendidikan Anak Usia Dini. SELING:

Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 102–114 Asdiqoh, S. (2019). Implementasi Pendidikan

Karakter pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Boyolali. LP2M Press IAIN

Salatiga.

Basuki. (2019). "Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Dengan Pelabelan Objek Sekitar

(POS) Untuk Murid Taman Kanak-Kanak ". Deepublish.

Darmayanti, N. (2007). Bahasa Indonesia. PT Grafindo Media Pratama.

Dewan Guru Besar IPB, B. (2019). Pangan Bermartabat Bagi Kedaulatan Bangsa. PT Penerbit

IPB Press.

Diknas R I, T. P. (2003). Undang- undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.Hermawan, A., & Yusran, H. L.

(2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana. Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.

Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun

Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir

Suprarasional.†UPI Sumedang Press.

Mastuki Ibn Syakur, S. P. E. S. S. F. A. S. (2019). 118 Metode Mengajar Menarik Ala

Kampung Inggris Pare & Game in Class. GUEPEDIA.

Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating

Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat

penelitian. Pantera Publishing.

Piecka, D. (2008). Show and tell: Learning with interactive videoconferencing in kindergarten.

Electronic Theses and Dissertations, Duquesne University.

Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah,

dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.

Muhammadiyah University Press.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di

Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Sani, R. A., & Samatowa, U. (2019). Metode Pembelajaran Sains untuk Pendidikan Anak Usia

Dini. Tira Smart.

Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini, Alih Bahasa Pius Nasar.

Jakarta: PT. Indeks.

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei

Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya.

Kencana.

Sutomo, B. (2010). Makanan Sehat Pendamping ASI. DeMedia. Tim Pengembang Ilmu

Pendidikan, F.

U. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Grasindo.

Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.

BintangWahyu.

UPI, T. P. I. P. F. I. P. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 2 Ilmu Pendidikan

Praktis. Jakarta: PT Imperial.

Published

2023-08-09