PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA

Penulis

  • Irvan Abid Syaputra Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Anisa Febriani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Evita Wardani Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Dalam penelitian ini didapat dari minat baca siswa yang rendah. Pada
kasus ini peneliti mencoba menggunakan Media pembelajaran media Big Book.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media big book terhadap
minat membaca siswa sekolah dasar kelas 2 SD Muhammadiyah 7 Surabaya,
karena ketika melaksanakan observasi di sekolah tersebut tidak semua siswanya
memiliki minat membaca yang tinggi serta kurangnya media pembelajaran yang
menarik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek
penelitian adalah seluruh siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 7 Surabaya yang
berjumlah 15 siswa terdiri dari 9 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner/angket,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa
penggunaan media big book dikatakan berhasil diterapkan di kelas rendah untuk
menumbuhkan minat membaca. Dari hasil penilitian yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan minat
membaca siswa di sekolah dasar kelas 2 SD Muhammadiyah 7 Surabaya.

 

Kata Kunci: Pendidikan ; Minat Baca ; Media Big Book

Referensi

Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian

Kualitatif dalam Berbagai

Asep Kurniawan, (2018) Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

ALA. 1989. Introduction to information Literacy

(Online),(Http://www.ala.org/acrl/issue/infolit/o verview/intro, diakses 5 februari 2011

Arikunto, Suharsimi. 2010. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipt Arsyad,

Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

CILIP. 2013. Information Literacy – Definition. (online),

(http://www.cilip.org.uk/cilip/advocacy-campaigns-awards/advocacy

campaigns/information-lite racy/information- literacy), diakses 5 Februari 2015

Chaniago, Amran YS. 2002. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Jurnal Pendidikan Guru

SekolahDasar Edisi 6 Tahun ke-6 2017.

KBBI online, 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia online. Kemendikbud. Diakses pada 12

Oktober 2018. (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/upaya)

Laily, Evi Khudriyah dan Gunansyah, Ganes, 2018. Penggunaan Media Big Book Terhadap

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Rangkah 1 Surabaya. Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 06 Nomor 10 Tahun 2018. Diakses pada 3

Desember 2018 (jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-

penelitianpgsd/article/.../22478)

Muhyidin Asep, 2016. Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia di

Kelas Awal. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 15 Nomor 2

Juli 2016. Diakses pada 10 Oktober 2018

(http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/3030)

Moleong, Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Nafiah, Alfiahesty Choirotun, Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui

Metode Scramble Kalimat Siswa Kelas II SDN 1 Sedayu. Jurnal Jogjakarta:Pendidikan

Guru Sekolah Dasar Edisi 24 Tahun ke-5 2016. Diakses pada 12 Oktober 2018.

(journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/download/4196/3846)

Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya. ardiantofani, chilmi. 2014. tambahan wajib jam pelajaran membaca dan

menulis kurikulum 2013, (online),(http://surabayanews.co.id/2014/09/27/4

/tambahan-wajib-jam- pelajaran-membaca dan-menulis-kurikulum-2013.html,

diakses 5 februari 2015)

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09