PENGARUH MOTIVASI DAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP PEMECAHAN SOAL MATEMATIKA

Penulis

  • Ira Maya Shofa Universitas Muria Kudus
  • Yuniza Amalia Noor Universitas Muria Kudus
  • Tauffiqul Lutfiyah Universitas Muria Kudus
  • Putri Aprilia Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan
tingkat kecemasan siswa terhadap pemecahan soal matematika.Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan
tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan desain penelitian yang
digunakan yaitu penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah cluster random sampling yang menghasilkan kelas V SD N 2
Bendan Pete menjadi subjek penelitian dengan sampel berjumlah 17 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi
belajar,angket tingkat kecemasan dan tes soal pemecahan matematika.Metode
pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket.Berdasarkan analisis regresi
linear sederhana diperoleh Y= 74,145+ (-0,025X1)+ 0,028 X2 disederhanakan
menjadi Y= 74,145-0,025X1+0,028X2.yang artinya nilai α = 74,145. Nilai β1 =
-0,025 . Artinya dengan asumsi tingkat kecemasan siswa (tidak berubah), maka
setiap peningkatan tingkat kecemasan sebesar 1 satuan maka akan mengurangi
kemampuan pemecahan soal matematika pada siswa sebesar (-0,025) Hasil ini
tidak signifikan pada alpha 5% Nilai β2 = 0.028 Artinya dengan asumsi motivasi
bernilai tetap (tidak berubah), maka setiap peningkatan motivasi sebesar 1 Satuan
akan meningkatkan kemampuan matematis siswa sebesar 0,028 . Hasil ini tidak
signifikan pada Alpha 5%.

 

Kata Kunci: Motivasi; Tingkat Kecemasan Pemecahan Soal Matematika.

Referensi

ARIANTI, ARIANTI. 2019. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.â€

DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12(2):117–34. doi: 10.30863/didaktika.v12i2.181.

Fitriza, Rozi. 2020. “PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA ( MATHEMATICS ANXIETY

) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII

MTs.†4(1):103–13.

Mukholil. 2018. “KECEMASAN DALAM PROSES BELAJAR Mukholil *).†Kecemasan Dalam

Proses Belajar 8:1–8.

Rahmah, Azizah Tri, and Haida Fitri. 2020. “KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII MTSN 3 AGAM TAHUN PELAJARAN 2018 /

†4(1):56–62.

Rini, Ghufron. 2012. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Riski, Fajar, Indiana Marethi, and Isna Rafianti. 2019. “PENGARUH KECEMASAN

MATEMATIKA TERHADAP.†02(02):11–23.

Solikah, Mutiatus, and Universitas Negeri Surabaya. 2006. “Pengaruh Kecemasan Siswa Pada

Matematika Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.â€

Abdul, Dindin, and Muiz Lidinillah. 2006. “National Council of Teacher of Mathematics.†1–11.

Wicaksono, Arief Budi, and M. Saufi. 2013. “Mengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran

Matematika.†Prosiding (November):90–94

Supardi US, Leonard &. 2010. “Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa Pada Matematika, Dan

Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika.†Jurnal Cakrawala Pendidikan

(3):341–52. doi: 10.21831/cp.v3i3.362

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09