PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 2 KALIPUTU

Penulis

  • Intan Kumala Sari Universitas Muria Kudus
  • Hanindita Ayu Larasati Universitas Muria Kudus
  • Andin Prameswari Universitas Muria Kudus
  • Ashfa Al Abid Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

Abstrak

Proses belajar mengajar berlangsung dalam suatu proses yang diawali
dengan perancangan berbagai komponen dan perangkat pembelajaran agar dapat
diimplementasikan dalam interaksi pedagogis dan diakhiri dengan penilaian yang
mengukur dan mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran yang
diharapkan. Belajar dan belajar adalah kegiatan. ditujukan untuk mencapai tujuan
yang ditandai dengan keterlibatan beberapa komponen yang saling
berhubungan. Hasil belajar adalah hasil yang diberikan kepada siswa berupa
evaluasi setelah mengikuti pembelajaran melalui evaluasi pengetahuan, sikap dan
keterampilan siswa dengan perubahan perilaku. Hasil belajar adalah kompetensi
atau keterampilan yang dapat dicapai siswa setelah menelaah tugas-tugas
pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru sekolah dan kelas
tertentu. Model pembelajaran kooperatif merupakan kegiatan belajar
menggunakan cara berkelompok yang didalamnya mencakup kerja sama dan
saling membantu antar anggota kelompok hingga akhirnya mengembangkan
konsep baru dan menyelesaikan suatu permasalahan. Hal ini bertujuan untuk
mencapai kesamarataan pada masing-masing siswa dan diharapkan siswa yang
memiliki kemampuan kognitif tinggi mampu membantu siswa yang memiliki
kognitif kurang. Hasil refleksi dari siklus I adalah rekomendasi untuk siklus II
secara berurutan pembelajran lebih baik dan tepat tujuan penelitian. Berdasarkan
tabel hasil uji normalitas dari kedua data pretest dan postest maka dapat
disimpulkan nilai Sig. sebesar 0,278 dan 0,345, nilai tersebut lebih besar dari 0,05
maka berkesimpulan data berdistribusi normal. Dalam uji korelasi didapatkan nilai
Sig. sebesar 0,910 yaitu lebih besar dari 0,05. Dalam melakukan uji paired sample
t test didapatkan nilai Sig. sebesar 0,001, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka
dapat disimpulkan jika ada perbedaan nilai yang signifikan antara hasil nilai dari
sebelum dilakukannya model pembelajaran TAI dan sesudah diberlakukannya
model pembelajaran TAI.

 

Kata Kunci: TAI; IPAS; Hasil Belajar

Referensi

Akbar, R., Weriana, Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Experimental Reseacrch Dalam

Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 465–474.

Aminah Mursalin, S., & Muhsam, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tai (Team Assisted

Individualization) Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik

Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 103–110.

https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.413

Halih, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Terhadap

Hasil Belajar Siswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan

Matematika, 6(2:), 45–52. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v6i2:.368

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah

Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Harsanti, A. G. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran STAD dengan Model TAI (Team

Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 12–18.

Hasibuan, N. A. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team-

Assisted Individualization) Terhadap kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMP

Negeri 3 Padangsidimpuan. Mathematic Education Journal)MathEdu, 2(1), 33–41.

http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Kiswoyo. (2019). Laporan pengabdian masyarakat. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan

Agung Semarang, 0730098902, 1–35.

Lagur, D. S., & Makur, A. P. (2018). P ENGARUH M ODEL P EMBELAJARAN K OOPERATIF

T IPE N UMBERED Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika dengan materi Sistem

Persamaan Linear Dua Variabel ( SPLDV ). Para siswa rata-rata Mosharafa : Jurnal

Pendidikan Matematika. 7(September), 357–368.

Nur Megawati, Y. D., & Sari, A. R. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted

Individualization (Tai) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Akuntansi

Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan

Akuntansi Indonesia, 10(1), 162–180. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.927

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Ngalimun. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Setiawan, H. R. (2020). … Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted

Individualization (Tai) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam …. Jurnal Ilmiah Al-

Hadi, IV(02), 942–955. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/746

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (R. KR (ed.)).

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning. Terjemahan oleh Nurlita Yusron. Bandung: Penerbit

Nusa Media.

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan

Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Suryani N, A. L. (2016). Model dan Metode.

Susanti, W., & Jatmiko, D. B. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team

Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Pada Materi

Elastisitas Implementation of Cooperative Type Tai (Team Assisted Individualization)

Teaching Learning Mode. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 06(01), 26–33.

http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa

Taufiq, A. U., Kartina, & Djafar, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Awareness Training

Terhadap Motivasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 12. http://journal.uin-

alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/5184/5894

Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi

Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 268–275. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1546

Trimantara, I. K. B. (2020). Implementasi Model Pembelajaran TAI untuk Meningkatkan Hasil

Belajar PJOK Pada Siswa kelas V Sekolah Dasar. Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 16–23.

Zamiril, Marli, S., & Kresnadi, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI

terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 24 Pontianak Tenggara. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 1–8.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09