PENERAPAN PERMAINAN MENEMPEL BENTUK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA KELOMPOK A TKN PEMBINA I PUNGGING MOJOKERTO
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan motorik halus anak yang diajar sebelum menggunakan permainan
menempel bentuk geometri dan setelah menggunakan permainan menempel
bentuk geometri pada kelompok A TKN Pembina I Pungging Mojokerto (2)
mendeskripsikan interaksi permainan menempel bentuk geometri terhadap
kemampuan motorik halus pada kelompok A TKN Pembina I Pungging Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan
eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-Test-Post-Test
dengan obyek penelitian pada kelompok A TKN Pembina I Pungging Mojokerto
sebanyak 18 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan.
Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media
WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two
Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua
kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan
motorik halus anak yang diajar sebelum menggunakan permainan menempel
bentuk geometri dan setelah menggunakan permainan menempel bentuk geometri
pada kelompok A TKN Pembina I Pungging Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi
permainan menempel bentuk geometri terhadap kemampuan motorik halus pada
kelompok A TKN Pembina I Pungging Mojokerto
Â
Kata kunci: permainan, geometri, kemampuan motorik halus
Referensi
Afandi, A. (2019). Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Uwais Inspirasi Indonesia.
Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.
Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Pena
Persada.
Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Hamzanwadi Press.
Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif.
Kencana.
Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.
Ingsih, K., Ratnawati, J., Nuryanto, I., & Astuti, S. D. (2018). Pendidikan karakter: Alat peraga
edukatif media interaktif. Deepublish.
Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun
Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir
Suprarasional.†UPI Sumedang Press.
Kasprisin, R. (2016). Play in Creative Problem-solving for Planners and Architects. Taylor &
Francis.
Latuconsina, H. (2014). Pendidikan Kreatif: Menuju Generasi Kreatif & Kemajuan Ekonomi.
PT Gramedia Pustaka Utama.
M. Fadlillah, M. P. I. (2019). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Prenada Media.
Mandagi, M. O., & Putri, N. L. (2018). Asesmen Pembelajaran AUD dan TK Penerbit Makaria
Waya.
Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity
with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.
Pantera Publishing.
Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan
Sekolah, dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra
Luna.
Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.
Muhammadiyah University Press.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di
Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.
Siska, Y. (2015). Manusia dan Sejarah: Sebuah Tinjauan Filosofis. Garudhawaca.
Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online
dengan Google Forms. Penerbit Andi.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada
Media.
Susianty Selaras Ndari, A. V. K. M., Dewi, R. S., & Kafkaylea, A. (2019). Metode
Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.
Syafril, & Zelhendri, Z. (2019). Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Prenada Media.
Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.
BintangWahyu.
Wekke, I. S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Deepublish.
Yoniartini, D. M. (2020). Konsep Tri Hita Karana Bagi Anak Usia Dini. Literasi Nusantara.
Zaenab, S. (2015). Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing: (Pengantar Manajemen
Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi). Deepublish.