PENERAPAN PERMAINAN MENEMPEL BENTUK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA KELOMPOK A TKN PEMBINA I PUNGGING MOJOKERTO

Penulis

  • Hartatik Hartatik Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan motorik halus anak yang diajar sebelum menggunakan permainan
menempel bentuk geometri dan setelah menggunakan permainan menempel
bentuk geometri pada kelompok A TKN Pembina I Pungging Mojokerto (2)
mendeskripsikan interaksi permainan menempel bentuk geometri terhadap
kemampuan motorik halus pada kelompok A TKN Pembina I Pungging Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan
eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-Test-Post-Test
dengan obyek penelitian pada kelompok A TKN Pembina I Pungging Mojokerto
sebanyak 18 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan.
Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media
WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two
Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua
kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan
motorik halus anak yang diajar sebelum menggunakan permainan menempel
bentuk geometri dan setelah menggunakan permainan menempel bentuk geometri
pada kelompok A TKN Pembina I Pungging Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi
permainan menempel bentuk geometri terhadap kemampuan motorik halus pada
kelompok A TKN Pembina I Pungging Mojokerto

 

Kata kunci: permainan, geometri, kemampuan motorik halus

Referensi

Afandi, A. (2019). Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.

Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Pena

Persada.

Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Hamzanwadi Press.

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif.

Kencana.

Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.

Ingsih, K., Ratnawati, J., Nuryanto, I., & Astuti, S. D. (2018). Pendidikan karakter: Alat peraga

edukatif media interaktif. Deepublish.

Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun

Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir

Suprarasional.†UPI Sumedang Press.

Kasprisin, R. (2016). Play in Creative Problem-solving for Planners and Architects. Taylor &

Francis.

Latuconsina, H. (2014). Pendidikan Kreatif: Menuju Generasi Kreatif & Kemajuan Ekonomi.

PT Gramedia Pustaka Utama.

M. Fadlillah, M. P. I. (2019). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Prenada Media.

Mandagi, M. O., & Putri, N. L. (2018). Asesmen Pembelajaran AUD dan TK Penerbit Makaria

Waya.

Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity

with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.

Pantera Publishing.

Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan

Sekolah, dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra

Luna.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.

Muhammadiyah University Press.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di

Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Siska, Y. (2015). Manusia dan Sejarah: Sebuah Tinjauan Filosofis. Garudhawaca.

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online

dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada

Media.

Susianty Selaras Ndari, A. V. K. M., Dewi, R. S., & Kafkaylea, A. (2019). Metode

Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.

Syafril, & Zelhendri, Z. (2019). Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Prenada Media.

Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.

BintangWahyu.

Wekke, I. S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Deepublish.

Yoniartini, D. M. (2020). Konsep Tri Hita Karana Bagi Anak Usia Dini. Literasi Nusantara.

Zaenab, S. (2015). Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing: (Pengantar Manajemen

Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi). Deepublish.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09