INOVASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA 4.0

Penulis

  • Fisi Dwi Yunika Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Era revolusi industri 4.0 merupakan era yang hampir semua kegiatan
digerakkan oleh teknologi, termasuk bidang pendidikan. Diharapkan dukungan
TIK akan menjadi sebuah inovasi dalam bidang pendidikan yang memasukkan
banyak unsur teknologi informasi. Dampak era revolusi indutri 4.0 bagi dunia
pendidikan telah dimediasi oleh semakin banyaknya media berbasis teknologi
dalam kelas, yang memungkinkan para pendidik untuk menyampaikan materi
tanpa harus bertatap muka secara langsung. Artikel ini membahas tentang media
pembelajaran teknologi pendidikan dengan memanfaatkan aplikasi e-learning.
Media pembelajaran berbasis teknologi ini memudahkan proses pembelajaran dari
segi efektivitas dan efisiensi. Melalui kajian kepustakaan (library research)
melakukan penelusuran literatur yang relevan dan dituangkan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa memahami karakteristik media dan
kebutuhan pembelajaran memungkinkan optimalisasi pemanfaatan media
pembelajaran. Media tersebut antara lain Media Audio, Media Visual, dan Media
Audio Visual. Selain dapat menarik minat belajar peserta didik, media
pembelajaran berbasis teknologi di harapkan dapat digunakan dalam proses
pembelajaran karena memiliki potensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta
didik. Metode yang digunakan dalam prosesnya meliputi mengumpulkan
informasi, perencaaan, pelaksanaan, presentasi, dan refleksi.

 

Kata Kunci: Media pembelajaran; revolusi industri; teknologi

Referensi

Abdul Kadir dan Terra Ch. Triwahyuni (2013). Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi.

Yogyakarta: Andi.

Arsyad A. (2014). Manfaat Media Pembelajaran. Media Pembelajaran.Retrieved from jakarta:

Rajawali Press

Azhar Arsyad (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo

Bimo. (2020). Sejarah Media Pembelajaran. https://pakarkomunikasi.com/sejarah-media-

pembelajaran diakses 20 Maret 2020. Arifmumursid

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic

Education Journal, 3(1), 35–42.

Jamilah, Jampel, I. N., & Parmiti, D. P. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis

Discovery Mata Pelajaran IPA Siswa SD No 1 Baktiseraga Kelas IV. E-Journal Edutech

Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 8 No.(1), 189–198.

Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi

untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA

Indonesia, 2(1), 8–11. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2503

Kusumaningrum, R., Budiyono, B., & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi model pembelajaran

kooperatif tipe two stay two stray (TSTS), numbered heads together (NHT), dan think pair

share (TPS) pada materi lingkaran ditinjau dari kreativitas belajar matematika siswa SMP

Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(7).

https://www.neliti.com/id/publications/122847/eksperimentasi-modelpembelajaran-

kooperatif-tipe-two-stay-two-stray-tsts-number

Mukarramah, M., Hartini, S., & Salam, A. (2017). Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan

Listrik Dinamis dengan Menggunakan Model Discovery Learning di SMAN 5 Banjarmasin.

Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Univeb xjorsitas Lambung Mangkurat, 13(2),

-125.

Perwitasari, S., & Wahjoedi, W. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual.

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 278–285.

Rohmah K.K dan Marimin (2015). Pengaruh persepsi Siswa mengenai keterampilan mengajar,

kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi siswa Program Studi

Administrasi Perkantoran di SMK 1 Purwodadi. Jurnal Ekonomi Dinamika Pendidikan. 10

(2), 28-41.

Sukardi (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi

Aksara

Tuti Andriani (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal

Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-ilmu Sosial dan Budaya. 12 (1), 136- 137.

Taufiqy, I. R., Sulthoni, S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berlandaskan

Model Guided-Project Based Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan

Pengembangan, 1(4), 705–711

Wahyuni, E. (2018). Pengembangan Bahan ajar Tematik Pendamping Guru Dengan Model Webbed

Untuk Sekolah Dasar Kelas 2. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 8.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09