INOVASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA 4.0
Abstrak
Era revolusi industri 4.0 merupakan era yang hampir semua kegiatan
digerakkan oleh teknologi, termasuk bidang pendidikan. Diharapkan dukungan
TIK akan menjadi sebuah inovasi dalam bidang pendidikan yang memasukkan
banyak unsur teknologi informasi. Dampak era revolusi indutri 4.0 bagi dunia
pendidikan telah dimediasi oleh semakin banyaknya media berbasis teknologi
dalam kelas, yang memungkinkan para pendidik untuk menyampaikan materi
tanpa harus bertatap muka secara langsung. Artikel ini membahas tentang media
pembelajaran teknologi pendidikan dengan memanfaatkan aplikasi e-learning.
Media pembelajaran berbasis teknologi ini memudahkan proses pembelajaran dari
segi efektivitas dan efisiensi. Melalui kajian kepustakaan (library research)
melakukan penelusuran literatur yang relevan dan dituangkan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa memahami karakteristik media dan
kebutuhan pembelajaran memungkinkan optimalisasi pemanfaatan media
pembelajaran. Media tersebut antara lain Media Audio, Media Visual, dan Media
Audio Visual. Selain dapat menarik minat belajar peserta didik, media
pembelajaran berbasis teknologi di harapkan dapat digunakan dalam proses
pembelajaran karena memiliki potensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta
didik. Metode yang digunakan dalam prosesnya meliputi mengumpulkan
informasi, perencaaan, pelaksanaan, presentasi, dan refleksi.
Â
Kata Kunci: Media pembelajaran; revolusi industri; teknologi
Referensi
Abdul Kadir dan Terra Ch. Triwahyuni (2013). Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi.
Yogyakarta: Andi.
Arsyad A. (2014). Manfaat Media Pembelajaran. Media Pembelajaran.Retrieved from jakarta:
Rajawali Press
Azhar Arsyad (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo
Bimo. (2020). Sejarah Media Pembelajaran. https://pakarkomunikasi.com/sejarah-media-
pembelajaran diakses 20 Maret 2020. Arifmumursid
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic
Education Journal, 3(1), 35–42.
Jamilah, Jampel, I. N., & Parmiti, D. P. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis
Discovery Mata Pelajaran IPA Siswa SD No 1 Baktiseraga Kelas IV. E-Journal Edutech
Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 8 No.(1), 189–198.
Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi
untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA
Indonesia, 2(1), 8–11. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2503
Kusumaningrum, R., Budiyono, B., & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi model pembelajaran
kooperatif tipe two stay two stray (TSTS), numbered heads together (NHT), dan think pair
share (TPS) pada materi lingkaran ditinjau dari kreativitas belajar matematika siswa SMP
Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(7).
https://www.neliti.com/id/publications/122847/eksperimentasi-modelpembelajaran-
kooperatif-tipe-two-stay-two-stray-tsts-number
Mukarramah, M., Hartini, S., & Salam, A. (2017). Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan
Listrik Dinamis dengan Menggunakan Model Discovery Learning di SMAN 5 Banjarmasin.
Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Univeb xjorsitas Lambung Mangkurat, 13(2),
-125.
Perwitasari, S., & Wahjoedi, W. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 278–285.
Rohmah K.K dan Marimin (2015). Pengaruh persepsi Siswa mengenai keterampilan mengajar,
kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi siswa Program Studi
Administrasi Perkantoran di SMK 1 Purwodadi. Jurnal Ekonomi Dinamika Pendidikan. 10
(2), 28-41.
Sukardi (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi
Aksara
Tuti Andriani (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal
Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-ilmu Sosial dan Budaya. 12 (1), 136- 137.
Taufiqy, I. R., Sulthoni, S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berlandaskan
Model Guided-Project Based Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan
Pengembangan, 1(4), 705–711
Wahyuni, E. (2018). Pengembangan Bahan ajar Tematik Pendamping Guru Dengan Model Webbed
Untuk Sekolah Dasar Kelas 2. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 8.