ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA

Penulis

  • Fauziatu A’yun Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Farda Iyyan Sari Saleh Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Abdul Najib Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca siswa
Kelas III dalam menyelesaikan masalah. Jenis penelitian ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Muhamadiyah 7 Surabaya.
Subjek dalam penelitian ini adalah kelas III berjumlah siswa sebanyak 18 siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tirangulasi data.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi, wawacara dan dokumentasi.
Dengan meliputi penelitian ini terdapat penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh peneliti bahwa subjek N dengan 3
indikator dalam kemampuan membaca, subjek dalam kemampuan membaca
fenomena masalah terdapat pada memahami dan menyelasaikan membaca dengan
lancar dan benar. Kesulitan yang dihadapi pada subjek kategori sedang yaitu tidak
mampu membaca terhadap siswa kelas III SD. Sedangkan subjek A kategori tinggi
mampu membaca huruf suku kata kalimat dengan lancar dan baik.

 

Kata Kunci: Analisis PBL kemampuan membaca terhadap siswa kelas 3 SD

Referensi

Dalman. (2017). Keterampian membaca. Jakarta: PT RagaGrafindo Persada.

Meleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2019:321) Miles dan Huberman

https://repsitory.stei.ac.id/6259/4/BAB%20METODE%20PENELITIAN.

Sugiyono. (2017:105)

https://repository.stei.ac.id/125/3/bab%20iii.

Daryanto. (2013). Belajar dan Mengajar. Yrama Widya.

Margono, S. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ambrita, R. S., Wulan, N.S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca

Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu PendidikaN, 3(5), 2336-2344.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836

Khusna., M., & Dian, D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis

Blanded Learning untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Siswa kelas

III SD Muhammadiyah 7 Surabaya

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09