ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca siswa
Kelas III dalam menyelesaikan masalah. Jenis penelitian ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Muhamadiyah 7 Surabaya.
Subjek dalam penelitian ini adalah kelas III berjumlah siswa sebanyak 18 siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tirangulasi data.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi, wawacara dan dokumentasi.
Dengan meliputi penelitian ini terdapat penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh peneliti bahwa subjek N dengan 3
indikator dalam kemampuan membaca, subjek dalam kemampuan membaca
fenomena masalah terdapat pada memahami dan menyelasaikan membaca dengan
lancar dan benar. Kesulitan yang dihadapi pada subjek kategori sedang yaitu tidak
mampu membaca terhadap siswa kelas III SD. Sedangkan subjek A kategori tinggi
mampu membaca huruf suku kata kalimat dengan lancar dan baik.
Â
Kata Kunci: Analisis PBL kemampuan membaca terhadap siswa kelas 3 SD
Referensi
Dalman. (2017). Keterampian membaca. Jakarta: PT RagaGrafindo Persada.
Meleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2019:321) Miles dan Huberman
https://repsitory.stei.ac.id/6259/4/BAB%20METODE%20PENELITIAN.
Sugiyono. (2017:105)
https://repository.stei.ac.id/125/3/bab%20iii.
Daryanto. (2013). Belajar dan Mengajar. Yrama Widya.
Margono, S. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ambrita, R. S., Wulan, N.S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca
Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu PendidikaN, 3(5), 2336-2344.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836
Khusna., M., & Dian, D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis
Blanded Learning untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Siswa kelas
III SD Muhammadiyah 7 Surabaya