IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM KURIKULUM MERDEKA DI HOMESCHOOLING

Penulis

  • Faiz Salam Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis
masalah dalam implementasi proyek penguatan profil Pelajar Pancasila (P5)
dalam kurikulum merdeka di Homeschooling. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi literatur sebagai
sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 dalam
kurikulum merdeka Homeschooling dapat memperkuat karakter siswa sesuai
dengan Standar Kompetensi Lulusan. Pembelajaran P5 dalam Homeschooling
dapat dilakukan dengan menggunakan metode proyek yang berbasis pada
pengamatan dan solusi terhadap permasalahan di sekitar. Faktor pendukung
dalam implementasi P5 dalam kurikulum merdeka Homeschooling meliputi
dukungan orang tua, penggunaan teknologi informasi, dan peran serta
masyarakat. Tantangan utama dalam implementasi P5 dalam kurikulum merdeka
Homeschooling adalah kurangnya kesiapan guru dalam mengintegrasikan P5 ke
dalam pembelajaran Homeschooling. Dalam rangka mengatasi tantangan
tersebut, solusi tindak lanjut yang dapat dilakukan adalah mengadakan pelatihan
atau workshop bagi guru Homeschooling dalam mengintegrasikan P5 ke dalam
pembelajaran. Implementasi P5 dalam kurikulum merdeka Homeschooling
memiliki potensi untuk memperkuat jati diri bangsa Indonesia yang berlandaskan
Pancasila sebagai ideologi negara. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan
kontribusi positif bagi pengembangan kurikulum Homeschooling di Indonesia.

 

Kata Kunci: Pancasila, Kurikulum, Homeschooling.

Referensi

Agustana, P. 2020. “Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Strategi Dalam Pembangunan

Sosial.†Locus 12(1):60–69.

Ananda, S & Matnuh, H. 2023. “Analisis Kegiatan P5 Di SMA Negeri 4 Banjarmasin Sebagai

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Program PPG Prajabatan.â€

PROSPEK 2(2):171–80.

Ashifa, R., & Dewi, D. 2021. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Strategi Pembangunan

Karakter Bangsa Di Era Globalisasi.†Academy of Education Journal 12(2):215–26.

Cahyono, T. 2022. “Implementasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Penguatan Profil

Pelajar Pancasila.†Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal 5(2):125–

Creswell, J. W. 2019. A Concise Introduction to Mixed Methods Research. SAGE publications.

Diana, L. 2022. “Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMK

Muhammadiyah 1 Kota Tegal.†Universitas Islam Negeri Prof. KH Saifuddin Zuhri.

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. 2021. “Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa

Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh.†Research and Development Journal of Education

(1):193–204.

Hasan, M., Thamrin, M, Rahmatullah, R., Pratama, M. A, & Darwis, N. 2021. “Implementasi

Pembelajaran Pada Berbagai Jenjang Pendidikan Di Daerah 3T Pada Masa Pandemi Covid-

†Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 7(3):47–56.

Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum

Merdeka Di Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 6(6):9947–57.

Jayana, T. 2021. “Konsep Belajar Dalam Perspektif Anwar Muhammad Al-Syarqawi Dan Albert

Bandura Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Di Sekolah.†Konsep Belajar Dalam

Perspektif Anwar Muhammad Al-Syarqawi Dan Albert Bandura Serta Implikasinya Dalam

Pembelajaran Di Sekolah 7(1):31–44.

Lubaba, M, & Alfiansyah, I. 2022. “Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam

Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.†EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan,

Sains Dan Teknologi 9(3):687–706.

Lubis, M, Johannes, J., Rasyid, A., & Azizan, N. 2021. “Efektivitas Platform Rumah Belajar

Sebagai Sumber Belajar Digital Di Era Kenormalan Baru.†Indonesian Journal Of Islamic

Elementary Education 1(2):59–70.

Mahrani, N., Ritonga, A., Hasibuan, M. & Harahap, S. 2020. “Analisis Sisi Negatif Moralitas

Siswa Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh.†THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam

(1):56–63.

Moleong, L. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nindiati, D. 2020. “Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Yang Memandirikan Siswa Dan

Implikasinya Pada Pelayanan Pendidikan.†JOEAI (Journal of Education and Instruction)

(1):14–20.

Nurohmah, A., Kartini, D, & Rustini, T. 2023. “Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan

Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS Di SD.†Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

(3):24–35.

Qomariyah, R, Hasanah, P., & Putri, T. 2022. “Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila Pada

Siswa Melalui Program P5 Tari Kreasi.†Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 1(2):185–

Sakinah, R. & Dewi, D. 2021. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para

Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4. 0.†Jurnal Kewarganegaraan

(1):152–67.

Santoso, D. & Santosa, A. 2020. “COVID-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif.†LPPM

Mercubuana, 120.

Saumantri, T. 2022. “Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Era New Normal.†Jurnal

Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh 23(1):1–11.

Suparlan, S. 2019. “Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.†Islamika 1(2):79–88.

Tadjuddin, N. 2018. “Early Children Moral Education in View Psychology, Pedagogic and

Religion.†Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 13:15–38.

Yuliastuti, S. 2022. “Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema

Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang.†Lembaran Ilmu

Kependidikan 51(2).

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09