IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM KURIKULUM MERDEKA DI HOMESCHOOLING
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis
masalah dalam implementasi proyek penguatan profil Pelajar Pancasila (P5)
dalam kurikulum merdeka di Homeschooling. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi literatur sebagai
sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 dalam
kurikulum merdeka Homeschooling dapat memperkuat karakter siswa sesuai
dengan Standar Kompetensi Lulusan. Pembelajaran P5 dalam Homeschooling
dapat dilakukan dengan menggunakan metode proyek yang berbasis pada
pengamatan dan solusi terhadap permasalahan di sekitar. Faktor pendukung
dalam implementasi P5 dalam kurikulum merdeka Homeschooling meliputi
dukungan orang tua, penggunaan teknologi informasi, dan peran serta
masyarakat. Tantangan utama dalam implementasi P5 dalam kurikulum merdeka
Homeschooling adalah kurangnya kesiapan guru dalam mengintegrasikan P5 ke
dalam pembelajaran Homeschooling. Dalam rangka mengatasi tantangan
tersebut, solusi tindak lanjut yang dapat dilakukan adalah mengadakan pelatihan
atau workshop bagi guru Homeschooling dalam mengintegrasikan P5 ke dalam
pembelajaran. Implementasi P5 dalam kurikulum merdeka Homeschooling
memiliki potensi untuk memperkuat jati diri bangsa Indonesia yang berlandaskan
Pancasila sebagai ideologi negara. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan
kontribusi positif bagi pengembangan kurikulum Homeschooling di Indonesia.
Â
Kata Kunci: Pancasila, Kurikulum, Homeschooling.
Referensi
Agustana, P. 2020. “Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Strategi Dalam Pembangunan
Sosial.†Locus 12(1):60–69.
Ananda, S & Matnuh, H. 2023. “Analisis Kegiatan P5 Di SMA Negeri 4 Banjarmasin Sebagai
Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Program PPG Prajabatan.â€
PROSPEK 2(2):171–80.
Ashifa, R., & Dewi, D. 2021. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Strategi Pembangunan
Karakter Bangsa Di Era Globalisasi.†Academy of Education Journal 12(2):215–26.
Cahyono, T. 2022. “Implementasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Penguatan Profil
Pelajar Pancasila.†Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal 5(2):125–
Creswell, J. W. 2019. A Concise Introduction to Mixed Methods Research. SAGE publications.
Diana, L. 2022. “Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMK
Muhammadiyah 1 Kota Tegal.†Universitas Islam Negeri Prof. KH Saifuddin Zuhri.
Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. 2021. “Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa
Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh.†Research and Development Journal of Education
(1):193–204.
Hasan, M., Thamrin, M, Rahmatullah, R., Pratama, M. A, & Darwis, N. 2021. “Implementasi
Pembelajaran Pada Berbagai Jenjang Pendidikan Di Daerah 3T Pada Masa Pandemi Covid-
†Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 7(3):47–56.
Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum
Merdeka Di Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 6(6):9947–57.
Jayana, T. 2021. “Konsep Belajar Dalam Perspektif Anwar Muhammad Al-Syarqawi Dan Albert
Bandura Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Di Sekolah.†Konsep Belajar Dalam
Perspektif Anwar Muhammad Al-Syarqawi Dan Albert Bandura Serta Implikasinya Dalam
Pembelajaran Di Sekolah 7(1):31–44.
Lubaba, M, & Alfiansyah, I. 2022. “Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam
Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.†EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan,
Sains Dan Teknologi 9(3):687–706.
Lubis, M, Johannes, J., Rasyid, A., & Azizan, N. 2021. “Efektivitas Platform Rumah Belajar
Sebagai Sumber Belajar Digital Di Era Kenormalan Baru.†Indonesian Journal Of Islamic
Elementary Education 1(2):59–70.
Mahrani, N., Ritonga, A., Hasibuan, M. & Harahap, S. 2020. “Analisis Sisi Negatif Moralitas
Siswa Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh.†THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam
(1):56–63.
Moleong, L. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nindiati, D. 2020. “Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Yang Memandirikan Siswa Dan
Implikasinya Pada Pelayanan Pendidikan.†JOEAI (Journal of Education and Instruction)
(1):14–20.
Nurohmah, A., Kartini, D, & Rustini, T. 2023. “Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan
Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS Di SD.†Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
(3):24–35.
Qomariyah, R, Hasanah, P., & Putri, T. 2022. “Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila Pada
Siswa Melalui Program P5 Tari Kreasi.†Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 1(2):185–
Sakinah, R. & Dewi, D. 2021. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para
Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4. 0.†Jurnal Kewarganegaraan
(1):152–67.
Santoso, D. & Santosa, A. 2020. “COVID-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif.†LPPM
Mercubuana, 120.
Saumantri, T. 2022. “Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Era New Normal.†Jurnal
Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh 23(1):1–11.
Suparlan, S. 2019. “Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.†Islamika 1(2):79–88.
Tadjuddin, N. 2018. “Early Children Moral Education in View Psychology, Pedagogic and
Religion.†Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 13:15–38.
Yuliastuti, S. 2022. “Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema
Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang.†Lembaran Ilmu
Kependidikan 51(2).