HUBUNGAN MINAT BAKAT OLAHRAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 01 GEMIRING KIDUL PADA MATA PELAJARAN PJOK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat bakat
olahraga terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Gemiring Kidul pada mata
pelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 01 Gemiring Kidul dengan
sampel berupa siswa kelas V dengan jumlah 23 siswa. Pengumpulan data
diperoleh dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan teknik uji statistik korelasi Pearson Correlation untuk menguji
hipotesis minat bakat olahraga (variabel x) terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PJOK (variabel y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai sig. (2-
tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan antara minat bakat olahraga dengan hasil belajar siswa kelas V
SDN 01 Gemiring Kidul pada mata pelajaran PJOK. Nilai Pearson Correlation
sebesar 0,969 dirujuk ke pedoman berletak di 0,8-1 yang berkriteria korelasi
sempurna dan terdapat hubungan positif. Jadi, minat bakat olahraga siswa kelas V
SDN 01 Gemiring Kidul memiliki hubungan dengan hasil belajar mata pelajaran
PJOK dengan kategori berkorelasi sempurna dan berhubungan positif.
Â
Kata Kunci: Olahraga; mata pelajaran PJOK; Sekolah Dasar.
Referensi
Amirzan, Jafaruddin, & Zikri, A. (2023). Pengaruh Minat Olahraga terhadap Hasil Belajar PJOK
pada Siswa Kelas XI MAN 6 Pidie. 3(4), 238–248.
Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik
terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28. Retrieved
from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index%0ATerampil:
Aprianti, N., & Sugito, S. (2022). Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini Selama Masa
Pandemi Covid-19: Sebuah Literature Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 6(4), 2785–2794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1663
Badwi, A. (2018). Pengaruh Bakat dalam Pencapaian Prestasi Belajar. 122. Retrieved from
https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=2tmaDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&ots=
WaSYgM6Lhp&sig=VapOyavHCA39acnX6hd8wz7b4go&redir_esc=y#v=onepage&q&f=fa
lse
Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan
Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29.
https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M
A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.
https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23
Imansyah, F. (2018). MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENJAS ORKES
TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN PENJAS ORKES SISWA SMA NEGERI Se-
Kecamatan Pengandonan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Iyakrus. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan
Kesehatan, 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110
Khamidi, A. (2011). Kemampuan awal, minat olahraga, dan prestasi belajar olahraga. Jurnal Ilmu
Pendidilkan, 17(4), 265–269.
Maulani, I., & Adnan, A. (2019). Minat Siswa Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.
Phys. Rev. E, 1077–1086. Retrieved from
http://www.ainfo.inia.uy/digital/bitstream/item/7130/1/LUZARDO-BUIATRIA-2017.pdf
Murdiyoko, M. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan
Materi Lompat Tinggi Gaya Gunting Melalui Model Belajar Demonstrasi Pada Siswa Kelas IX
A SMPN 2 Tegalrejo. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 290–297.
https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.42
Purbatin, Y., & Suroto. (2013). SURVEI TINGKAT KEMAJUAN PENDIDIKAN JASMANI,
OLAHRAGA, DAN KESEHATAN ( studi pada SD, SMP, dan SMA Negeri se-Kecamatan
Prambon Nganjuk). 897–902.
Purnomo, N. T. (2016). Minat Belajar Siswa, Gaya Belajar Siswa Dan Persepsi Siswa Terhadap
Metode Mengajar Guru Dengan Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan
Olahraga. Jurnal Ilmiah Penjas, 2(1), 46–66.
Setyowati, D. (2022). Hubungan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK terhadap tingkat
kebugaran jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 10, 7–11. Retrieved from
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani
Simbolon, A. B., & Dicky Hendrawan. (2022). Pengaruh Minat Olahraga Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Dunia Pendidikan, 2(2), 28–
https://doi.org/10.55081/jurdip.v2i2.628
Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan
Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.
Sukardi, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan
Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bulu Tangkis melalui Penerapan Model Pembelajaran
Langsung. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 20–26.
https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.134
Wicaksana, E. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan
Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan
Teknologi Pembelajaran, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937
Yoda, I. K. (2020). PERAN OLAHRAGA DALAM MEMBANGUN SDM UNGGUL DI ERA
REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Oleh. 18(1), 1–22.