HUBUNGAN MINAT BAKAT OLAHRAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 01 GEMIRING KIDUL PADA MATA PELAJARAN PJOK

Penulis

  • Fadhilah Wirda Lathifa Universitas Muria Kudus
  • Fatin Yuliana Universitas Muria Kudus
  • Riki Wahyu Saputro Universitas Muria Kudus
  • Wanda Dwi Nastiti Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat bakat
olahraga terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Gemiring Kidul pada mata
pelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 01 Gemiring Kidul dengan
sampel berupa siswa kelas V dengan jumlah 23 siswa. Pengumpulan data
diperoleh dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan teknik uji statistik korelasi Pearson Correlation untuk menguji
hipotesis minat bakat olahraga (variabel x) terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PJOK (variabel y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai sig. (2-
tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan antara minat bakat olahraga dengan hasil belajar siswa kelas V
SDN 01 Gemiring Kidul pada mata pelajaran PJOK. Nilai Pearson Correlation
sebesar 0,969 dirujuk ke pedoman berletak di 0,8-1 yang berkriteria korelasi
sempurna dan terdapat hubungan positif. Jadi, minat bakat olahraga siswa kelas V
SDN 01 Gemiring Kidul memiliki hubungan dengan hasil belajar mata pelajaran
PJOK dengan kategori berkorelasi sempurna dan berhubungan positif.

 

Kata Kunci: Olahraga; mata pelajaran PJOK; Sekolah Dasar.

Referensi

Amirzan, Jafaruddin, & Zikri, A. (2023). Pengaruh Minat Olahraga terhadap Hasil Belajar PJOK

pada Siswa Kelas XI MAN 6 Pidie. 3(4), 238–248.

Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik

terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28. Retrieved

from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index%0ATerampil:

Aprianti, N., & Sugito, S. (2022). Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini Selama Masa

Pandemi Covid-19: Sebuah Literature Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 6(4), 2785–2794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1663

Badwi, A. (2018). Pengaruh Bakat dalam Pencapaian Prestasi Belajar. 122. Retrieved from

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=2tmaDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&ots=

WaSYgM6Lhp&sig=VapOyavHCA39acnX6hd8wz7b4go&redir_esc=y#v=onepage&q&f=fa

lse

Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan

Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29.

https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M

A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.

https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Imansyah, F. (2018). MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENJAS ORKES

TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN PENJAS ORKES SISWA SMA NEGERI Se-

Kecamatan Pengandonan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Iyakrus. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan

Kesehatan, 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110

Khamidi, A. (2011). Kemampuan awal, minat olahraga, dan prestasi belajar olahraga. Jurnal Ilmu

Pendidilkan, 17(4), 265–269.

Maulani, I., & Adnan, A. (2019). Minat Siswa Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Phys. Rev. E, 1077–1086. Retrieved from

http://www.ainfo.inia.uy/digital/bitstream/item/7130/1/LUZARDO-BUIATRIA-2017.pdf

Murdiyoko, M. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan

Materi Lompat Tinggi Gaya Gunting Melalui Model Belajar Demonstrasi Pada Siswa Kelas IX

A SMPN 2 Tegalrejo. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 290–297.

https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.42

Purbatin, Y., & Suroto. (2013). SURVEI TINGKAT KEMAJUAN PENDIDIKAN JASMANI,

OLAHRAGA, DAN KESEHATAN ( studi pada SD, SMP, dan SMA Negeri se-Kecamatan

Prambon Nganjuk). 897–902.

Purnomo, N. T. (2016). Minat Belajar Siswa, Gaya Belajar Siswa Dan Persepsi Siswa Terhadap

Metode Mengajar Guru Dengan Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan

Olahraga. Jurnal Ilmiah Penjas, 2(1), 46–66.

Setyowati, D. (2022). Hubungan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK terhadap tingkat

kebugaran jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 10, 7–11. Retrieved from

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani

Simbolon, A. B., & Dicky Hendrawan. (2022). Pengaruh Minat Olahraga Terhadap Hasil Belajar

Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Dunia Pendidikan, 2(2), 28–

https://doi.org/10.55081/jurdip.v2i2.628

Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan

Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.

Sukardi, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan

Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bulu Tangkis melalui Penerapan Model Pembelajaran

Langsung. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 20–26.

https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.134

Wicaksana, E. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan

Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan

Teknologi Pembelajaran, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937

Yoda, I. K. (2020). PERAN OLAHRAGA DALAM MEMBANGUN SDM UNGGUL DI ERA

REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Oleh. 18(1), 1–22.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09